Pie Apel dari Apel Malang

Pie Apel dari Apel Malang

Pie apel salah satu dari jenis pemanfaatan hasil buah apel menjadi makanan olahan yang lezat seperti halnya keripik apel, dodol apel, sari apel dan lain macam makanan olahan buah apel.

pie apel malangMakanan pie apel populer bagi masyarakat Amerika dan Eropah, pengertian pie sendiri adalah kulit kue kering, untuk isinya bisa beragam jenis, salah satu contoh pie apel berati buah apel yang dibungkus dalam kue kering (pie), tentu saja buah apel tersebut tidak dalam kondisi mentah dimasukkan dalam pie, melainkan dimasak dahulu sampai menyerupai selai.

Kue pie memiliki jenis isi yang banyak variasinya karena dalam aplikasi pembuatan pie semua bahan bisa digunakan sebagai isi yang menjadikan kue pie tersebut memiliki cita rasa sesuai bahan yang dipakai sebagai pengisi pie adapun ragam jenis isi pie diantaranya buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan susu.

Sejarah Pengolahan Pie Apel


Tidak begitu jelas asal mula makanan pie ditemukan karena sejak jaman Mesir Kuno dan Romawi, pie digunakan sebagai pembungkus daging agar tidak mudah membusuk, adapun bahan yang digunakan adalah tepung terigu, telur, lemak hewan dan bahan bahan lain yang menjadikan kulit pie sangat padat dan cukup keras untuk melindungi daging yang ada didalamnya.

Seiring perkembangan jaman perubahan terhadap pembuatan pie semakin berbeda dimana pada awalnya fungsi pie hanya dibuat untuk melindungi bahan makanan berubah fungsi dimana kulit pie diolah agar bisa dimakan beserta bahan yang ada didalamnya.

Dalam sejarah perkembangan pie di Eropah dan Inggris pie menjadi makanan utama pada saat itu dan pie lebih didominasi dengan gabungan daging sebagai pengisi kulit pie, dengan kemajuan peradaban kuliner tranformasi pie dengan berbagai macam jenis buah buahan mulai bermunculan dimana salah satu yang paling terkenal adalah pie apel.

Perkembangan sejarah kue pie apel tidak hanya sampai di benua Eropah dan Amerika saja melainkan hingga sampai di Hongkong yang mana dalam sejarah makanan dari Negara ini muncul jenis olahan pie susu yang mengadaptasi Tart Custard dari Inggris. Tidak berhenti hanya pada jenis pie susu saja yang muncul dari Hongkong ada juga pie madu telur, pie putih telur, pie coklat, pie green tea dan pie jahe.

Bahan bahan Pembuat Pie Apel

Bentuk kue pie pada umumnya seperti mangkok besar kulit luarnya kemudian ditengah kulit terdapat isi, volume pie pada umumnya sebesar piring makan namun pie apel yang diperkenalkan Aneka Keripik Malang ini berbentuk pie apel mini dimana besarnya lingkaran hanya sebesar lingkaran gelas rata rata.

pie apel, pai apelIsi pie apel yang digunakan adalah buah apel manalagi dan buah apel romebeauty yang telah diolah bersama dengan gula dan tepung maizena, adapun buah apel telah dipotong sebesar biji dadu sebelum dimasak bersama bahan diatas.

Untuk pembuatan kulit pie apel digunakan bahan bahan seperti tepung terigu, gula, mentega, dan telur. Dari bahan tersebut dibuat adonan kemudian dicetak seperti mangkok kecil bersama isi pie apel dipanggang pada oven hingga matang.

Cita rasa pie apel manis dan gurih dengan rasa khas apel Malang yang sangat lezat ketika dimakan serta cocok digunakan sebagai oleh oleh. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Kota Malang bisa mengagendakan untuk mencicipi pie apel, ataupun bagi tidak sempat berkunjung bisa melakukan pemesanan pie apel di Aneka Keripik Malang ini.

One response to “Pie Apel dari Apel Malang

  1. pie apel ini, murni apel atau atau ada campuran bahan lain mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *