Keripik Belimbing Aneka Keripik Malang

Keripik Belimbing

Keripik belimbing makanan ringan terbuat dari buah belimbing yang dikeringkan jenis camilan ini termasuk baru dan masih jarang diproduksi, rasanya cukup lezat manis dengan bercampur sedikit rasa asam membuat lidah selalu ketagihan untuk terus memakannya. Keripik Belimbing.

keripik belimbingBelimbing memang tanaman asli dari Indonesia dan India yang dalam penyebaran tanaman ini hanya disekitar Asia Tenggara, Amerika Selatan dan beberapa Negara di Afrika saja. Bentuk buah yang sangat khas lain dari umumnya buah-buahan yaitu bentuk bintang ini memiliki rasa manis dengan rasa asam yang cukup dominan sehingga banyak juga yang menyukai dan yang tidak menyukainya. Jenis lain dari belimbing buah adalah belimbing wuluh, jenis buah ini memiliki rasa asam yang sangat kuat sehingga tidak bisa langsung dimakan begitu saja, belimbing wuluh lebih populer digunakan ibu-ibu rumah tangga sebagai campuran bumbu ketika memasak. Keripik Belimbing.

Buah belimbing memiliki kandungan air yang tinggi sehingga cukup segar ketika dimakan namun karena kandungan asamnya yang tinggi juga maka ketika memakan buah langsung lebih enak ditambakan campuran rasa manis atau asin guna mengatasi rasa asam buahnya di mulut. Sebenarnya rasa asam yang kuat pada buah belimbing mengindikasikan apabila dalam buah belimbing terdapat kandungan Vitamin C yang tinggi, selain itu ada juga sejumlah kecil vitamin A, E, serta B kompleks seperti folat, niacin, piridoksin, riboflavin, dan tiamin di dalamnya. Keripik Belimbing.

Jadi walaupun rasanya masam di mulut namun ternyata satu biji buah belimbing bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan Vitamin C dalam satu hari disamping Vitamin, Mineral lain dan serat pangan yang berguna bagi pencernaan. Keripik Belimbing.

Makanan Ringan Keripik Belimbing

Beberapa cara mengkonsumsi buah belimbing memang tidak begitu banyak variasinya salah satu yang paling populer adalah dibuat campuran rujak dan cara lain adalah diubah dahulu menjadi bentuk manisan. Pola pengolahan buah belimbing yang masih termasuk baru yaitu dikeringkan menjadi makanan ringan atau camilan keripik belimbing.

Pengolahan buah-buahan menjadi makanan ringan bisa dikatakan masih belum terlalu lama dikenal adapun jenis-jenis buah yang biasa atau umum diolah contoh nangka, apel, salak, mangga, pisang dan rambutan, untuk jenis-jenis buah lain seperti belimbing masih jarang terpikir untuk diolah walaupun sebenarnya bisa dimanfaatkan menjadi keripik belimbing. Sebab pada prinsipnya semua jenis buah bisa diolah menjadi bentuk keripik dengan mengesampingkan seberapa banyak kadar air didalamnya tapi dengan satu syarat harus memakai alat khusus mesin penggoreng buah untuk menghasilkan makanan ringan dari buah asli. Keripik Belimbing.

Cara Pembuatan Keripik Belimbing


Cara pembuatan keripik belimbing cukup mudah, persiapkan buah belimbing yang telah matang benar agar rasanya tidak terlalu masam, bersihkan dan potong potong dengan ukuran ketebalan antara lima sampai sepuluh milimeter.

Siapkan larutan gula dengan air kemudian rendam irisan belimbing dalam larutan gula tersebut agar rasa keripik belimbing tidak terlalu dominan pada rasa masam saja. Masukkan irisan keripik belimbing yang telah direndam gula kedalam lemari pendingin (frezer) sekitar satu hari atau dua puluh empat jam sebelum masuk kedalam penggorengan. Proses pendinginan dilakukan dengan tujuan agar buah ketika digoreng tidak menjadi lembek. Keripik Belimbing.

Siapkan minyak goreng dalam Vacuum Frying sesuai kapasitasnya, masukkan buah belimbing irisan kedalamnya kemudian goreng dalam temperatur rendah sekitar delapan puluh lima derajat celcius agar hasil camilan keripik belimbing baik dan tidak terlalu gosong.

Setelah keripik belimbing matang keluarkan dari dalam Vacuum Frying kemudian masukkan dalam mesin peniris minyak goreng (Spinner) dengan tujuan untuk menghilangkan sisa kandungan minyak sawit yang menempel pada keripik belimbing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *