Kemasan Makanan dan Minuman Yang Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

Kemasan Makanan dan Minuman Yang Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

Bermacam produk makanan dan minuman instant diproduksi dan dikonsumsi oleh penduduk planet bumi setiap harinya, berbagai jenis kemasan makanan dan minuman dibuat bukan hanya menjadi tempat untuk melindungi produk di dalamnya saja, lebih dari itu kemasan digunakan sebagai alat Branding dari suatu produk dalam upaya berkompetisi di dunia usaha. Kemasan Makanan dan Minuman.

Kemasan bisa kita temui dibuat dari beberapa bahan yang umum diantaranya plastik, aluminium foil, metalizer, kertas, kaleng, styrofoam, dan kaca. Dari beberapa bahan tersebut yang paling banyak digunakan untuk kemasan makanan dan minuman adalah jenis plastik, kurang lebih setiap tahun diperlukan 100 juta ton bahan plastik untuk memenuhi keperluan industri di dunia. Kemasan Makanan dan Minuman.

Pola hidup masyarakat lebih banyak menggantungkan produk makanan dan minuman instant dalam kemasan terutama di daerah perkotaan membuat market dibanjiri oleh produk produk ini, kewaspadaan kita sebagai konsumen akan keamanan produk dalam kemasan tersebut harus semakin ditingkatkan karena pengawasan akan keamanan produk terutama di negara kita sungguh sangat buruk. Kemasan Makanan dan Minuman.

Bagaimana Menentukan Kemasan Makanan dan Minuman Yang Aman?


Bagi para produsen terutama yang bergerak di bidang makanan dan minuman harus memiliki pengetahuan dalam menentukan cara pengemasan yang benar dan menentukan jenis kemasan yang tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Berdasar dari beberapa sumber peneliti mendapatkan hasil bahwa kontaminasi kimia dari bahan kemasan yang tidak diijinkan pemakaiannya untuk kemasan makanan dan minuman, berpotensi menyebabkan timbulnya beberapa penyakit berbahaya seperti contoh adalah kanker. Kemasan Makanan dan Minuman.

Memang telah diatur oleh pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan yang terkait langsung mengenai beberapa klasifikasi kemasan yang diijinkan dan tidak diijinkan untuk digunakan pada indusrti makanan dan minuman. Dalam menyikapi hal tersebut dibutuhkan kesadaran dari para pelaku industri untuk bisa selalu menjaga dan memberikan produk yang terbaik bagi konsumen, dan bagi para konsumen diperlukan sikap hati hati, selektif, dan bijaksana dalam membeli atau mengkonsumsi sebuah produk. Kemasan Makanan dan Minuman.

Lebih baik mencegah daripada mengobati adalah kiat kuno yang masih efisien bagi masyarakat modern saat ini. Berikut kita akan mengenalkan informasi mengenai berbagai jenis kemasan makanan dan minuman berbahan plastik. Kemasan Makanan dan Minuman.

Macam Jenis Kemasan Makanan dan Minuman Dari Plastik

kemasan makanan dan minuman
Plastik bahan kemasan yang paling murah dan mayoritas digunakan industri kemasan makanan dan minuman. Adapun jenis jenis plastik diantaranya :

Polyethylene Terephthalate (PETE), simbol dari jenis plastik ini adalah angka satu dalam segitiga, penggunaan jenis plastik ini biasanya dibentuk menjadi botol transparan jernih dan kuat biasanya digunakan untuk produk minuman seperti air mineral, jus, dan soft drink. Kemasan Makanan dan Minuman..

High Density Polyethylene (HDPE), simbol dari jenis plastik ini adalah angka dua dalam segitiga, penggunaan jenis plastik ini biasanya dibentuk menjadi botol yang tidak transparan atau tidak tembus cahaya. Lebih kuat dan kaku daripada jenis PETE dan kelebihannya memiliki ketahanan pada kimia yang baik, jenis plastik ini biasanya digunakan untuk botol kemasan susu atau yoghurt. Bagi produk non pangan seperti shampoo dan deterjen juga menggunakan plastik jenis HDPE ini. Kemasan Makanan dan Minuman.

Polyvinyl Chloride (PVC), simbol dari plastik ini adalah angka tiga dalam segitiga, plastik jenis ini dilarang penggunaannya untuk makanan dan minuman karena terdapat kandungan Di(2-Ethylhexyl)Adipate (DEHA) yang apabila bersentuhan dengan makanan akan mengkontaminasinya dan berpotensi menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti ginjal dan hati. Kemasan Makanan dan Minuman.

Low Density Polyethylene (LDPE), simbol dari plastik ini adalah angka empat dalam segitiga, penggunaan jenis plastik ini biasanya dibentuk menjadi botol atau juga tempat makanan, warnanya biasanya sedikit transparan tidak terlalu bening dan sangat fleksibel atau agak lentur. Tuperware adalah salah satu brand yang memanfaatkan jenis plastik ini untuk membuat tempat makanan. Jenis plastik ini termasuk food grade atau aman sekali karena diolah dari minyak bumi dan yang paling baik adalah sifat resistance terhadap kimianya yang bagus. Kemasan Makanan dan Minuman.

Polypropylene (PP), simbol dari plastik ini adalah angka angka lima dalam segitiga, penggunaan jenis plastik ini banyak dilakukan pada industri makanan ringan karena bening transparan bagus untuk display produk selain dari ketahanan jenis plastik ini terhadap panas dan kimia yang baik. Kemasan Makanan dan Minuman.

Polystyrene (PS), simbol dari plastik ini adalah angka enam dalam segitiga, plastik jenis ini mengandung bahan styrene, salah satu produknya adalah Styrofoam, dan jenis ini berbahaya apabila bersentuhan dengan makanan karena berpotensi menimbulkan gangguan pada syaraf otak manusia. Kemasan Makanan dan Minuman.

Other, simbol dari plastik ini adalah angka tujuh dalam segitiga, plastik ini diolah dari beberapa macam resin atau kombinasi multi layer, macam produk jenis other yang baik digunakan untuk kemasan makanan dan minuman adalah jenis Styrene Acrylonitrile (SAN), Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS), dan Poliamida (NYLON).