Kerupuk Tahu Camilan Renyah Cita Rasa Tahu

Kerupuk Tahu Camilan Renyah Cita Rasa Tahu

Kerupuk tahu memiliki rasa lezat dan gurih, bisa dikonsumsi sebagai pendamping lauk ketika makan atau juga sangat cocok dimakan langsung sebagai camilan pada waktu senggang. Bentuk yang menyerupai tahu dirajang panjang serta cita rasa tahu pada komposisi pembuatannya membuat makanan ringan ini dijuluki dengan nama kerupuk tahu.

kerupuk tahu, krupuk tahuMemang pada proses pembuatan kerupuk tahu berbeda jauh dengan pembuatan keripik tahu, kalau keripik tahu diolah dari bahan baku tahu mentah utuh dipotong potong kemudian digoreng sampai kadar airnya kering, sedangkan krupuk tahu diolah dari bahan baku pembuatan kerupuk diantaranya tepung tapioka dan tepung terigu yang dicampur dengan tahu mentah, adapun garis besar urutan proses pengolahannya dijelaskan di artikel ini hingga sampai proses akhir menjadi kerupuk rasa tahu.

Jadi penjelasan diatas mengenai perbedaan antara kerupuk tahu dan keripik tahu bisa jadi informasi berguna bagi konsumen yang tidak mengerti bagaimana perbedaan fisik kedua produk tahu tersebut. Antara cita rasa kedua produk kerupuk tahu dan keripik tahu tergantung dari selera masing masing konsumen karena keduanya sama lezat enak namun berbeda pada taste dan tekstur yang ditawarkan krupuk tahu dan keripik tahu. Mungkin secara detail mengenai taste nya Anda bisa memesan produk kerupuk tahu dan keripik tahu di Aneka Keripik Malang agar bisa mengenal masing masing rasanya.

Cara Pembuatan Kerupuk Tahu

Dalam pembuatan kerupuk tahu pola dasar pengolahannya sama dengan pola pembuatan kerupuk pada umumnya dan bahannya pun juga sama yaitu tepung tapioka yang dicampur dengan tepung terigu dengan penambahan tahu mentah serta bumbu bumbu sebagai perasa seperti bawang, garam ketumbar dan penyedap rasa.

Setelah melalui pencampuran berbagai bahan bahan diatas, proses pencetakan baru dilakukan dengan menuang adonan pada cetakan dan dikukus sampai matang. Proses berlanjut dengan penjemuran bahan kerupuk tahu dibawah terik sinar matahari atau bisa juga dilakukan dengan sistem oven apabila memiliki peralatannya sampai bahan krupuk tahu benar benar mengering.

Setelah melalui proses penjemuran, bahan krupuk tahu bisa dikatakan sudah siap jual dalam kondisi mentahan (krecekan) namun masih belum siap makan, apabila ingin memprosesnya sampai akhir siap dikonsumsi hanya tinggal satu tahap proses yaitu menggoreng krupuk tahu mentah tersebut dengan minyak goreng hingga matang dan mengembang. Tiriskan dan dinginkan maka kerupuk tahu siap untuk disantap.

Bahan Yang Harus Dihindari Dalam Membuat Kerupuk Tahu


Dalam pengolahan kerupuk masih saja ada yang menggunakan Garam Natrium atau nama populernya Bleng yang sebenarnya itu adalah Boraks dan bahan ini sangatlah berbahaya bagi tubuh manusia apabila dikonsumsi terutama dalam jangka waktu panjang karena akan mengakibatkan timbulnya penyakit, maka sebaiknya jangan gunakan bahan tersebut sebagai bahan pengembang dan perenyah kerupuk tahu.

Apabila hasil kerupuk tahu ingin lebih renyah dan lebih mengembang sebaiknya gunakan air kapur sirih atau bisa juga Sodium Tripolyphosphate. Bahan Sodium Tripolyphosphate atau lebih dikenal orang dengan sebutan STPP adalah bahan pengembang kerupuk dan pengenyal makanan seperti bakso, sosis, mie, juga lontong yang telah mendapat ijin dari Dinas Kesehatan dimana bahan STPP tidak berbahaya apabila dikonsumsi manusia.

Bagaimana kita bisa mengenali Boraks atau Bleng yang terdapat pada makanan khususnya kerupuk tahu ketika Anda membeli produk tersebut? Untuk mengetahuinya secara manual tanpa uji laboratorium hanya ada satu cara yaitu merasakan makanan tersebut, apabila kerupuk tahu terasa renyah sekali dan ketika beberapa saat dimulut terdapat rasa getir pada lidah, bisa dipastikan itu adalah efek dari Boraks atau Bleng, jadi selalu berhati hatilah dengan produk makanan yang ada pastikan produk pilihan Anda aman untuk dikonsumsi.

Aneka Keripik Malang memberikan tawaran produk kerupuk tahu yang aman untuk dikonsumsi tanpa ada pemakaian bahan kimia berbahaya, sehingga Anda akan nyaman ketika mengkonsumsinya, untuk melakukan pemesanan produk kami langsung hubungi Customer Service Aneka Keripik Malang pada jam kerja.

One response to “Kerupuk Tahu Camilan Renyah Cita Rasa Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *