Kripik Nangka Malang Murah

Kripik Nangka Malang Murah

Kripik nangka camilan diolah dari buah nangka segar yang dikeringkan melalui proses penggorengan pada mesin pengering buah buahan Vacuum Frying. Hampir semua jenis buah bisa diolah menjadi makanan ringan melalui mekanisme mesin pengering buah atau sebutan umumnya Vacuum Frying, tak heran apabila saat ini banyak ditemukan camilan dari buah buahan asli yang dikeringkan. Kripik nangka adalah salah satu dari banyak jenis camilan buah buahan yang cukup populer diantara bermacam keripik buah buah contohnya keripik apel, keripik salak, keripik rambutan, keripik mangga, keripik nanas, keripik melon, keripik semangka, keripik pisang, keripik pepaya, keripik kelengkeng dan masih banyak jenis lainnya.

kripik nangka malang murahBuah nangka segar diolah langsung menjadi kripik nangka setelah melalui proses pengupasan buah nangka matang tanpa adanya penambahan bahan bahan lain selain minyak goreng sebagai media pengeringnya, oleh karena itu cita rasa yang dihasilkan kripik nangka ketika matang dari penggorengan sama persis dengan rasa ketika kita memakan buah nangka segar langsung, hanya perbedaannya adalah kripik nangka sudah dalam bentuk yang kering sehingga renyah ketika dimakan juga kelebihannya yaitu bisa disimpan dalam waktu lama, sedangkan buah nangka segar lebih banyak kadar airnya cocok dimakan bersama makanan segar lain seperti es buah dan kekurangannya tidak bisa disimpan lama ketika sudah matang dari tanamannya.

Pemilihan Bahan Baku Kripik Nangka

Bahan baku kripik nangka dipilih dari buah nangka yang benar benar sudah matang agar hasil dari keripik memiliki aroma cita rasa manis buah nangka yang kuat, juga ketika dimakan tidak terlalu keras teksturnya sehingga bisa dikonsumsi siapa saja. Penggunaan bahan baku buah nangka untuk pengolahan kripik nangka yang tidak tepat akan menghasilkan produk kripik nangka yang buruk juga, contoh apabila buah nangka yang dipilih terlalu muda maka hasil kripik nangka akan kurang manis dan aromanya tidak terlalu berasa, dilain hal apabila bahan baku buah nangka dipilih dari buah yang terlalu matang sekali maka hasil kripik nangka akan cenderung gosong, mengkerut dan keras ketika dimakan.

Pemilihan buah nangka yang benar untuk diolah menjadi makanan ringan kripik nangka, menjadi hal yang paling utama sebelum memasuki proses produksi selanjutnya yaitu pengupasan buah nangka. Buah nangka dikenal memiliki kulit ari tebal, serat buah tak terhitung mengelilingi setiap daging buah dan jumlah biji yang banyak berada ditengah daging buah sangat merepotkan sekali ketika dilakukan proses pemisahan antara daging buah dengan kulit luar, serat dan biji nangka tersebut. Pada proses ini dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam memilah antara bahan baku yang terpakai dan yang tidak terpakai agar hasil kripik nangka benar benar bersih dari serat dan biji.

Membuat Kripik Nangka


Daging buah nangka segar yang telah terpisah dari kulit dan biji tersebut harus benar benar bersih sebelum memasuki tahapan proses pendinginan dalam Freezer yang bertujuan untuk merenyahkan hasil kripik nangka, selain itu tujuan lain pendinginan adalah untuk mempertahankan ukuran daging buah ketika digoreng agar tidak menyusut, penyusutan ini yang bisa menyebabkan tekstur kripik nangka jadi keras ketika dimakan. Adapun proses pendinginan dilakukan dalam waktu kira kira satu hari penuh atau dua puluh empat jam. Dalam keadaan beku daging buah nangka dimasukkan dalam Vacuum Frying, walaupun pada daging buah melekat kristal kristal es abaikan saja jangan menunggu mencair karena kristal es tersebut akan menguap ketika melalui proses pemanasan dalam mesin pengering buah tersebut.

Menggoreng kripik nangka berbeda dengan halnya menggoreng keripik secara tradisional yang memanfaatkan suhu tinggi untuk menguapkan kadar air, dalam menggoreng buah menggunakan Vacuum Frying suhu yang dipakai haruslah stabil pada angka delapan puluh lima derajat celcius agar hasil kripik nangka tidak gosong dan keras, bantuan mekanisme penghisapan kadar air keluar dari tabung penggorengan yang mempercepat proses penghabisan kadar air dalam buah ketika digoreng.

Langkah proses penirisan minyak goreng yang melekat pada kripik nangka harus dilakukan melalui mesin peniris atau yang dinamakan mesin Spinner agar hasil kripik nangka benar benar kering dan yang paling penting adalah produk kripik nangka bisa rendah lemak ketika dikonsumsi.

Pengemasan yang baik dan benar pada kripik nangka akan memberikan daya tahan lama pada produk, adapun syarat yang harus dipenuhi adalah packaging harus memiliki pori pori dalam ukuran mikron yang sangat padat, juga ketika proses pengelasan packaging harus benar benar rapat tanpa ada kebocoran udara. Dalam hal kemasan penggunaan kemasan Aluminium Foil adalah pilihan yang terbaik daripada menggunakan plastik yang tebal sekalipun karena kepadatan materi pada Aluminium Foil sangat bagus untuk mempertahankan kripik nangka hingga pada masa Ekspired maksimum yaitu sekitar satu tahun. Keripik buah buahan seperti kripik nangka atau apapun yang telah diolah melalui Vacuum Frying memiliki daya tahan yang paling lama daripada digoreng secara tradisional walaupun tanpa menggunakan bahan pengawet sekalipun ini adalah salah satu keunggulan dari produk kripik nangka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *