Resep Cara Membuat Keripik Tempe Yang Renyah

Resep Cara Membuat Keripik Tempe

Keripik tempe siapa yang tidak mengetahui jenis camilan enak ini, rasa lezat gurih camilan keripik tempe bisa menggoda siapa saja yang melihatnya. Resep cara membuat keripik tempe.

Resep Cara Membuat Keripik Tempe
Makanan tempe bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok pada menu meja makan sehari hari setiap rumah tangga, jenis kreasi pengolahan tempe menjadi kuliner sangat beragam salah satunya yang paling familier dalam masyarakat adalah pengolahan tempe menjadi camilan keripik tempe. Resep cara membuat keripik tempe.

Setiap daerah di Indonesia bisa ditemui pembuatan keripik tempe namun sentra pengolahan tempe menjadi keripik tempe yang cukup dikenal adalah Malang dari daerah ini Anda bisa mendapati olahan keripik tempe yang memiliki rasa sangat spesial. Keripik tempe Malang dikenal dari rasa lezat dan teksturnya renyah ketika dimakan hal ini menjadi ciri khas keripik tempe buatan daerah Malang dibanding dengan daerah lainnya. Resep cara membuat keripik tempe.

Adapun pengolahan kacang kedelai menjadi tempe tingkat keberhasilan dan rasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah jenis kedelai yang digunakan, ragi yang digunakan serta perbandingannya ketika dicampur dengan kedelai dan yang penting lagi adalah kondisi alam terutama iklim dan suhu berpengaruh besar pada hasil tempe. Resep cara membuat keripik tempe.

Pengolahan tempe di daerah yang beriklim panas hasilnya cenderung terasa sedikit asam dan terlalu cepat matang, di daerah yang dingin sekali akan sangat susah ketika dilakukan peragian pada kedelai, adapun daerah yang ideal untuk pembuatan tempe adalah daerah yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin seperti Malang yang letak geografisnya ada didataran tinggi, tak heran apabila hasil tempe dari Malang dikenal sangat enak rasanya. Resep cara membuat keripik tempe.

Bahan Untuk Resep Cara Membuat Keripik Tempe


Kali ini Aneka Keripik Malang berbagi resep untuk membuat cemilan renyah keripik tempe khas rasa asli dari kota Malang. Resep cara membuat keripik tempe ini kita mulai dari kedelai yang telah diolah jadi tempe, cara pembuatannya sangatlah mudah setiap ibu ibu rumah tangga pasti bisa melakukan karena alat alat yang digunakan bukanlah alat khusus.

Bahan bahan yang diperlukan untuk resep cara membuat keripik tempe antara lain :

1000 gr tempe bisa yang berbentuk bulat ataupun kotak

200 gr tepung beras

100 gr tepung kanji

500 ml santan kelapa

2 butir telur ayam

1000 ml minyak goreng

Bahan halus untuk bumbu lapisan keripik tempe antara lain :

7 siung bawang putih

5 butir kemiri

10 lembar daun jeruk purut

3 cm kunyit

2 sendok teh ketumbar

3 sendok makan garam

Langkah Resep Cara Membuat Keripik Tempe

Resep Cara Membuat Keripik TempeTempe diiris tipis tipis ketebalan kira kira dua mili meter bentuk tempe yang digunakan bisa kotak atau bulat tergantung selera, kelebihan dari bentuk tempe bulat adalah tidak mudah patah daripada bentuk yang kotak. Resep cara membuat keripik tempe.

Campur bumbu halus diatas dengan tepung beras, tepung kanji, santan dan telur, aduk sampai rata benar. Campuran bumbu ini yang digunakan untuk mencelupkan tempe irisan yang akan digoreng. Resep cara membuat keripik tempe.

Siapkan dua penggorengan dengan suhu yang berbeda, satu dengan panas sedang dan satunya lagi dengan panas tinggi. Panaskan minyak goreng, celupkan tempe irisan tipis tersebut kedalam adonan tepung lalu masukkan kedalam penggorengan api sedang, bolak balik keripik tempe selama beberapa menit saja sampai setengah matang kemudian angkat dan pindahkan kedalam penggorengan yang panas hingga warna matangnya kelihatan, usahakan keripik tempe jangan sampai terlalu gosong karena hasilnya akan terasa pahit. Setelah matang angkat ,tiriskan, dan tunggu sampai dingin. Resep cara membuat keripik tempe.

Keripik tempe siap untuk dihidangkan, selamat mencoba resep cara membuat keripik tempe yang renyah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *