Keripik Pisang Madu

Keripik Pisang Madu Inovasi Baru

Keripik Pisang Madu. Keripik pisang sangat familier bagi masyarakat Indonesia, makanan ringan ini termasuk sudah lama umurnya dan resepnya telah diwariskan turun temurun, entah mulai sejak kapan dikenalnya jenis makanan ringan ini, tetapi hingga saat ini masih banyak yang menggemarinya. Keripik Pisang Madu.

Keripik Pisang MaduIndonesia dikenal sebagai salah satu penghasil buah pisang terbesar didunia nomor tujuh menurut beberapa lansiran surat kabar, dan ada anggapan juga bahwa asal usul tanaman pisang ini berasal dari Indonesia. Jenis varietasnya juga yang terbanyak di dunia ada di Indonesia, tetapi sayang pengelolaan tanamannya di Indonesia hanya sebatas pekarangan saja, sehingga hasil pisang Indonesia saat ini masih kalah dengan Negara seperti India atau Filipina. Keripik Pisang Madu.

Pengelolaan hasil pisang sebagai makanan ringan memiliki peluang pasar yang sangat baik di domestik dan luar negeri, terutama bagi pasar luar negeri yang tidak semua negara memiliki hasil alam pisang namun keberadaannya sangat dibutuhkan sekali, sehingga jangan heran apabila ditemui beberapa negara eropa menggunakan keripik pisang sebagai makanan ternak kuda. Keripik Pisang Madu.

Keripik pisang pengolahannya sangat mudah sekali hampir setiap ibu rumah tangga tahu cara pengolahannya mulai dari pemilihan bahan baku hingga siap disajikan. Jenis variasi pembuatan keripik pisang berdasarkan cita rasa pada awalnya hanya ada keripik pisang rasa manis saja kemudian muncul keripik pisang rasa gurih, muncul juga keripik pisang rasa pedas manis dan keripik pisang rasa coklat. Keripik Pisang Madu.

Cara Pembuatan Keripik Pisang Madu


Keripik pisang berdasar cara pengolahannya ada dua macam yaitu pengolahan secara tradisional dan pengolahan dengan mesin Vacuum, secara tradisional garis besar tahapan proses pembuatan keripik pisang adalah pisang dipilih dari jenis pisang olahan yang masih muda kemudian diiris tipis tipis dikeringkan kemudian digoreng dengan minyak nabati dan tahap terakhir ditambahi gula apabila rasa yang diinginkan adalah manis.

Berbeda dengan pengolahan keripik pisang dengan menggunakan mesin Vacuum yang mana pisang bisa dipilih dari jenis pisang buah ataupun dari jenis pisang olahan, umur pisang juga harus yang sudah matang dan manis. Berikut akan dijelaskan cara pembuatan keripik pisang madu Aneka Keripik Malang yang proses pengolahannya menggunakan Vacuum Frying sehingga hasil dan cita rasa makanan ringan ini cukup berbeda dari umumnya. Keripik Pisang Madu.

Keripik pisang madu ini tidak diiris tipis melainkan diiris tebal tebal bahkan apabila perlu buah pisang hanya dikupas tanpa diirispun bisa diolah, kemudian proses penggorengannya tidak memakai penggorengan biasa melainkan menggunakan mesin penggoreng buah Vacuum Frying. Kali ini pisang yang diproses harus yang benar benar matang dan manis bukan seperti pada pembuatan keripik pisang tradisional yang menggunakan gula untuk rasa manisnya. Keripik Pisang Madu.

Keripik Pisang Madu Rasa dan Aroma Asli Buah Pisang

Produk ini dinamakan keripik pisang madu karena rasa manis yang dihasilkan adalah murni asli dari manis buah pisang bukan manisnya campuran gula buatan, adapun buah pisang yang matang benar memiliki hasil rasa manis yang cukup kuat sehingga dijuluki makanan ringan keripik pisang madu.

Keripik pisang yang dihasilkan memiliki tekstur renyah walaupun diiris dalam ukuran tebal atau dalam bentuk pisang utuh sekalipun. Aroma camilan keripik pisang madu sangat terasa kuat buah pisang ketika masih segar daripada aroma keripik pisang tradisional yang cenderung berkurang karena proses panas tinggi ketika menggorengnya.

Keripik buah jenis keripik pisang madu adalah salah satu inovasi dalam pengolahan makanan ringan keripik pisang yang bisa meningkatkan daya saing di pasar domestik ataupun Internasional. Bagi para kuliner lover ada baiknya mencoba produk Aneka Keripik Malang yang satu ini “Keripik Pisang Madu” dijamin taste nya pasti memuaskan.

2 responses to “Keripik Pisang Madu

  1. pisangnya aja dimakan enak apalagi dibikin keripik pisang madu jadi pengen nyobain ni, pasti rasanya maknyus….

  2. Elisabeth J. Hebert

    Terkadang Anda kurang puas dengan rasa gurih keripik pisang yang dihasilkan oleh keripik pisang gurih, dan Anda ingin membuatnya menjadi manis. Caranya sama dengan proses pembuatan keripik pisang di atas. Setelah digoreng dan ditiriskan, saat masih panas atau hangat, tambahkan gula pasir halus pada permukaan keripik secara merata. Kalau ingin membuatnya menjadi keripik pisang madu, caranya masih sama dengan proses pembuatan keripik pisang di atas. Setelah digoreng dan ditiriskan, saat masih panas atau hangat, tambahkan madu (sebaiknya yang kental) pada permukaan keripik secara merata. Maka keripik pisang Anda akan menjelma menjadi keripik pisang madu yang manis legit rasanya. Mungkin rasa cokelat akan membuatnya menjadi berbeda ya. Coba deh … Caranya masih sama dengan proses pembuatan keripik pisang di atas. Setelah digoreng dan ditiriskan, saat masih panas atau hangat, tambahkan coklat (sebaiknya yang kental) pada permukaan keripik secara merata. Maka keripik pisang Anda akan menjelma menjadi keripik pisang coklat yang manis rasa cokelat. Beberapa tamabahan itu persis sama dengan cara memberi toping pada kue pancake sebagaimana yang pernah diulas sebelumnya. Itulah beberapa resep cara mudah membuat keripik pisang baik murni, manis, madu, maupun cokelat. Anda dapat bereksperimen dengan menambahkan toping sesuai selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *