KERIPIK BEKICOT

Keripik Bekicot (Escargot Chips)

Bekicot, binatang Moluska ini populasinya di Indonesia cukup banyak ditemui disetiap tempat, binatang ini memiliki dua jenis species berdasarkan tempat hidupnya yaitu bekicot yang habitatnya di kebun atau pekarangan dan bekicot yang habitatnya ada di sawah. Dari dua macam jenis bekicot tersebut yang paling berbahaya untuk dikonsumsi adalah bekicot sawah atau yang dikenal sebagai keong mas atau nama lainnya tutut, sedangkan bekicot pekarangan lebih banyak dimanfaatkan menjadi makanan karena tidak berbahaya untuk dikonsumsi dengan catatan dalam mengolahnya harus benar benar bersih dan matang.

Binatang bekicot di beberapa Negara maju sangat ditakuti membawa parasit yang membahayakan bagi kesehatan manusia tetapi ada juga Negara yang menjadikan bekicot ini sebagai makanan yang memiliki kelas karena gizinya contohnya makanan Escargot dan keripik bekicot.

Bekicot di dunia kuliner bagi masyarakat Indonesia bukan hal yang asing lagi karena binatang ini ketika jaman penjajahan jepang menjadi salah satu makanan alternatif masyarakat untuk bertahan hidup karena kemiskinan.

Jaman sekarang sudah mulai berbeda anggapan akan bekicot sebagai makanan orang miskin, sehubungan dengan bertambah majunya ilmu pengetahuan gizi dan kesehatan maka bisa diuraikanlah kandungan kandungan zat dalam daging bekicot yang ternyata banyak membawa manfaat bagi pengkonsumsinya.

Terlepas dari konsep haram dan hallal nya bekicot menurut pendapat orang, kuliner dari binatang Moluska ini mulai dicari oleh orang yang membutuhkan manfaatnya. Jaman sekarang memang tidak mudah lagi menemukan binatang bekicot terutama di daerah perkotaan karena populasinya mulai tergeser karena lahan pekarangan atau kebun yang telah berubah menjadi pemukiman padat, lain hal dengan daerah pedesaan dimana masih bisa ditemukan binatang bekicot dengan mudah.

Walaupun bekicot sudah lama dikenal masyarakat tetapi tidak banyak juga yang bisa memanfaatkan atau mengolahnya menjadi makanan karena untuk memasaknya dibutuhkan pengetahuan agar bisa menjadikan daging bekicot aman untuk dikonsumsi.

Keripik Bekicot Produksi Aneka Keripik Malang

Keripik Bekicot
Aneka Keripik Malang yang dikenal sebagai produsen makanan ringan kali ini dengan bahan baku bekicot menyajikan keripik bekicot. Bahan baku bekicot segar dipilih secara selektif untuk  mendapatkan hasil Keripik Bekicot yang berkwalitas dari rasa maupun Nutrisinya.

Pengolahan keripik bekicot dilakukan secara tradisionil dan ditangani oleh para ahli yang sudah lama berkecimpung dalam pengolahan daging bekicot. Dalam proses mengolah keripik bekicot selalu diperhatikan aspek kebersihan dan kehigienisan agar keripik bekicot aman untuk dikonsumsi serta manfaat nutrisi dan gizinya bisa dirasakan juga.

Keripik bekicot terbungkus rapi dalam kemasan ekonomis plastik Polypropylene dengan ketebalan 0,10 mm, sehingga tidak mudah terjadi kebocoran kemasan yang dapat menimbulkan keripik bekicot menjadi lembab dan tidak renyah serta dengan pemakaian kemasan yang baik dan benar maka daya tahan produk bisa mencapai maksimal 6 bulan dari masa produksinya dengan catatan kemasan rapat tidak bocor dan disimpan pada suhu ruangan normal. Aneka Keripik Malang menawarkan produk keripik bekicot dalam kemasan ekonomis dengan berat produk 100 gram.

Keripik bekicot selain tersedia dalam kemasan plastik ekonomis juga tersedia keripik bekicot dalam bentuk loss atau curah (kemasan 5kg). Untuk memenuhi kebutuhan pasar terutama bagi reseller, grosir atau distributor yang berminat melakukan repacking (kemas ulang) untuk semua produk Aneka Keripik Malang. Pembelian dalam bentuk loss atau curah telah ditentukan, lihat di “Daftar Harga Grosir Untuk Loss“.

Komposisi Keripik Bekicot :

Bahan bahan baku untuk pembuatan keripik bekicot terdiri dari beberapa bahan bahan baku pilihan terbaik terutama untuk bahan baku dasarnya yaitu bekicot.

  • Bekicot Segar Pilihan
  • Air Kapur Sirih
  • Bawang Putih
  • Bumbu Rempah Rempah
  • Garam
  • Minyak Nabati

Cara dan sistem pemesanan pembelian dan pembayaran sekaligus pengiriman barang telah diatur untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Pembayaran. Untuk data harga terbagi dalam tiga katagori yaitu pembelian untuk retail, pembelian untuk grosir, dan pembelian untuk loss atau curah. Setiap katagori pembelian telah diatur, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Daftar Harga Keripik Bekicot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *