Memanfaatkan Buah Nangka Menjadi Makanan Olahan

Memanfaatkan Buah Nangka Menjadi Makanan Olahan

Buah nangka ketika sudah matang atau masak dari pohon sungguh manis rasanya, setiap orang yang mencicipi pasti akan dibuat ketagihan untuk mencoba kembali. Sepotong daging buah nangka apabila sudah masuk ke dalam mulut, sudah cukup untuk membuat kita ingin memakan potongan potongan lainnya hingga habis.

Sesuatu paling khas dari buah nangka adalah aromanya sangat harum segar dan bisa menggugah selera makan setiap orang. Aroma khas buah nangka memang sangat kuat dan menyengat sama kuat dengan aroma buah durian walaupun berbeda, tetapi persamaan ada pada kekuatan aroma yang berbeda dari buah buahan lainnya.
memanfaatkan buah nangka

Memanfaatkan Buah Nangka Menjadi Aneka Es

Nangka dimakan langsung buahnya sudah sangat lezat, apalagi bila dibuat campuran es buah atau es teler maka akan menambah kelezatan dan kesegaran karena efek dari aroma buah nangka yang sangat segar. Sebagai sajian makanan penutup atau Dessert, buah nangka juga cocok sekali untuk disajikan seperti contoh pudding buah nangka, cocktail aneka buah dengan campuran buah nangka, ataupun ice cream rasa nangka sungguh lezat sekali.

Memanfaatkan Buah Nangka Menjadi Jajanan

Buah nangka apabila diolah menjadi jenis makanan kue atau jajanan akan menambah nilai dari makanan tersebut, olahan makanan atau jajanan yang memanfaatkan buah nangka diantaranya : cake nangka, bolu nangka, pudding nangka, apem nangka, nagasari nangka, wajik nangka, dodol nangka, jenang nangka dan lain lain, semua itu memanfaatkan buah nangka sebagai kreasi dan cita rasa utama yang ditampilkan.

Memanfaatkan Buah Nangka Menjadi Makanan Ringan

Jenis jajanan lain yang termasuk katagori kue kering atau makanan ringan dengan memanfaatkan buah nangka dan sangat disukai oleh anak anak diantaranya biskuit rasa nangka, kue nastar isi nangka, kue kering keju isi nangka dan masih banyak lagi macamnya, semakin menambah kreasi dalam memanfaatkan buah nangka. Dan yang tak kalah enaknya adalah makanan ringan keripik nangka yang banyak disukai oleh berbagai macam konsumen tua atau muda, karena dibuat dari buah nangka asli tanpa bahan tambahan lain.

Memanfaatkan Buah Nangka Menjadi Makanan Tradisional

Tidak hanya terbatas pada jenis kue kering atau jajanan saja buah nangka bisa diolah, contoh lain diantaranya gudeg nangka, gulai nangka, dan botok nangka adalah beberapa jenis macam olahan makanan dengan memanfaatkan buah nangka yang masih muda. Gudeg merupakan jenis olahan nangka muda yang dikenal sebagai makanan tradisional asli Jogja dan banyak orang yang memfavoritkan.

Pengolahan buah nangka menjadi jenis jenis makanan memang sangat bervariasi, dari berbagai macam yang telah disebut diatas hanya sebagian kecil saja. Tanaman nangka memang tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis atau sub tropis, dan Indonesia adalah salah satu Negara penghasil buah nangka, ada baiknya kita sebagai masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan buah nangka sebagai sumber daya yang bisa menambah pendapatan.

Apabila kita lihat peluang usaha pada buah nangka memang bagus, tidak terbatas hanya bisa dijual dalam kondisi masih berbentuk buah saja. Beragam kreasi serta inovasi dalam pengolahan buah nangka menjadi bentuk makanan olahan akan menambah nilai dan daya saing buah nangka tersebut.

Salah satu contoh produk olahan buah nangka yang cukup sukses dikembangkan oleh pengusaha lokal dan berhasil di pasar Domestik dan Internasional adalah produk keripik buah nangka, produk ini memanfaatkan buah nangka segar, dengan melalui serangkaian proses pengeringan membuat produk ini bisa disimpan dalam jangka waktu panjang sehingga mudah untuk didistribusikan kemana saja.