Membuat Keripik Pisang Yang Kreatif dan Inovatif

Membuat Keripik Pisang Yang Kreatif dan Inovatif

Tanaman pisang banyak terdapat baik di pegunungan maupun daerah pesisir laut Jawa. Tanaman pisang berbuah sepanjang tahun atau tidak mengenal musim. Pisang banyak mengandung protein yang kadarnya lebih tinggi dari pada buah buahan lainnya, namun buah pisang mudah busuk. Untuk mencegah pembusukan dapat dilakukan pengawetan, misalnya dalam bentuk keripik pisang, dodol pisang, sale pisang, ledre pisang, dan lain-lain. Membuat Keripik Pisang.membuat keripik pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi sehingga baik untuk kesehatan dan dapat dijadikan makanan ringan untuk anak-anak. Bagi yang tidak menyukai buah pisang, melalui beberapa kreasi pengolahan buah pisang akan menjadi suka karena perubahan cita rasa melalui pengolahan itu namun tidak menghilangkan juga kandungan pisangnya. Salah satu camilan ini adalah keripik pisang, menggunakan buah pisang asli bukan perasa, sehingga makanan ringan keripik pisang bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Cara Membuat Keripik Pisang Yang Sederhana

Pisang dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu : Pisang buah dimakan dalam bentuk segar, misalnya : pisang ambon, raja sere, raja bulu, susu, seribu, dan emas. Pisang olahan yang dimakan setelah diolah terlebih dahulu, misalnya : pisang kepok, nangka, raja siam, raja bandung, kapas, rotan, gajah, dan tanduk.cara membuat keripik pisang

Membuat keripik dari pisang mentah, digunakan buah pisang dengan tingkat ketuaan 80%. Untuk membuat irisan daging buah pisang yang tipis, digunakan pisau atau alat perajang keripik (slicer) berbahan stainless steel agar irisan buah tidak berwarna coklat kehitaman. Variasi irisan dapat dibuat memanjang atau menyerong. Irisan buah kemudian direndam dalam larutan yang mengandung natrium meta bisulfit 0,05%, asam sitrat 0,1% dan garam 1% selama 5-10 menit.

Membuat Keripik Pisang Variasi Rasa

Membuat keripik pisang dari pisang olahan sangat mudah dan variasi rasa dapat dibuat menjadi bermacam macam tergantung seasoning yang ditambahkan. Contoh rasa antara lain keripik pisang rasa coklat, keripik pisang rasa keju, keripik pisang rasa pedas, keripik pisang rasa barbeque, keripik pisang rasa asin, keripik pisang rasa manis dan lain sebagainya.

Membuat Keripik Pisang Asin

Untuk membuat keripik pisang asin, perlu ditambahkan garam halus dan ditaburkan secara merata pada keripik yang telah digoreng. Garam sebanyak 50 gram, dicampurkan ke dalam 5 kg keripik pisang yang telah digoreng, kemudian diaduk sampai garam tercampur merata, dan untuk menjaga kerenyahannya keripik asin harus ditempatkan dalam wadah kedap udara atau dibungkus dengan plastik polipropelen dengan ketebalan yang sesuai.

Membuat Keripik Pisang Manis Tabur Gula

Membuat keripik pisang ini gula halus yang diperlukan sebanyak 200 gram untuk dicampurkan ke dalam 5 kg keripik pisang yang telah digoreng. Kemudian diaduk rata, dan ditempatkan dalam wadah kedap udara atau dibungkus dengan plastik polipropelen dengan ketebalan yang sesuai agar tahan lama.

Membuat Keripik Pisang Manis Salut Gula

Cara lain membuat keripik pisang manis adalah menggunakan lelehan gula pasir. Diperlukan gula pasir 500 gram, garam 15 gram, dan air 400 ml, yang kemudian dimasak dengan api kecil sampai leleh mengental. Setelah larutan kental, keripik pisang sebanyak 2,5 kg dimasukkan ke dalam larutan gula, diaduk sampai tercampur rata, ditiriskan. Produk kemudian ditempatkan dalam wadah kedap udara atau dibungkus menggunakan bahan kemasaan plastik polipropelen.

Membuat Keripik Pisang Gula Merah

Cara membuat keripik pisang gula merah dibutuhkan gula merah sebanyak 500 gram, garam 15 gram, air 400 ml, dicampur dan dipanaskan dengan api kecil kemudian disaring untuk menghilangkan kotoran yang terdapat pada gula merah. Kemudian dipanaskan kembali dan dimasak sampai kental. Keripik pisang sebanyak 2,5 kg dimasukkan ke dalam larutan gula merah, diaduk sampai rata, ditiriskan dengan cara dicampurkan agar tidak melekat satu dengan lainnya, kemudian dibungkus menggunakan kantong plastik polipropelen atau aluminium foil.

Membuat Keripik Pisang Pedas Manis

cara membuat keripik pisang pedas manisUntuk membuat keripik pisang rasa pedas manis, dibuat dengan cara menambahkan tepung gula halus sebanyak 50 gram, cabe kering halus 10 gram, garam 15 gram, dan diaduk sampai rata. Campuran bahan tersebut ditaburkan ke dalam 2,5 kg keripik pisang yang sudah digoreng kemudian diaduk sampai rata.

Membuat Keripik Pisang Rasa Coklat

membuat keripik pisang coklatUntuk membuat keripik pisang rasa coklat dengan jalan menambahkan coklat bubuk. Diperlukan coklat bubuk sebanyak 250 gram, gula pasir 500 gram, garam 15 g dan air 500 ml. Semua bahan dicampur, dipanaskan menggunakan api kecil sampai kental. Keripik pisang sebanyak 2,5 kg dimasukkan ke dalam larutan coklat, diaduk sampai rata, diangkat, didinginkan. Kemudian keripik dapat ditempatkan dalam wadah atau dibungkus kemasan.

Membuat Keripik Pisang Rasa Keju

cara membuat keripik pisang kejuCara membuat keripik rasa keju, disiapkan seasoning rasa keju sebanyak 50 gram, ditambah garam sebanyak 10 gram, kemudian dicampurkan ke dalam keripik sebanyak 2,5 kg diaduk sampai rata. Untuk menjaga kerenyahannya, keripik kemudian ditempatkan dalam wadah kedap udara atau dibungkus menggunakanbahan kemasan yang sesuai.

Membuat Keripik Pisang Rasa Barbeque

Teknik membuat keripik rasa barbeque, ditambahkan seasoning rasa barbeque sebanyak 50 gram, ditambahkan garam sebanyak 10 gram, kemudian dicampurkan ke dalam keripik sebanyak 2,5 kg, diaduk sampai rata.

Membuat Keripik Pisang Rasa Jagung Bakar

Untuk membuat keripik pisang rasa jagung bakar, dengan cara menambahkan seasoning rasa jagung bakar sebanyak 50 gram, ditambahkan garam sebanyak 10 gram, kemudian dicampurkan ke dalam keripik sebanyak 2,5 kg diaduk sampai rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *