Keripik Bekicot dan Cara Pengolahannya

Keripik Bekicot dan Cara Pengolahannya

Bekicot atau siput panggilan dari binatang Moluska ini, hidup liar di mana saja terutama di daerah yang memiliki kelembapan udara tinggi seperti pinggir sungai, hutan, ladang dan kebun bahkan ditembok tembok luar rumah pun bisa kita jumpai populasi bekicot terlebih diwaktu musim penghujan perkembang biakannya sangat cepat tak heran apabila binatang ini dimasukkan dalam katagori spesies invasif. Keripik Bekicot.

keripik bekicotWalaupun spesies bekicot dianggap sebagai pembawa parasit namun dengan teknik pengolahan yang benar maka binatang Moluska ini bisa diolah menjadi berbagai jenis kuliner lezat juga tidak berbahaya malah membawa berbagai manfaat bagi peng konsumsi nya. Keripik Bekicot.

Secara umum bekicot sering diolah menjadi keripik bekicot, sate bekicot, krengsengan bekicot dan gulai bekicot, rasanya cukup enak terutama apabila disuguhkan dalam cita rasa pedas pada bumbunya. Keripik Bekicot.

Cara Membersihkan Daging Bekicot Untuk Bahan Baku Keripik Bekicot

Pola perlakuan dalam mengubah binatang bekicot menjadi jenis makanan olahan khususnya keripik bekicot diperlukan keutamaan dalam kebersihan penanganannya, pemilihan bekicot harus benar benar dalam kondisi segar dan masih hidup, jangan gunakan bekicot yang sudah mati dalam cangkangnya karena memiliki kemungkinan dagingnya sudah membusuk dan tidak sehat apabila dikonsumsi.

Kumpulkan bekicot dalam satu wadah besar dan jangan diberi makanan paling tidak selama dua hari kemudian lakukan penyiraman secara berkala dengan tujuan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap, mengurangi lendir yang ada pada daging serta memicu bekicot untuk mengeluarkan kotoran dari dalam perutnya. Keripik Bekicot.

Pada tahapan pengolahan bekicot menjadi kuliner keripik bekicot selanjutnya adalah perendaman bekicot pada air yang telah dicampur garam serta cuka selama kurang lebih sepuluh menit, sembari merendam aduk aduk bekicot dalam air garam cuka tersebut kemudian buang air rendaman ganti dengan air rendaman baru sampai beberapa kali hingga dirasa air rendaman menjadi bersih ketika diaduk. Keripik Bekicot.

Dari proses pembersihan perendaman disusul dengan proses perebusan yang pertama, bekicot bersama cangkangnya dimasukkan dalam air mendidih selama kira kira lima belas menit sembari dibollak balik kemudian dinginkan. Setelah dirasa dingin pisahkan daging bekicot dari cangkang kemudian bersihkan isi perut dari sisa kotoran dengan cara membelah perut bekicot dan dicuci pada air mengalir hingga bersih benar. Keripik Bekicot.

Setelah dirasa bersih tahap berlanjut pada proses perendaman air yang telah dicampur cuka selama kurang lebih lima belas menit sebelum masuk tahap perebusan yang kedua selama kurang lebih lima belas menit juga. Lakukan tahap pencucian ulang agar meyakinkan bahwa bekicot sudah benar benar bersih. Sampai disini tahap pembersihan bekicot sudah selesai tinggal memasuki tahap pengolahan menjadi makanan ringan keripik bekicot.

Pengolahan Keripik Bekicot

Siapkan bumbu sesuai selera, contoh bumbunya antara lain bawang putih, kemiri, ketumbar, rimpang jahe, daun jeruk purut, asam, garam dan penyedap rasa, untuk jumlah dan komposisinya menyesuaikan banyaknya bekicot yang akan diolah menjadi keripik bekicot.

Rendam daging bekicot pada campuran bumbu tersebut sampai dirasa sudah merasuk kemudian jemur dibawah terik matahari hingga kering benar, usahan sekali jemur sudah langsung kering agar hasil produksi keripik bekicot bisa mengembang bagus.

Tahap terakhir adalah menggoreng bekicot pada minyak sawit hingga kering kemudian tiriskan dinginkan dan keripik bekicot bisa langsung dikonsumsi. Mudah sekaligus rumit cara pengolahannya, bagi Anda yang ingin menikmati camilan keripik bekicot tanpa ribet harus mencari bekicot dan memasaknya bisa pesan pada layanan pemesanan Aneka Keripik Malang.

One response to “Keripik Bekicot dan Cara Pengolahannya

  1. jarang banget ketemu keripik begiini. kira-kira rasanya gimana yaa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *