Manfaat Umbi Talas Untuk Pengobatan Non Medis

Manfaat Umbi Talas

Ubi talas merupakan sumber pangan yang penting karena selain merupakan sumber karbohidrat, protein dan  lemak, talas juga mengandung beberapa unsur mineral dan vitamin sehingga dapat dijadikan bahan obat­ obatan disamping manfaat umbinya yang berguna besar bagi kesehatan tubuh. Manfaat Umbi Talas.

Manfaat Umbi Talas

Manfaat Umbi Talas Untuk Pengobatan Non Medis

Sebagai makanan alternatif pengganti nasi, umbi talas mengandung banyak komposisi penting seperti karbohidrat dan protein yang terkandung dalam umbinya sedangkan daunnya dipergunakan sebagai sumber nabati. Manfaat Umbi Talas.

Di masyarakat Indonesia daun umbi talas biasanya pemanfaatannya yaitu untuk dibuat sayur yang disebut buntil. Penggunaan daun dan tangkai talas sebagai bahan sayuran biasanya dijumpai di pedesaan. Manfaat Umbi Talas.

Komposisi zat yang terkandung dalam 100 gram umbi talas banyak sekali detailnya dapat dilihat pada Tabel 1 berikut  : Manfaat Umbi Talas.

Komponen Satuan Mentah Kukus Rebus
Energi Kal 98 120
Protein Gr 1,9 1,5 1,17
Lemak Gr 0,2 0,3 29,31
Karbohidrat Gr 23,7 28,2 0,026
Kalsium Mg 28,0 31,0
Fosfor Mg 61,0 63,0
Besi Mg 1,0 0,7
Vitamin A RE 3,0 0
Vitamin C Mg 4,0 2,0
Vitamin B1 Mg 0,13 0,05
Air Gr 73,0 69,2 61,0
Bagian yg dpt dimakan % 85,0 85,0

Umbi talas memberikan kalori lebih besar dari pada kentang , sekitar seratus gram nya menyediakan seratus dua belas kalori. Kalori ubi talas yang paling utama berasal dari Karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai Amilosa dan Amilopektin.Manfaat Umbi Talas.

Adapun jenis sumber pangan yang berasal dari akar tanaman talas ini sangat rendah Lemak dan Protein dibandingkan dengan jenis makanan sereal dan kacang kacangan. Tingkat Protein talas bisa sebanding dengan sumber makanan tropis lain seperti pada ubi, singkong, dan sejenisnya hal ini yang menjadikan talas bisa digunakan sebagai sumber energi alternatif atau pengganti makanan pokok nasi.Manfaat Umbi Talas.

Walaupun jumlah protein dan lemak dari talas lebih rendah daripada nasi namun ada satu kandungan yang tidak terdapat pada nasi yaitu serat. Serat sangat dibutuhkan bagi kesehatan pencernaan dan apabila dalam talas terdapat kandungan ini maka makanan talas ini cocok bagi siapa saja yang sedang menjalankan diet penurunan berat badan.Manfaat Umbi Talas.

Selain digunakan sebagai bahan pangan alternatif umbi talas juga dapat digunakan untuk minuman. Akar rimpang umbi talas jika difermentasikan dan ditambah gula serta semacam jagung (Kaffir corn) maka air hasil fermentasi akar rimpang umbi talas akan menjadi seperti bir. Manfaat Umbi Talas.

Penggunaan umbi talas sebagai obat tradisional antara lain adalah pembuatan bubur dari akar rimpang umbi talas yang dipercaya sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit encok. Manfaat Umbi Talas.

Selain itu cairan akar rimpang umbi talas digunakan sebagai obat bisul, sementara getah daun talas sering digunakan untuk menghentikan pendarahan karena luka luar dan sebagai obat untuk bengkak. Manfaat Umbi Talas.

Pelepah dan tangkai daun umbi talas yang dipanggang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gatal­ gatal. Pelepah daun umbi talas juga diyakini mampu mengobati gigitan kalajengking.

Daun talas yang mengandung vitamin A selain membuat mata jadi sehat juga memberi perlindungan dari beragam serangan penyakit. Kandungan vitamin C-nya bisa membantu menghaluskan kulit, menyerap zat besi, dan meningkatkan imunitas. Vitamin B1-nya diperlukan tubuh untuk menggunakan energi dari makanan. Sementara vitamin B2 penting untuk memecah senyawa karbohidrat menjadi gula sederhana. Sedangkan daunnya yang kerap dimasak lodeh itu ternyata mengandung karbohidrat sebanyak 4 gr, serat 1 gr, dan kalori sebesar 18 kkal. Manfaat Umbi Talas.

One response to “Manfaat Umbi Talas Untuk Pengobatan Non Medis

  1. terimakasih informasinya tentang budidaya kangkung, sangat bermanfaat bagi saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *