Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Umbi Talas

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Umbi Talas

Talas memiliki macam macam jenis variannya beberapa jenis yang biasa dimakan adalah talas bogor, talas bentul, talas belitung, talas bali, talas kimpul, dan talas lompong sagu. Pada dasarnya semua umbi talas mengandung getah yang bisa membuat kita keracunan apabila tidak dihilangkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Umbi TalasCiri ciri orang terkena racun getah talas, lidah atau kerongkongan ketika memakan umbi talas ini akan terasa gatal. Tangan yang terkena getah saat mengolahnya pun bisa terasa seperti melepuh. Tapi, bagi masyarakat tradisional, itu adalah hal yang lumrah. Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Umbi Talas.

Hasil olahan umbi umbian jenis talas sangat bervariasi sebut saja beberapa contoh keripik talas, stik talas, dan cake talas. Talas juga bisa langsung dikonsumsi secara mudahnya dengan cara direbus, dikukus ataupun digoreng. Ada beberapa anggapan bahwa rasa khas talas itu terletak pada rasa gatal dimulut dan tenggorokan ketika kita memakan hasil olahan umbi talas tersebut. Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Umbi Talas.

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Umbi Talas

Untuk mengurangi kemungkinan adanya racun, umbi talasĀ  yang sudah dikupas dan dipotong-potong biasanya dicuci dan direndam hingga getahnya keluar. Pada umumnya masyarakat tradional menggunakan media garam untuk merendamnya, karena terbukti bisa menetralisasi toksin, begitulah cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas yang digunakan masyarakat dari dahulu.

Sebenarnya cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas yang digunakan sejak lama oleh masyarakat tradisional diatas sudah benar pada intinya. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas bisa diterangkan sebagai berikut, bahwa rasa gatal pada getah talas dikarenakan adanya suatu zat kimia yang disebut zat Kalsium Oksalat. Zat Kalsium Oksalat tidak menimbulkan gangguan serius pada tubuh manusia hanya meninggalkan rasa gatal ketika kita mengkonsumsinya, karena itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Kandungan zat Kalsium Oksalat pada umbi talas bisa dikurangi kadarnya dengan jalan melakukan pencucian secara bersih dan dengan banyak air, cara lain yaitu dengan perebusan atau pengukusan yang lebih intensif. Cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas yang lebih efektif yaitu melakukan perendaman pada air yang didalamnya telah dilarutkan garam (NaCl).

Tahap Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Umbi Talas Sebagai Berikut :

  • Kupas umbi talas dari kulit luarnya.
  • Cuci bersih umbi talas selama kurang lebih 5 atau 10 menit hingga bersih.
  • Siapkan air yang telah dilarutkan garam dengan kadar NaCl 1%.
  • Rendam umbi talas selama kurang lebih 20 menit lama waktu pengikatan zat NaCl terhadap zat Kalsium Oksalat.
  • Cuci kembali umbi talas dengan air bersih untuk menghilangkan garam mineral dan sisa endapan hasil pengikatan NaCl terhadap CaC2O4 yang masih menempel pada umbi talas, dan umbi talas sudah siap diolah.

Pencucian dan perendaman dengan air berfungsi untuk menghilangkan zat-zat pengotor dalam talas. Penurunan kadar oksalat terjadi karena reaksi antara natrium klorida (NaCl) dan kalsium oksalat (CaC2O4). Begitulah sedikit tips cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas, semoga bermanfaat.

Produk produk dari umbi talas bisa didapat di Aneka Keripik Malang, beberapa macam diantaranya adalah keripik talas dan stik talas. Beberapa jenis olahan umbi lain yang tersedia diantaranya keripik singkong, keripik ubi ungu, keripik ubi madu, keripik kentang dan keripik gadung. Aneka Keripik Malang melayani pembelian retail dan grosir bagi konsumen yang berminat untuk reseller produk Aneka Keripik Malang. Tips cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas.

One comment