Buah Pisang Dalam Ragam Jenis dan Manfaatnya

Buah Pisang Dalam Ragam Jenis dan Manfaatnya

Tanaman ini populasinya di Indonesia cukup besar tidak heran karena asal tanaman pisang ini adalah Asia Tenggara dimana Indonesia adalah salah satu dari penghasil buah pisang yang memiliki jenis species cukup banyak, penyebaran tanaman ini mencakup Madagaskar Afrika, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

Di pasar pasar tradisional berbagai jenis macam buah pisang bisa dijumpai seperti : Buah Pisang Ambon Kuning, Pisang Ambon Hijau, Pisang Raja, Pisang Mas, Pisang Lampung, Pisang Tanduk, Pisang Susu, Pisang Kepok Kuning, Pisang Kepok Putih, Pisang Nangka, Pisang Badak, Pisang Siam, Pisang Barangan, Pisang Putri dan lain lain.

Macam Jenis Species Buah Pisang

buah pisang

Dari sekian banyak macam species tanaman pisang sebenarnya dalam katagori utama terdiri dari tiga golongan besar yaitu :

  1. Pisang Serat yaitu tanaman pisang yang tidak dimakan buahnya melainkan diambil seratnya untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan kain atau bahan baku pembuatan kertas. Ada dua jenis species pisang di katagori ini yaitu Pisang Manila dan Pisang Abaca.
  • Pisang Manila, berdasarkan namanya diperkirakan berasal dari daerah Filipina, pada awalnya penduduk suku dari daerah Filipina memanfaatkan tanaman Pisang Manila untuk dipakai sebagai bahan baku pembuatan kain sebab itu Pisang Manila disebut sebagai “Musa Textilis”. Serat dari Pisang Manila memang cukup kuat dan tahan terhadap air tawar juga air laut, serat dari Pisang Manila bagus untuk digunakan sebagai bahan pembuatan tali tambang.
  • Pisang Abaca berbeda dengan Pisang Manila dimana seratnya bagus untuk pembuatan bahan baku kertas dokumen, kertas uang, kertas cek, dan kertas untuk pembungkus teh celup.
  1. Pisang Hias sesuai dengan namanya tanaman ini hanya bisa digunakan sebagai tanaman penghias kebun atau taman. Dalam katagori pisang hias ditemukan dua macam species yaitu Pisang Kipas dan Pisang Pisangan.
  • Pisang Kipas memang bentuknya indah menyerupai kipas, diperkirakan tanaman ini berasal dari daerah Madagaskar Afrika.
  • Pisang Pisangan tumbuhnya berumpun seperti bambu dengan batang yang semu dan berukuran kecil kecil sehingga cantik apabila digunakan sebagai tanaman penghias taman.
  1. Pisang Buah, sudah tidak asing lagi bagi setiap orang, jenis pisang buah memiliki varian cukup banyak terdapat beredar di pasar dan market mewah. Katagori Pisang Buah sebenarnya masih terbagi dalam empat kelompok besar lagi yaitu :
  • Buah pisang yang bisa dimakan setelah buahnya masak, diantaranya Pisang Mas, Pisang Hijau, dan Pisang Susu.
  • Buah pisang yang dapat dimakan setelah diolah terlebih dahulu, diantaranya Pisang Kapas, Pisang Uli, dan Pisang Tanduk.
  • Buah pisang yang dapat dimakan setelah matang atau setelah diolah dahulu, diantaranya Pisang Kepok dan Pisang Raja.
  • Buah pisang yang dapat dimanfaatkan ketika masih muda, jenis yang ditemukan adalah Pisang Klutuk atau Pisang Batu, jenis ini bisa juga disebut pisang berbiji.

Kandungan dan Manfaat Buah Pisang

Peranan buah pisang sebagai bahan pangan sangat penting sebagai asupan gizi dan nutrisi untuk menunjang kesehatan manusia disamping sebagai asupan sumber energi, berikut kandungan dalam buah pisang dan manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh kita.

  • Vitamin B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), dan B6 : Berguna untuk pembentukan sel darah merah, mengurangi stress dan Antioksidan yang cukup baik bagi tubuh.
  • Vitamin C : Berguna untuk menjaga stamina, mempercepat penyembuhan luka dan anti infeksi.
  • Vitamin A, E, dan K : Berguna untuk penglihatan, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembekuan darah, memperkuat tulang dan yang paling penting peran dari gabungan ketiga vitamin ini bisa mencegah kanker.
  • Kalium dan Magnesium : Berguna menstabilkan tekanan darah yang bermanfaat dalam melindungi jantung.
  • Kalsium : Berguna untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang serta gigi.
  • Protease Inhibitor : Berguna melindungi sistim pencernaan dari bakteri berbahaya yang menyebabkan gangguan perut.
  • Fructooligosaccharides : Berguna sebagai prebiotik yang merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan.
  • Karotenoid : Merupakan Antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit.
  • Karbohidrat : Jenis Karbohidrat pada buah pisang termasuk jenis yang sangat mudah dicerna oleh tubuh daripada jenis buah lain. Karbohidrat buah pisang sebagai asupan sumber energi yang baik.
  • Mineral lain : Besi, Fosfor, Seng, Tembaga, Mangan, Selenium, dan Fluorida terdapat dalam buah pisang, masing masing mineral tersebut berguna membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.