Keripik Jambu Merah Aneka Keripik Malang

Keripik Jambu Merah Aneka Keripik Malang

Keripik jambu merah memiliki rasa yang manis dan cukup unik karena dibuat dari bahan baku jambu merah atau jambu biji yang tidak pernah terpikir ternyata bisa diolah menjadi sebuah bentuk makanan ringan. Keripik Jambu Merah.keripik jambu merah

Jambu merah atau jambu biji adalah tanaman asli tropis yang berasal dari Brasil dan saat ini tumbuh juga berkembang biak cukup baik di Indonesia. Di berbagai daerah di Indonesia bisa didapati pertanian jambu biji terutama daerah Jawa yang menjadi penghasil jambu cukup besar. Keripik Jambu Merah.

Jambu biji memiliki beberapa jenis varian diantaranya Jambu biji kristal taiwan, jambu tanjung barat, jambu biji getas merah, jambu australia, dan jambu bangkok. Dari katagori warna hanya ada dua jenis yaitu jambu biji warna putih dan jambu biji warna merah. Secara ilmiah dari kedua jambu biji warna putih dan merah lebih banyak ditemukan kandungan tinggi Likopen pada jambu biji warna merah, oleh karena itu lebih banyak penggemarnya pada jenis jambu biji warna merah. Keripik Jambu Merah.

Pemanfaatan Jambu Merah

Jambu merah atau jambu biji memiliki jenis variasi pengolahan yang kurang dalam inovasinya walaupun apabila ditelisik dari segi manfaat bagi kesehatan cukup besar, penggunaan atau pengolahan buah jambu biji oleh para pengkonsumsinya lebih umum diolah menjadi minuman jus jambu atau ekstrak minuman rasa jambu saja, pemanfaatan menjadi bentuk olahan lain masih minim. Keripik Jambu Merah.

Dengan minimnya jenis pengolahan buah jambu merah atau jambu biji akan memberi dampak jatuhnya harga buah jambu ketika musim panen raya tiba, bagi konsumen hal ini sangat menguntungkan karena harga buah jambu di pasar semakin murah namun dilain sisi hal ini tidak bisa dipandang bagus oleh para pelaku penanam buah jambu karena tidak seimbangnya harga perawatan dan penjualan. Keripik Jambu Merah.

Masalah hasil penjualan hasil panen jambu yang cukup minim keuntungannya ini telah membuat beberapa kelompok petani jambu biji membuat sebuah langkah baru untuk mengatasinya dengan jalan membuat sentra pengolahan buah jambu biji menjadi jenis jenis olahan diantaranya dodol jambu, sirup jambu, selai jambu, minuman sari jambu, keripik jambu merah, sampai teh daun jambu biji.

Pengolahan Buah Jambu Menjadi Keripik Jambu Merah

Di Aneka Keripik Malang buah jambu biji diolah menjadi dua macam produk dimana yang pertama menjadi olahan minuman sari buah jambu dan yang kedua diolah menjadi makanan ringan keripik jambu merah.

Keripik jambu merah termasuk dari makanan ringan yang langka karena memang jarang orang mengolahnya atau juga tidak banyak orang yang berfikir untuk menjadikannya menjadi makanan ringan. Proses pengolahan keripik jambu merah tidak terlalu rumit dan bahan baku yang digunakan cukup sederhana hanya jambu biji yang berwarna merah dan minyak goreng, cukup itu saja kita sudah bisa membuat makanan ringan yang cukup unik.

Proses pengolahan Keripik Jambu Merah

Pertama siapkan buah jambu biji dan pastikan yang memiliki daging berwarna merah dan juga pastikan pula kalau buahnya sudah matang benar juga berasa manis sehingga tidak perlu penambahan gula untuk menjadikan keripik jambu merah manis.

Setelah dilakukan pembersihan buah dengan air maka potong buah jambu dengan ketebalan irisan sekitar setengah centi meter kemudian masukkan kedalam tempat pendingin kira kira lima jam atau bisa juga lebih sebelum masuk dalam proses penggorengan keripik jambu merah dengan menggunakan mesin pengering buah atau Vacuum Frying.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *