Kripik Singkong Renyah dan Cara Pembuatan

Kripik Singkong Renyah dan Cara Pembuatan

Kripik singkong renyah sebuah bentuk kreasi camilan dari umbi singkong yang dikenal sangat memasyarakat keberadaannya, tekstur camilan yang renyah rasa lezat dengan kreasi gurih, manis atau pedas disuka oleh anak anak, dewasa ataupun orang tua. Makanan ringan kripik singkong renyah dikenal oleh masyarakat Indonesia semenjak generasi terdahulu, tidak diketahui pasti bagaimana sejarah awal dibuatnya makanan ringan ini namun yang bisa dipastikan adalah keberadaan tanaman singkong di Indonesia mudah didapatkan diberbagai daerah. Kripik singkong renyah.
kripik singkong renyah

Kripik Singkong Renyah Harga Murah dan Bergizi

Indonesia sebagai negara dengan keadaan iklim tropis memiliki keanekaragaman jenis tanaman yang lebih bervariasi, mulai dari tanaman hias, tanaman obat obatan, dan tanaman pangan yang salah saju jenisnya adalah umbi singkong sebagai bahan baku kripik singkong renyah. Umbi singkong dikenal sebagai tanaman yang mudah sekali untuk ditanam hanya dari potongan batang tanaman singkong kita sudah bisa mengembang biakkannya, apalagi didukung Indonesia yang memiliki struktur tanah subur sehingga tak heran apabila di berbagai pelosok daerah keberadaan umbi singkong sangat mudah didapati. Kripik singkong renyah.

Harga umbi singkong yang relatif murah juga terjangkau oleh penduduk lapisan bawah telah menjadikan jenis tanaman pangan ini menjadi sumber pangan alternatif bahkan utama di beberapa daerah terpencil yang harga beras tidak terjangkau oleh masyarakatnya. Salah satu dari sumber karbohidrat yang baik selain beras namun disayangkan di daerah perkotaan umbi singkong masih belum menjadi pilihan masyarakat sebagai alternatif sumber pangan, namun hasil kreasi olahan singkong menjadi bentuk kuliner baru seperti kripik singkong renyah sudah familier sekali. Kripik singkong renyah.

Singkong Vs nasi dari kedua bahan pangan tersebut kira kira mana yang terbaik? Menurut penelitian para ahli nutrisi keduanya memang baik namun kandungan kalori dan protein nasi masih lebih tinggi daripada singkong, namun pada nasi tidak didapati kandungan serat seperti pada singkong yang memiliki serat dan kandungan kalium yang tinggi. Kripik singkong renyah.

Dalam pengkonsumsian antara nasi atau singkong setiap hari bisa dipastikan tingkat keamanan ada pada singkong daripada nasi dengan alasan tingginya asupan kalori apabila tidak seimbang dengan jumlah aktifitas keseharian bisa menyebabkan penumpukan kadar gula penyebab Diabetes serta rendahnya jumlah serat makanan bisa menyebabkan penumpukan Kolesterol jahat karena kurang baiknya pencernaan. Sebenarnya hanya cukup alasan ini saja kita tidak boleh memandang rendah terhadap bahan pangan singkong yang yang dianggap masyarakat bukan untuk kalangan atas.

Macam Jenis Kripik Singkong Renyah

Pengolahan bahan pangan singkong menjadi bentuk kuliner yang inovatif selalu berkembang dari tahun ke tahun bahkan kebutuhan singkong untuk bahan baku tepung singkong selalu naik karena industri makanan ringan kerupuk juga lagi naik daun sekarang, terkait dengan makanan ringan kripik singkong renyah telah lama dikenal masyarakat bahkan saat ini semakin populer dengan bermacam macam kreasi kemasan dan rasa yang dibuat untuk meramaikan pasar kuliner.

Pada awalnya kripik singkong renyah dikenal hanya dengan dua jenis macam rasa yaitu asin gurih dan rasa manis dengan taburan gula bubuk saja, kemudian mulai muncul jenis baru kripik singkong renyah dengan bumbu pedas balado yang mampu menarik minat konsumen untuk mencoba kreasi baru tersebut. Saat ini cita rasa kreasi kripik singkong renyah semakin lebih bervariasi jenisnya sebut saja rasa keju, rasa barbeque, rasa udang, rasa rumput laut sampai rasa kopi Moccacino pun juga ada, dari sisi kemasan juga dibuat lebih ekslusif sehingga pangsa pasarnya pun bisa naik peringkat menjadi makanan ringan kelas atas.

Dengan munculnya kreasi inovasi pengolahan umbi singkong menjadi bentuk kuliner baru secara tidak langsung kita telah membantu mengupayakan Diversifikasi bahan pangan pokok masyarakat yang telah lama dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia dalam usaha mengatasi krisis bahan pangan Nasional.

Cara Membuat Kripik Singkong Renyah


Industri makanan ringan kripik singkong renyah sebagian besar tumbuh dari Industri kecil masyarakat, berbagai jenis faktor kemudahan dalam hal bahan baku, kemudahan prosedur proses pengolahan, dan harga peralatan yang relatif murah menyebabkan usaha kripik singkong renyah bisa dilakukan oleh siapa saja yang berminat, sedangkan mengenai kesuksesan dalam usaha ini tergantung pada keuletan dari masing masing pengusahanya.

Apabila membicarakan mengenai proses pembuatan kripik singkong renyah memang tidak rumit di segmen awal kita harus bisa memilih bahan baku singkong dari bibit yang baik juga sehat, tidak terlalu lama dari masa panennya atau lebih baik yang masih baru dicabut dari tanah, dan faktor penting juga adalah umur tanam dari umbi singkong yang tepat, perihal pemilihan umbi singkong ini harus diprioritaskan paling utama karena point ini menentukan hasil kripik singkong bisa renyah atau malah sebaliknya tambah keras ketika dimakan.

Dari proses pemilihan bahan baku kripik singkong renyah masuk pada proses pengupasan, alat yang dipakai sederhana saja yaitu pisau dapur, berlanjut ke proses selanjutnya pembersihan dengan air bersih mengalir hingga kotoran lepas semua. Perajangan singkong menjadi bentuk tipis bisa dilakukan dengan alat perajang kripik manual tradisional atau juga bisa menggunakan mesin perajang kripik.

Setelah dirajang tipis maka langkah perendaman pada bumbu bisa dilakukan ataupun bisa juga tidak dilakukan apabila hasil yang diinginkan adalah kripik singkong renyah tawar. Bumbu yang dipakai tergantung dari resep masing masing rumah produksi atau memakai bumbu dasar garam dan bawang saja.

Setelah melalui proses perendaman pada bumbu maka perlu disiapkan minyak goreng yang telah dipanasi dalam wadah penggorengan untuk mengeringkan kripik singkong renyah sampai matang benar. Tiriskan kripik singkong renyah yang telah matang hingga kering dan dingin, kemudian lakukan pengepakan yang baik dan makanan ringan kripik singkong renyah siap untuk dipasarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *