Resep Cara Membuat Keripik Pisang Yang Renyah

Resep Cara Membuat Keripik Pisang Yang Renyah

Keripik pisang adalah jenis makanan ringan atau camilan yang telah diolah oleh masyarakat Indonesia sejak lama, keripik pisang adalah salah satu warisan budaya kuliner nusantara yang masih ada hingga saat ini. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Resep Cara Membuat Keripik PisangCita rasanya yang manis dan gurih serta renyah banyak digemari konsumen terutama rasa dan aroma pisang yang begitu menggugah selera. Tak heran apabila makanan ringan ini masih menjadi makanan ringan favorit masyarakat yang bisa diturunkan dari generasi ke generasi. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Beragam jenis tanaman pisang tumbuh subur di daerah iklim tropis Indonesia variannya pun bermacam macam sebut saja beberapa yaitu pisang raja, pisang kepok, pisang agung, pisang berlin, hingga pisang cavendis bisa didapati di Indonesia. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Dari melimpahnya hasil pertanian pisang di Negara kita membuat kreatifitas masyarakat lebih berkembang untuk memanfaatkan dan mengolah buah pisang menjadi jenis jenis makanan yang inovatif dan bisa bersaing di pasar, salah satu produk keripik pisang yang telah terbukti kesuksesannya di tengah persaingan market kuliner dan bertahan hingga kini. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Variasi dan kreasi pengolahan keripik pisang tergantung dari kreatifitas masing masing pembuatnya, dari sisi pemakaian jenis pisang dan pola pengerjaan bisa membuat perbedaan hasil akhir rasa keripik pisang. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Pada awal dahulu keripik pisang dibuat, yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku adalah dari “jenis pisang olahan” sedangkan ” jenis pisang buah” tidak dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku karena hasil rasa keripik tidak baik. Namun berbeda saat ini dimana segala jenis pisang bisa diolah menjadi keripik pisang dengan munculnya penemuan alat penggorengan buah “Vacuum Frying”. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Camilan keripik pisang dikenal memiliki dua macam rasa yaitu manis dan gurih, kedua rasa ini sudah familier bagi kita, namun pernahkah Anda mencoba beberapa rasa lain seperti keripik pisang pedas manis, keripik pisang rasa coklat, dan keripik pisang rasa barbeque, beberapa rasa tersebut adalah jenis variasi yang dikenalkan sebagai inovasi baru dalam upaya mengembangkan kreatifitas pada pengolahan keripik pisang.

Resep Cara Membuat Keripik Pisang


Pembuatan keripik pisang secara tradisional sangat sederhana dan mudah, hanya memakai beberapa peralatan dapur yang ada kita sudah bisa mengolah buah pisang menjadi camilan. Di bawah ini sedikit tips bagi Anda yang suka mencoba coba resep makanan di dapur. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Resep Cara Membuat Keripik Pisang

Siapkan buah pisang yang masih muda, jangan gunakan pisang matang karena hasil keripik akan gosong dan mengkerut kecuali apabila Anda menggunakan mesin Vacuum Frying. Pisang yang baik digunakan keripik adalah pisang jenis ambon, kapas, tanduk, kepok, dan raja nangka. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Bahan bahan lain yang dibutuhkan satu sendok teh kapur sirih, satu liter air bersih campurkan kedua bahan tersebut, siapkan garam dapur secukupnya dan minyak sawit untuk menggoreng.

Pengolahan Resep Cara Membuat Keripik Pisang

Kupas pisang muda dari kulitnya, rajang atau iris tipis tipis, pola pengirisan bisa memanjang agak menyerong atau langsung bentuk bulat tergantung selera. Kemudian rendam irisan pisang kedalam larutan air kapur sirih selama satu jam. Setelah satu jam angkat dari rendaman cuci hingga bersih, masukkan irisan pisang ke dalam wadah tambahkan garam halus secukupnya, aduk-aduk sampai rata diamkan selama 5 menit. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Panaskan minyak sawit lalu goreng irisan pisang sampai kering dan renyah, tiriskan hingga minyak yang menempel bersih serta keripik dingin. Keripik pisang yang dihasilkan dari proses diatas adalah rasa gurih, untuk membuat keripik pisang rasa manis maka lelehkan gula pasir diatas penggorengan kemudian masukkan keripik pisang yang telah matang untuk disalut gula hingga merata, angkat dan tunggu hingga dingin agar gulanya mengering. Resep Cara Membuat Keripik Pisang.

Keripik pisang telah siap untuk disajikan atau juga dikemas, demikian resep cara membuat keripik pisang secara tradisional, semoga bermanfaat.

2 responses to “Resep Cara Membuat Keripik Pisang Yang Renyah

  1. wah berguna sekali artikel ini bagi yang belum tau cara pembuatan keripik pisang.. nice posting :)

  2. Pengen nyoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *