Krupuk Tahu dan Kripik Tempe Makanan Ringan Tradisional

Krupuk Tahu dan Kripik Tempe Makanan Ringan Tradisional

Tahu dan tempe dalam keberadaannya sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok dalam masyarakat Indonesia disamping beras sebagai bahan pangan utama, selain harganya murah dan terjangkau juga dari sisi gisi baik sekali untuk kesehatan tubuh serta asupan nutrisi sebagai pemenuhan kebutuhan energi aktifitas sehari hari. Krupuk Tahu.

Bagi para pelaku usaha mikro menengah tahu dan tempe memberi sumbangan yang cukup besar sebagai penyangga kehidupan perekonomian rakyat karena beberapa faktor diantaranya kemudahan untuk mendapatkan bahan baku, murah dan mudahnya proses produksi, dan market kebutuhan konsumen yang cukup besar perharinya karena dua produk tersebut sudah menjadi kebutuhan pokok sehari hari dalam masyarakat. Krupuk Tahu.

Bahan Baku Produk Krupuk Tahu dan Kripik Tempe

krupuk tahu, kripik tempeApabila dikupas dari proses produksinya kedua macam produk tahu dan tempe menggunakan bahan baku yang sama yaitu kacang kedelai, sehingga tak heran apabila kita banyak menemui produsen yang membuat tempe juga pasti membuat tahu atau juga sebaliknya. Sangat disayangkan kacang kedelai bukanlah hasil utama produk pertanian pangan Indonesia, namun karena kebutuhan bidang usaha masyarakat akan kedelai yang sangat tinggi maka pemerintah Indonesia mengadakan pasokan kacang kedelai dengan usaha Import dari Negara Amerika yang merupakan penghasil kedelai terbesar.

Berbagai macam jenis kreasi kuliner hasil olahan tahu dan tempe telah banyak dikembangkan oleh masyarakat bisa dikatakan tak terhitung jenisnya. Salah satu olahan tahu dan tempe yang termasuk populer adalah kripik tempe dan krupuk tahu, kedua produk ini sudah bukan kuliner asing lagi bagi para pecinta makanan ringan. Cita rasa yang ditampilkan dari produk krupuk tahu dan kripik tempe adalah asin gurih sebagai rasa original, dari bentuk produk secara visual kripik tempe lebih tipis dari pada krupuk tahu yang bentuknya seperti stik tebal panjang hal ini disebabkan karena perbedaan dalam proses produksi yang dilakukan.

Pengolahan Krupuk Tahu


Krupuk tahu diolah dari beberapa bahan baku utama yaitu tahu mentah, tepung terigu, tepung tapioka dan selebihnya adalah bumbu sebagai perasa. Proses pembuatan krupuk tahu secara garis besar sama dengan proses pembuatan krupuk pada umumnya hanya penambahan bahan utama tahu yang membedakan cita rasa dengan krupuk biasa. Pada pengolahan krupuk tahu bahan utama dan bahan perasa dicampur dibentuk menjadi bahan krupuk setengah jadi, sampai proses ini bahan krupuk tahu setengah jadi bisa disimpan dalam bentuk mentah atau bisa juga diproses hingga matang siap saji.

Pembuatan Kripik Tempe

Sedangkan pada proses pengolahan kripik tempe berbeda dengan krupuk tahu, tempe yang telah matang dari proses peragian dipotong potong tipis dengan ketebalan sekitar tiga mili meter kemudian disalut dengan campuran tepung terigu, tepung beras, telur dan bumbu sebelum masuk dalam penggorengan. Adapun jenis camilan kripik tempe sering diolah dengan berbagai macam rasa seperti pedas manis, balado, barbeque, ayam bakar dan lain lain berbeda dengan krupuk tahu yang lebih lezat pada tampilan rasa original.

Krupuk tahu selain cocok digunakan sebagai camilan sehari hari juga lezat apabila digunakan sebagai makanan lauk pendamping ketika sarapan, makan siang ataupun makan malam, berbeda dengan kripik tempe yang lebih cocok hanya dibuat camilan saja daripada dijadikan lauk pendamping ketika makan.

Pembelian dan Pemesanan Krupuk Tahu

Pengolahan krupuk tahu dan kripik tempe memang sederhana bahkan ibu rumah tangga pun bisa mencoba resep ini, namun apabila Anda ingin mencoba mencicipi kedua produk tersebut tanpa harus repot memproduksinya maka Aneka Keripik Malang melayani pemesanan dan pengiriman krupuk tahu dan kripik tempe, untuk info mengenai pembelian produk ini bisa langsung hubungi nomer kontak Customer Service kami disamping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *