Pantai Goa Cina Pantai Terindah di Jawa Timur

Pantai Goa Cina Pantai Terindah di Jawa Timur

Wilayah Malang Jawa Timur memiliki luas wilayah terbesar kedua di Jawa Timur setelah Banyuwangi, lokasi pariwisata alam yang ditawarkan sangat menarik minat wisatawan. Dari posisi letak geografis cukup potensial yaitu dataran tinggi yang diapit oleh beberapa gunung, pegunungan dan laut. Pantai Goa Cina.

pantai goa cinaPosisi letak geografis Kota Malang dan Kabupaten Malang disebelah Barat Laut dibatasi oleh Gunung Arjuna, pada bagian sebelah Barat Daya dibatasi Gunung Kawi, pada bagian Timur Laut dibatasi Gunung Bromo, pada bagian Tenggara dibatasi Gunung Semeru dan batas Selatan berakhir di pesisir pantai Selatan Jawa Timur. Dilihat dari posisi geografis tersebut bisa dipastikan bahwa wisata alam Malang cukup banyak ditemukan apabila Anda berminat untuk menelusuri satu persatu. Pantai Goa Cina.

pantai goa cinaSepanjang pesisir wilayah Selatan Malang dihiasi pemandangan cantik yang masih benar benar natural keindahan alam pantai. Sejuknya udara daerah pedesaan jauh dari polusi aktifitas perkotaan, lembut pasir pantai dengan aroma air laut, jajaran batu karang indah yang kokoh dan dahsyatnya hempasan ombak pantai selatan menjadi daya tarik dan nilai lebih apabila dibanding pantai yang ada di daerah Bali hanya disayangkan pengembangan lokasi wisata yang kurang baik sehingga tidak banyak orang mengetahui kecantikan alam di Malang Selatan ini. Pantai Goa Cina.

pantai goa cinaDi beberapa lokasi pantai Malang sudah dikembangkan sebagai lokasi pariwisata, namun lokasi yang belum pernah terjamah oleh wisatawan masih cukup banyak, beberapa faktor utama adalah Infrastruktur jalan yang masih belum tersedia kalaupun ada kondisinya masih sangat buruk dan susah dilewati kendaraan. Pantai Goa Cina.

Mitos Pantai Goa Cina

pantai goa cinaPerjalanan kali ini akan kita kunjungi sebuah pantai yang cukup eksotis pemandangan pasir dan karangnya yaitu Pantai Goa Cina. Pantai ini semula dijuluki dengan sebutan pantai Rowo Indah sebelum akhirnya dijuluki dengan nama Pantai Goa Cina yang konon cerita setempat mengatakan dahulu ada warga Tionghoa bertapa hingga meninggal di dalam gua tepi pantai dengan meninggalkan jasad tulangnya sendiri, tulisan mandarin dilangit langit gua dan sebuah benda mangkuk, kepercayaan beberapa warga sekitar bahwa tempat tersebut bisa digunakan untuk mencari peruntungan. Lebih dari mitos yang diceritakan tempat ini memang banyak dikunjungi wisatawan bukan karena mitos peruntungan tersebut namun karena keindahannya alam yang masih perawan.

pantai goa cinaMundur tiga tahun kebelakang pantai goa cina bisa dikatakan sepi pengunjung karena tidak adanya petunjuk lokasi wisata yang mengarah kesana dan minimnya informasi promosi akan obyek pariwisata ini, bahkan warga Malang pun masih ada saja yang tidak tahu keberadaan Pantai Goa Cina. Sekarang akses jalan menuju lokasi wisata pantai Selatan mulai dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Malang secara serius sehingga apabila Anda ingin mengunjungi lokasi wisata Pantai Goa Cina akan lebih mudah daripada beberapa tahun yang lalu.

pantai goa china

Jalan utama yang sering dilewati untuk menuju lokasi Pantai Goa Cina adalah jalur utama menuju Pantai Sendang Biru, adapun Pantai Sendang Biru ini sudah lama dikenal sebagai obyek wisata dan tempat pelelangan ikan yang ramai dikunjungi pengepul atau penjual ikan hasil laut disekitar Malang Raya, dari lokasi Pantai Sendang Biru menuju ke arah barat sekitar kurang lebih 6 kilometer akan ketemu dengan lokasi Pantai Goa Cina. Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Desa Sitiarjo, Dusun Trowotratih adalah titik lokasi yang akan kita tuju.

Rute Jalan Menuju Pantai Goa Cina


pantai goa cinaRute pertama yang akan kita lewati dari arah Malang Kota menuju ke daerah Gadang dimana Gadang adalah pintu keluar dan masuk Kota menuju Kabupaten Malang bagian selatan, dari daerah Gadang perjalanan kita teruskan ke Selatan menuju Kecamatan Turen jarak sekitar 27 km, petunjuk arah dari Malang kota menuju Kecamatan Turen bisa didapati dengan mudah disepanjang jalan.

Sunset di Pantai Goa Cina

Sunset di Pantai Goa Cina

Dari Pusat Kecamatan Turen perjalanan kita lanjutkan menuju arah Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, sebaiknya baca petunjuk arah yang menuju ke Sumbermanjing Wetan atau Sendang Biru di setiap perempatan atau pertigaan yang tersedia disepanjang jalan raya, atau untuk lebih meyakinkan informasi arah dari penduduk sekitar juga sangat membantu.

Pantai Goa Cina

Langit Pagi Pantai Goa Cina

Jarak dari Turen menuju Sitiarjo Sumbermanjing Wetan sekitar 35 km, dalam perjalanan Turen Sitiarjo kecepatan kendaraan terpaksa harus diturunkan karena jalan yang mulai berkelok kelok, tanjakan dan turunan akan banyak ditemui namun pemandangan asri pegunungan dan pedesaan bisa menjadi penawar rasa penat di badan.

Dari lokasi Pasar Sitiarjo perjalanan kita teruskan sekitar 17 km lagi menuju Pantai Goa Cina, adapun posisi Pantai Goa Cina menurut rute jalan utama Sitiarjo adalah setelah Pantai Sendang Biru, selalu perhatikan petunjuk arah yang disediakan. Total lama waktu tempuh dari Kota Malang menuju lokasi Pantai Goa Cina membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan.

Apabila sudah menemui petunjuk arah dan gapura menuju Pantai Goa Cina ikuti jalan tersebut. Dari gapura depan jalan utama mulai memasuki kawasan pantai, kali ini sekitar 500 meter akan ditemui jalan yang cukup susah bukan jalan aspal namun jalan berbatu yang akan memperlambat kendaraan kita hingga berakhir pada loket masuk Pantai Goa Cina. Cukup murah tiket masuk hanya kisaran sepuluh ribu rupian per orang.

pantai gua cina

Senja di Pantai Goa Cina

Dari lokasi parkir sudah bisa kita lihat hamparan pasir pantai berwarna putih dan deburan ombak yang menggemuruh, gugusan pulau karang kecil di tengah lautan mempercantik pemandangan dari sisi pantai, terlihat batu karang yang menjulang keatas dan menjorok ke laut adalah letak goa yang menurut mitos menjadi cikal bakal nama Pantai Goa Cina ini.