Kripik Pisang Raja

Kripik Pisang Raja

Kripik pisang jajanan model lama namun masih tetap disuka terutama oleh para orang tua jajanan ini menjadi camilan memori masa lalu ketika masih belum banyak jenis makanan ringan yang dijual oleh para pedagang makanan. Kripik pisang pada masa dulu memang sangat populer camilan ini menjadi salah satu tradisi makanan rakyat bahkan ketika lebaran datang hampir setiap rumah tangga menyediakan kripik pisang sebagai suguhan bagi para tamu. Rasa manis dan rasa asin gurih dua kreasi cita rasa yang kerap disajikan dalam pengolahan kripik pisang tempo dulu.

kripik pisang rajaKripik pisang camilan pilihan yang tepat bagi keluarga karena alasan aman untuk dikonsumsi siapa saja dan nilai plus lainnya adalah gizi yang terkandung didalam buah pisang baik bagi kesehatan. Pengolahan camilan kripik pisang dikatagorikan tradisional tanpa ada pemakaian kimia di dalamnya sehingga keamanan kesehatan pengkonsumsinya bisa dijamin tidak menimbulkan efek samping selain perut kenyang.

Katagori Jenis Pisang

Pembuatan kripik pisang bisa dikatakan cukup mudah, namun hal pertama yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan baku pisang harus tepat agar hasilnya baik. Sebaiknya perlu diketahui bahwa buah pisang terbagi dari dua katagori besar berdasarkan cara konsumsinya yaitu pisang meja atau siap saji “Dessert Banana” dan pisang olahan “Cooking Banana”. Untuk jenis “Dessert Banana” adalah jenis pisang yang langsung dimakan ketika sudah matang dari tanamannya tanpa melalui prosedur pengolahan, jenis “Cooking Banana” kebalikannya yaitu penyajiannya lebih enak apabila diolah menjadi makanan matang seperti contoh kolak pisang, pisang goreng, pisang rebus, nagasari, pisang molen, pisang bakar dan kripik pisang.

Desert Banana tidak akan enak dimakan apabila digunakan sebagai bahan baku makanan olahan, contoh yang termasuk katagori ini adalah pisang ambon, pisang susu, pisang hijau, pisang seribu dan pisang sunripe. Sama halnya dengan jenis Cooking Banana yang kurang begitu enak dimakan dalam kondisi segar dari tanamannya walaupun sudah matang, jenis katagori ini akan lebih tampil cita rasanya apabila diolah dahulu menjadi makanan matang, adapun contoh pisang jenis ini diantaranya pisang kepok, pisang siam, pisang kapas, pisang tanduk, pisang raja dan pisang uli.

Pemilihan Buah Pisang Untuk Kripik Pisang


Pengolahan kripik pisang secara tradisional tempo dulu bahkan saat ini masih sama dalam hal teknisnya, pemilihan pisang secara umum yang banyak dipakai dari jenis pisang raja atau juga pisang kepok. Pisang yang bisa digunakan sebagai bahan baku kripik pisang adalah yang masih muda atau belum matang, alasannya apabila terlalu matang maka hasilnya akan cenderung gosong mengkerut bahkan tidak bisa mengering dengan baik hal terburuk lainnya rasa kripik bisa pahit.

Penggunaan pisang yang masih muda memang berpengaruh pada rasa yang tidak manis untuk itu pada pengolahan kripik pisang tradisional pasti ada penambahan gula pasir yang dibentuk salut pada sekeliling permukaan kripik pisang, lebih mudah lagi untuk teknis pembuatan jenis kripik pisang gurih hanya menambahkan garam pada kripik pisang yang telah matang.

Pengolahan Kripik Pisang Dengan Menggunakan Mesin

Saat ini pengolahan kripik pisang tidak hanya dilakukan secara tradisional saja, pola pengolahan dengan menggunakan mesin pengering buah juga bisa membuat jenis makanan ringan kripik pisang tampil beda, pada jenis pengolahan ini buah pisang yang dipakai bahan baku sudah tidak berasal dari pisang muda melainkan pisang matang yang manis sehingga keunggulan hasil akhir dari kripik pisang bisa lebih renyah empuk serta cita rasa manis original buah pisang bisa dirasakan, jenis kripik pisang yang satu ini dinamakan kripik pisang madu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *