Cara Membuat Keripik Nangka | Resep Keripik Buah Nangka | How To Make Jackfruit Chips

Cara Membuat Keripik Nangka | Resep Keripik Buah Nangka

Keripik nangka salah satu dari jenis makanan ringan dari buah buahan asli yang dikeringkan, camilan keripik buah nangka memiliki rasa asli bahkan aroma khas buah nangka yang sangat manis, cita rasanya sama dengan ketika kita memakan buah nangka matang, hal ini yang menyebabkan camilan keripik nangka sangat digemari konsumen makanan ringan. Cara Membuat Keripik Nangka.

cara membuat keripik nangka, resep keripik buah nangkaApabila digambarkan bentuk dari keripik nangka sama persis seperti buah nangka yang telah dikupas dari kulitnya tebalnya bahkan ukuran dan warnanya pun juga sama. Hampir setiap orang yang pernah memakannya berpikir bagaimana cara membuat buah nangka segar menjadi makanan ringan dengan bentuk dan warna yang sama identik tanpa mengalami proses penyusutan dan perubahan warna karena suhu temperatur penggorengan. Cara Membuat Keripik Nangka.

Bahan Baku Keripik Nangka | Cara Membuat Keripik Nangka

Cara membuat keripik Nangka cukup mudah siapkan buah nangka yang sesuai kriteria, tidak terlalu matang dan buahnya masih segar juga kenyal apabila dimakan. Pertama kupas buah nangka, pisahkan dari bijinya, cuci sampai bersih dan keringkan dari air sisa pencucian. Cara Membuat Keripik Nangka.

Pembersihan Nangka | Cara Membuat Keripik Nangka

Untuk buah nangka yang telah bersih secara otomatis tidak perlu dipotong potong menjadi bagian yang lebih kecil. Cukup dipotong ujung ujungnya saja, agar ukuran dan bentuk keripik nangka serupa dengan nangka ketika baru dikupas. Cara Membuat Keripik Nangka.

Masukkan buah nangka yang telah bersih ke dalam mesin pendingin (Freezer) selama kisaran dua puluh empat jam agar nangka ketika digoreng tidak menjadi lembek.

Penggorengan Nangka | Cara Membuat Keripik Nangka

Siapkan mesin pengering buah atau Vacuum Frying untuk proses penggorengan keripik buah, jangan gunakan penggorengan tradisional karena hasil keripik nangka akan buruk. Nangka yang telah bersih, dimasukkan kedalam mesin vacuum frying (Mesin Penggoreng Hampa Udara).

Pemanasan Vacuum Frying, minyak goreng dipanaskan pada suhu 80 – 90 derajat Celcius, masukkan buah nangka beku kedalamnya. Dalam mesin vacuum frying buah nangka akan dihisap kandungan airnya hingga habis di dalam buah tanpa membuat buah nangka mengalami penyusutan yang berlebih.

Pengontrolan suhu penggorengan diatur secara otomatis agar bisa tetap stabil pada angka 80 – 90 derajat celcius oleh vacuum tersebut untuk menghasilkan keripik buah nangka yang tidak gosong. Cara Membuat Keripik Nangka.

Anda dapat dapat melihat ke dalam mesin penggorengan untuk mengetahui apakah buah nangka sudah matang atau belum. Tanda keripik nangka sudah matang adalah berkurangnya kuantitas buih yang terjadi pada saat penggorengan dilakukan. Setelah keripik nangka sudah matang angkat dan tiriskan. Cara Membuat Keripik Nangka.

Masukkan keripik nangka yang telah matang dari penggorengan tersebut ke dalam mesin peniris minyak, agar minyak goreng yang masih menempel pada keripik nangka bisa habis dan tidak melekat. Dengan lepasnya sisa sisa minyak hasil penggorengan pada keripik nangka membawa pengaruh pada panjangnya umur masa kedaluarsa. Keripik nangka bisa tahan lama dan tidak mudah tengik ketika disimpan. Cara Membuat Keripik Nangka.

Timbang dan masukkan keripik nangka ke dalam kemasan. Pengemasan agar sempurna dilakukan menggunakan alat yang dinamakan sealer. Untuk bahan kemasan usahakan menggunakan kemasan aluminium foil karena memiliki daya tahan yang bagus daripada plastik tebal. Cara Membuat Keripik Nangka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *