Keripik Mangga Aneka Keripik Malang

Keripik Mangga Aneka Keripik Malang

Keripik mangga sesuai dengan nama camilan ini memang diolah dan dibuat dari buah mangga asli bukan camilan yang menggunakan perasa (essence) buah mangga. Tidak mudah didapati jenis makanan ringan keripik mangga ini apabila tidak di tempat tempat yang khusus menjual oleh oleh khas daerah terutama jenis makanan olahan khas daerah Malang seperti di Aneka Keripik Malang.

Bentuk dan Rasa Keripik Mangga

keripik manggaApabila Anda belum tahu bentuk dari keripik mangga seperti apa bisa dilihat di gambar ini. Bentuk aslinya mengikuti bentuk mangga yang dirajang atau dipotong tipis tipis, warna keripik mangga juga sama dengan warna buah mangga yang sudah matang yaitu kuning dan ada percampuran dengan warna lain yaitu kecoklatan karena hasil dari pemanasan pada mesin pengering buah buahan.

Adapun cita rasa keripik mangga mengikuti rasa asli dari buah mangga yaitu manis dengan sedikit masam, rasa asam manis ini biasanya banyak disukai oleh para ibu ibu. Dari sisi harga juga tidaklah terlalu mahal bagi siapa saja yang ingin mencobanya.

Setelah kita ketahui bagaimana bentuk dan rasa dari makanan ringan keripik mangga ini ada baiknya sedikit kita lihat dan ketahui bagaimana proses pengolahan buah mangga yang dikenal lezat rasanya ini menjadi makanan ringan keripik mangga.

Cara Membuat Keripik Mangga


Buah mangga yang akan diolah menjadi keripik mangga sebaiknya dipilih dari buah yang sudah matang tapi tidak terlalu lembek atau matang ketuaan agar mudah ketika memotongnya dan tidak mudah gosong ketika menggorengnya. Apabila buah mangga yang akan diolah ternyata masih muda sekali maka sebaiknya diperam dahulu selama beberapa hari hingga tercapai kematangan yang dibutuhkan agar hasil dari keripik mangga bisa bagus.keripik mangga aneka keripikmalang

Buah mangga yang telah dipilih dikupas dahulu dari kulit arinya hingga bersih benar dan siap dirajang. Pemotongan atau perajangan buah mangga bisa dilakukan dengan alat perajang keripik, bisa juga dilakukan dengan pisau saja atau memotong motong secara manual. Tentukan ketebalan yang diharapkan untuk keripik mangga yang diinginkan, usahakan ketebalannya sama antara satu dengan lainnya.keripik mangga aneka keripik malang

Buah mangga yang telah dirajang dimasukkan dalam pendingin atau Frezer agar membeku, tujuan pembekuan ini supaya bahan baku ketika digoreng tidak melunak atau lembek melainkan tetap kaku hingga proses penggorengan selesai. Proses pendinginan tergantung daya dari masing masing Frezer yang dipakai, saya buat estimasi standart 24 jam sudah cukup bagi bahan baku mangga untuk di masukkan dalam mesin penggoreng.keripik mangga aneka keripik malang

Proses berlanjut dengan memasukkan bahan baku mangga ke dalam mesin penggoreng keripik buah atau lebih populer namanya yaitu Vacuum Friying. Adapun Vacuum Friying harus sudah berisi minyak goreng dengan takaran yang diharuskan sesuai dengan kapasitas masing masing mesin yang dipakai.keripik mangga aneka keripik malang

Suhu kerja dalam mesin penggoreng buah tidak boleh tinggi sekali dimana ukuran minimal 80 derajat celcius hingga maksimal 85 derajat celcius, hal ini dimaksudkan agar hasil dari keripik mangga tidak menjadi gosong dan kecoklatan yang bisa menyebabkan rasa keripik mangga menjadi pahit. Proses pemanasan keripik mangga dalam Vacuum Friying dibantu dengan proses penyedotan kadar air yang alatnya terpasang dalam mesin, sehingga walaupun proses penggorengan dilakukan pada suhu rendah hasil keripik buah bisa benar benar kering dan tidak lembek karena kadar airnya.

Proses penggorengan sebenarnya adalah proses terakhir sebelum proses penirisan keripik mangga dari kandungan minyak gorengnya. Berakhir sudah proses pengolahan keripik mangga ini, bagi yang berminat mencoba membuatnya siapkan saja alat penggorengan Vacuum Friying, apabila Anda hanya berminat mencoba rasanya bisa pesan keripik mangga di Aneka Keripik Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *