Marning Jagung Gepeng dan Cara Pembuatannya

Marning Jagung Gepeng dan Cara Pembuatannya

Marning jagung gepeng atau sebutan lainnya emping jagung memang dibuat dari biji jagung asli yang telah melalui proses pemipihan dengan menggunakan mesin pemipih jagung. Dalam mengolah jenis makanan marning jagung gepeng ini lebih banyak dilakukan secara manual tradisional oleh masyarakat umum.

Marning Jagung GepengApabila marning jagung gepeng dibuat hanya untuk dikonsumsi sendiri maka cara pengolahannya bisa dilakukan secara manual tanpa harus menggunakan mesin khusus, sedangkan bagi pelaku bisnis makanan ringan dibutuhkan mesin pemipih jagung untuk membantu mempercepat pengolahan dan meminimalisir pembiayaan dalam pengerjaannya.

Proses pengolahan marning jagung gepeng termasuk sangat alami walaupun itu memakai alat bantu mesin karena apabila dilihat secara detail pengerjaan marning jagung benar benar tidak menggunakan bahan kimia sintetis mulai dari awal hingga akhir menjadi makanan ringan siap saji.

Langkah pembuatan marning jagung gepeng yang sangat sederhana membuat produk ini bersahabat dengan lingkungan karena tidak ada limbah yang berbahaya selain juga produk marning jagung gepeng sendiri baik apabila dikonsumsi oleh siapa saja.

Nutrisi dan Gizi pada Marning Jagung

Diamati lagi secara cermat mengenai kandungan gizi dan nutrisi pada marning jagung gepeng sangat kaya akan karbohidrat, mengandung Vitamin A dan B, serta terdapat kandungan fosfor dan kalsium dimana semua kandungan gizi nutrisi tersebut baik bagi kesehatan tubuh, selain terdapatnya kandungan serat yang cukup tinggi dalam biji jagung sehingga sangat baik bagi sistem pencernaan kita.

Di tengah munculnya berbagai dampak akibat konsumsi makanan tidak sehat pada masyarakat modern saat ini membuat setiap individu mulai sadar akan pentingnya memilih makanan yang memberi sisi positif bagi kesehatan dan pencegahan terhadap beberapa penyakit Degeneratif sebagai akibat pola hidup tidak sehat dan konsumsi makanan yang tidak baik. Hal ini memberi sebuah sinyal baik bagi Industri Kecil ataupun menengah yang memproduksi makanan ringan dengan acuan makanan bergizi dan sehat serta alami, salah satu contoh disini adalah marning jagung gepeng ini untuk meraih konsumen yang mulai peduli akan kesehatan.

Dalam usaha melakukan pemenuhan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia maka produk marning jagung gepeng ini merupakan salah satu acuan dari produk yang aman dikonsumsi dan bisa dipromosikan secara luas.

Disini sedikit akan saya berikan tips bagi yang ingin tahu cara membuat marning jagung gepeng yang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Adapun bahan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat marning jagung gepeng adalah : Jagung, air kapur sirih, bawang putih, garam, dan minyak goreng. Untuk persiapan alat yang utama pembuatan marning jagung gepeng adalah pemipih jagung sedang yang lainnya adalah alat alat sederhana yang biasa kita jumpai di dapur seperti panci dan lain lain.

Cara Membuat Marning Jagung Gepeng

Seleksilah jagung dari kualitasnya, bentuknya, dan warnanya yang baik, seleksi dilakukan sebaiknya ketika jagung masih berbentuk glondong atau belum dipipil, atau apabila membeli jagung yang sudah menjadi pipilan pilihlah dari bentuk bijinya yang besar dan baik.

Lakukan perendaman pada biji jagung selama satu hari atau 24 jam kurang lebihnya agar pada proses perebusan tidak terlalu lama waktunya.

Lakukan perebusan pada biji jagung yang telah melalui proses perendaman dengan penambahan air kapur lebih kurangnya sekitar 10%, perebusan dilakukan selama dua setengah jam perkiraan tergantung dari jumlah kuantitas jagung dalam wadah panci dan kualitas api untuk merebus jagung. Pada waktu proses perebusan lakukan pengadukan berulang agar bagian paling bawah dalam wadah panci tidak sampai gosong dan usahakan menambah air apabila pada saat perebusan air dalam panci berkurang.

Selesai dari proses perebusan segera cuci jagung dengan air bersih dengan tujuan menghilangkan kandungan kapur pada biji jagung saat merebus tadi. Pencucian dilakukan hingga benar benar bersih dan tidak berbau.

Proses selanjutnya adalah pengukusan biji jagung yang telah bersih selama empat jam dan pada proses ini biji jagung bisa diberi bumbu semisal garam atau bawang ataupun keduanya.

Jagung yang telah dikukus tersebut harus didinginkan dahulu sebelum masuk pada tahap selanjutnya yaitu pengepresan biji jagung dengan menggunakan alat pemipih atau alat pengepres jagung.

Lakukan penjemuran pada biji jagung yang telah pipih tersebut pada terik matahari sampai benar benar kering dimana perkiraan waktu penjemuran kurang lebihnya 8 jam tergantung dari intensitas sinar matahari pada waktu penjemuran.

Jagung pipih yang telah kering tersebut perlu diseleksi dengan cara diayak dengan menggunakan irik untuk memisahkan dari serpihan ujung jagung atau yang disebut mata jagung.

Proses selanjutnya adalah menggoreng jagung pipih yang telah kering dengan minyak goreng hingga matang, proses penggorengan yang kali ini tidak membutuhkan waktu lama karena jagung pipih tersebut cepat matang ketika digoreng, hanya kita perlu hati hati agar tidak terlalu gosong hasilnya.

Pengolahan marning jagung gepeng selanjutnya adalah relatif bisa dilakukan ataupun tidak karena proses yang ini adalah penambahan bumbu balado apabila diinginkan, apabila tidak maka proses yang satu ini bisa dilewati, karena setelah penggorengan tadi adalah termasuk pada proses akhir sebelum masuk dalam kemasan. Begitulah sedikit informasi mengenai cara membuat marning jagung gepeng, semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *