Makanan Olahan Dari Bekicot

Makanan Olahan Dari Bekicot

Keripik bekicot jenis makanan ringan yang sesuai dengan namanya memang diolah langsung dari binatang molusca siput darat atau sebutan familier lain adalah bekicot. Makanan Olahan Dari Bekicot.
Makanan Olahan Dari Bekicot

Bekicot termasuk katagori binatang hama dan merugikan terutama bagi petani sayur. Pertumbuhan atau perkembang biakan binatang bekicot lumayan cepat dan apabila tidak segera ditangani akan membawa kerusakan serius pada tanaman di pekarangan atau kebun. Makanan Olahan Dari Bekicot.

Bekicot bisa tumbuh baik di tempat yang lembap dan basah, ketika musim kemarau tiba perkembang biakan binatang ini menjadi menurun karena binatang ini tidak tahan pada temperatur suhu yang tinggi dan kering. Ketika binatang bekicot menemukan tempat yang sesuai untuk habitat mereka hidup, maka tidak dibutuhkan waktu lama jumlah populasi binatang ini menjadi berlipat lipat. Makanan Olahan Dari Bekicot.

Sebagian besar orang begitu terganggu dan berusaha mengendalikan pertumbuhan populasi bekicot, namun ada sebagian orang yang malah memanfaatkannya menjadi sumber penghasilan, bahkan saat ini binatang bekicot yang dikenal hidup liar sudah bisa dibudidayakan. Hama bekicot disamping keberadaannya yang mengganggu masih sangat berguna apabila kita bisa menangkap peluang usahanya. Makanan Olahan Dari Bekicot.

Macam Jenis Makanan Olahan Dari Bekicot


Olahan kuliner bekicot mungkin tidak asing lagi terutama bagi masyarakat daerah Jawa, daerah Jawa Timur dan Jawa Barat merupakan daerah dimana habitat populasi bekicot banyak ditemukan, sebagian orang yang kreatif memanfaatkannya menjadi olahan makanan siap saji seperti keripik bekicot, sate bekicot, dan krengsengan (tongseng) bekicot, ketiga jenis makanan olahan bekicot ini sudah umum dan kerap dijumpai di Jawa. Saat ini ada juga jenis usaha yang bisa mengolah bekicot menjadi produk kecap bekicot, dendeng bekicot, dan tepung bekicot, hal ini akan memperkaya varian dalam memanfaatkan binatang bekicot. Makanan Olahan Dari Bekicot.

Binatang bekicot memang kerap ada yang menganggap binatang menjijijkkan, disamping perdebatan masyarakat antara nilai hallal dan tidaknya masih belum selesai hingga saat ini. Terlepas dari asumsi masyarakat tersebut ada baiknya kita kaji lebih dalam kenapa bekicot banyak dimanfaatkan menjadi olahan makanan? apakah makanan olahan bekicot ini berbahaya atau malah memberi manfaat bagi kesehatan? bagaimana cara mengolah binatang bekicot agar bisa menghasilkan produk yang aman? sebenarnya point inilah yang lebih penting dan harus terus kita pelajari daripada berkutat pada asumsi masyarakat. Makanan Olahan Dari Bekicot.

Gizi Makanan Olahan Dari Bekicot

Seperti kita ketahui bahwa makanan yang menggunakan bahan binatang bekicot bukan hanya masyarakat Indonesia saja yang memanfaatkannya, masyarakat Negara Asia dan beberapa Negara di benua Eropa mengubahnya menjadi makanan yang lebih memiliki kelas. Data yang saya dapat dari beberapa sumber informasi penelitian gizi pada beberapa hewan ternak dibanding dengan bekicot seperti di bawah ini. Makanan Olahan Dari Bekicot.

No. Unsur Gizi Proporsi/100 g Daging
Bekicot Sapi Domba Kambing Ayam
1 Protein (g) 15,80 18,80 16,60 17,10 18,20
2 Kalori (kal) 97,00 207,00 206,00 154,00 302,00
3 Lemak (g) 0,90 14,00 14,80 9,20 25,00
4 Air (g) 78,60 66,00 70,30 66,00 56,60

Unsur nutrisi dalam daging bekicot secara lebih dalam bisa dilihat di “Manfaat Daging Bekicot Untuk Kesehatan”. Cukup menarik dari data yang kita lihat di tabel, ternyata binatang yang dianggap populasinya sebagai binatang pengganggu ini bisa menjadi sumber pangan alternatif yang rendah kolesterol. Makanan Olahan Dari Bekicot.

Yang membedakan antara olahan makanan dari hewan ternak dan bekicot adalah mekanisme cara pengolahannya, dimana cara mengolah bekicot dibutuhkan ketelitian dan perlakuan ekstra terutama pada waktu membersihkan agar hasil akhir olahan makanan bekicot bebas bakteri serta lebih aman untuk dikonsumsi. Makanan Olahan Dari Bekicot.