Keripik Pepaya Inovasi Kuliner dari Buah Pepaya

Keripik Pepaya Inovasi Kuliner dari Buah Pepaya

Jarang terpikir bahwa buah segar pepaya akan berubah tampilannya menjadi makanan ringan keripik pepaya, memang tekstur buah pepaya lebih banyak mengandung air sehingga lebih lezat dan segar apabila dipadukan dengan minuman segar seperti olahan es campur, es buah, salad buah, manisan atau yang lainnya. Pengolahan buah pepaya menjadi bentuk makanan kuliner mungkin hanya sebatas menjadi campuran rujak buah, karena memang tidak banyak orang yang terpikir untuk mengolah buah yang kaya serat ini menjadi jenis makanan baru terlebih mengubahnya untuk menjadi jenis camilan atau makanan ringan seperti keripik pepaya dari Aneka Keripik Malang ini.
keripik pepaya, kripik pepaya

Bahan Pembuatan Keripik Pepaya

Adapun sekilas mengenai produk keripik pepaya ini memang diolah dari bahan baku buah pepaya segar dan matang tanpa ada penambahan komposisi bahan lain hanya minyak goreng saja sebagai media pengeringnya sehingga tekstur dari daging buah pepaya kering ini bisa benar benar dirasakan bagi para penggemar snack.

Cara Membuat Keripik Pepaya


Cara pembuatan keripik pepaya ini sebenarnya sangat mudah dan tidak sulit untuk dipraktekkan siapa saja akan saya terangkan sekilas mengenai cara pengolahan keripik pepaya dari bahan baku buah segar pepaya adalah sebagai berikut. Buah pepaya bisa dipilih dari berbagai jenis varian terserah selera tapi menurut saya lebih bagus yang dagingnya berwarna merah seperti pepaya bangkok atau pepaya california karena tampilannya segar juga bagus. Jangan gunakan buah pepaya yang terlalu matang atau sudah bonyok karena hasil penggorengan buahnya akan menjadi kecil dan keriput sehingga tampilan keripik pepaya ini akan jelek juga kemungkinan susah kering dan gosong akan terjadi pada proses pemanasan keripik pepaya.

Dari pemilihan buah yang bagus sebagai bahan baku proses produksi keripik pepaya berlanjut pada tahap pengupasan buah pepaya sampai pembuangan biji biji pepaya hingga bersih. Tahap selanjutnya adalah pencucian pada air bersih berlanjut pada proses perajangan, bentuk pengirisan terserah sesuai selera bisa memanjang vertikal, setengah lingkaran, atau satu lingkaran penuh menyerupai donat juga bagus ketebalan pengirisan kurang lebihnya lima milimeter.

Dalam bentuk irisan kecil tipis tersebut buah pepaya yang akan diolah jadi keripik pepaya dimasukkan pada mesin pendingin Freezer selama kurang lebihnya 24 jam sebelum masuk pada tahap pengeringan. Siapkan mesin vacuum frying yang telah diisi minyak goreng sawit sesuai kapasitas masing masing mesin, masukkan irisan buah pepaya dingin tersebut pada mesin penggoreng dan goreng pada suhu rendah sekitar delapan puluh lima derajat celcius untuk mendapatkan hasil keripik pepaya yang baik kering dan tidak gosong.

Setelah dilihat keripik pepaya terasa sudah kering maka angkat keripik pepaya dari penggorengan kemudian tiriskan pada mesin pemisah minyak atau spinner, dan proses pengolahan buah pepaya menjadi keripik pepaya telah selesai. Keripik pepaya siap disajikan atau bisa juga disimpan pada packing agar bisa awet tahan lama, ada baiknya digunakan packing berbahan aluminium foil karena bisa memberikan ketahanan produk dalam jangka waktu yang panjang daripada packing berbahan baku plastik.

Peluang Usaha Keripik Pepaya

Buah pepaya memiliki nutrisi cukup baik bagi kesehatan tubuh vitamin A, B, dan C bisa menjadi manfaat selain dari seratnya yang paling baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, bahkan di Negara Jepang me-mitos-kan buah pepaya menjadi buah awet muda, sehingga sampai sekarang buah pepaya di Jepang menjadi buah yang terpopuler bagi masyarakat disitu, hal ini membuka peluang besar bagi komoditi keripik pepaya di Negara Jepang bagi Anda yang berminat bisnis di bidang eksport import.

3 responses to “Keripik Pepaya Inovasi Kuliner dari Buah Pepaya

  1. Kalau sudah diolah menjadi keripik, apakah kandungan vitamin dan zat lain dari pepaya masih tetap ada? mengingat pembuatan keripik melalui berbagai proses, mulai dari penyimpanan dalam freezer, pengeringan hingga penggorengan.

  2. Kami ingin buka usaha keripik pepaya, untuk itu kami minta proposal anggaran untuk pengadaan mesinnya. Alamat kami di sulawesi selatan tepatnya di kabupaten ditenteng tampang (sidrap) hp. 0852 4121 6190. An. Sulaeman

  3. Ralat alamat, Kabupaten sidenreng rappang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *