Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh

Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh

Labu kuning atau disebut juga waluh dalam bahasa Inggrisnya “Pumpkin” sudah sangat populer dan dikenal oleh masyarakat umum terlebih pada saat perayaan hari “Hallowen” di belahan dunia barat, pumpkin menjadi lambang atau icon utamanya. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

kripik labu kuningDari ketenaran buah labu kuning ini apakah Anda tahu macam macam pemanfaatannya dalam kuliner? Secara umum pada masyarakat kita pengolahan dasar labu kuning memang tidak terlalu bervariatif, direbus kemudian langsung dimakan, dicampur pada kolak, atau dibuat menjadi jenang adalah hal yang biasa dilakukan dalam penggunaan labu kuning pada kuliner. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Dari kurangnya inovasi pengolahan labu kuning tersebut membuat keberadaan labu kuning tersisihkan serta murah harganya dipasaran. Munculnya ide untuk kreasi pada makanan dengan memanfaatkan labu kuning sebagai bahan baku campuran mulai ada seperti bolu labu kuning, kue mangkok labu kuning, talam labu kuning, cake labu kuning dan lain lain adalah salah satu upaya yang baik dalam mengangkat kembali hasil pertanian labu kuning yang melimpah namun terabaikan. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Memang jenis jenis kuliner dengan bahan labu kuning yang disebut di atas masih menggunakan komposisi labu kuning hanya sebagai bahan tambahan bukan bahan utama sehingga kemaksimalan pemanfaatan labu kuning saya rasa masih sangat kurang di bidang kuliner Indonesia. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Manfaat dan Gizi Labu Kuning

Labu kuning adalah makanan yang mengandung Karbohidrat, Kalori, Lemak, Protein, Mineral diantaranya Kalsium, Tembaga, Fosfor, Kalium, Besi, Natrium, dan Zinc. Kandungan lain diantaranya Beta Karoten, Tiamin, Niasin, Serat, dan Vitamin C. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Paling banyak kandungan nutrisi labu kuning adalah pada Beta-Karoten yang merupakan Pro-Vitamin A, perlu diketahui bahwa Pro-Vitamin A adalah zat dasar yang akan dirubah tubuh menjadi Vitamin A. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Zat-zat diatas berguna bagi nutrisi tubuh diantaranya Vitamin A berguna menjaga kesehatan mata. Asupan Vitamin A, C, dan Zinc berguna bagi nutrisi kulit dan bisa mencegah penuaan dini. Zat Kalium berguna menekan timbulnya Hipertensi. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Serat secara umum memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit, dengan pencernaan yang baik maka kecil terjadinya penimbunan Kolesterol jahat dalam tubuh. Beberapa mineral seperti Kalsium, Fosfor, dan Magnesium berguna juga bagi tubuh untuk memperkuat masa tulang. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Labu kaya akan Antioksidan Beta-Karoten, yang juga bertindak sebagai Zat Anti-Inflamasi. Makan labu secara teratur bisa mencegah pengendapan Kolesterol pada dinding Arteri, hal ini berguna dalam mengurangi risiko Stroke. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Bagi kekebalan tubuh dan sistem reproduksi labu kuning juga merupakan pilihan baik untuk dikonsumsi setiap harinya.

Catatan diatas adalah sebagian kecil dari penjabaran dari manfaat labu bagi kesehatan kita, maka setelah Anda tahu akan manfaat labu kuning maka tidak ada ruginya jika Anda menyelipkan menu labu kuning pada makanan sehari hari Anda. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Keripik Labu Kuning Inovasi Baru Pada Makanan Ringan


Keripik Labu KuningKeripik labu kuning atau keripik waluh memang diolah dengan komposisi utama dari labu kuning tanpa pencampuran bahan tambahan lain. Produk ini memang cukup langka karena jarang yang memproduksinya namun Anda bisa mendapatkannya di Aneka Keripik Malang. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Tampilan keripik labu kuning cukup menarik tipis renyah berwarna original labu yaitu kuning tua mendekati orange, cita rasa keripik labu kuning gurih agak sedikit manis rasa asli buah labu kuning. Keripik Labu Kuning | Keripik Waluh.

Pembuatan Makanan Ringan Keripik Labu Kuning

Secara garis besar pembuatan keripik labu kuning atau keripik waluh dibuat dari labu kuning yang telah matang, dimana labu dikupas dahulu dari kulitnya kemudian dirajang dengan ketebalan sekitar 5 hingga 7 milimeter. Proses penggorengan keripik labu kuning ini tidak dilakukan secara tradisional melainkan dengan menggunakan mesin penggoreng keripik buah Vacuum Frying agar bisa menghasilkan produk keripik labu kuning atau keripik waluh yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *