Kripik Ubi Ungu

Kripik Ubi Ungu Dari Ubi Jalar Berwarna Ungu

Tanaman ubi jalar bukanlah tanaman yang susah didapat di Indonesia hampir di setiap daerah tanaman ubi jalar bisa berkembang biak, bagi sebagian penduduk yang tinggal di lokasi terpencil dan masih menganut cara hidup lama tanaman ubi sangat dibutuhkan sebagai bahan pangan utama penduduk setempat karena mudah didapat ataupun kalau dijual harganya masih lebih terjangkau daripada beras. Kripik Ubi Ungu.

Kripik Ubi UnguBagi masyarakat daerah perkotaan ubi jalar mulai jarang dibutuhkan sebagai bahan pangan utama, mereka lebih sering memanfaatkan ubi jalar sebagai bahan pengolah makanan selingan seperti kue atau camilan, sebab itu tak heran apabila kebutuhan ubi jalar di daerah perkotaan lebih didominasi oleh unit Industri daripada konsumen rumah tangga atau individu. Kripik Ubi Ungu.

Jenis dan varietas ubi jalar ada beberapa macam contoh ubi jalar berdasarkan warna diantaranya ubi jalar kuning, ubi jalar orange, ubi jalar putih dan ubi jalar ungu, dari perbedaan warna ubi jalar tersebut berpengaruh pada ciri khas rasa dan tekstur masing masing jenis ubi jalar. Kripik Ubi Ungu.

Usaha makanan ringan yang menggunakan bahan ubi mulai dilirik konsumen kembali karena jenis bahan pangan ubi lebih aman dikonsumsi serta bernutrisi baik. Salah satu contohnya kripik ubi ungu yang menggunakan ubi jalar ungu sebagai bahan baku camilan kripik. Ada juga yang menyebut kripik ubi ungu ini dengan julukan kripik ubi jepang karena ubi ungu dibudidaya di jepang juga, memang pada awalnya varietas ubi ungu lebih banyak didatangkan dari jepang sebelum saat ini Indonesia bisa membudidayakan secara besar bahkan menurut penelitian Nutrisi hasil ubi ungu Indonesia lebih baik dari Jepang terlebih pada kandungan Antosianin-nya.

Pengolahan Kripik Ubi Ungu


Kripik ubi ungu bisa dikatakan jenis makanan ringan tempo dulu, apabila diingat kembali jenis jenis jajanan yang pernah diperkenalkan oleh kakek nenek kita pada masa mereka bahwa hampir sebagian besar menggunakan ubi sebagai bahan utamanya, dan tentunya kripik ubi adalah salah satu camilan yang dahulu pernah populer.

Pada proses pembuatan kripik ubi ungu sangat mudah dan sederhana sekali siapapun terlebih ibu rumah tangga pasti bisa membuatnya, adapun proses singkatnya adalah sebagai berikut ubi jalar dipilih yang daging umbi yang berwarna ungu, ubi dikupas dari kulit arinya kemudian dicuci bersih, langkah berlanjut pada pemotongan umbi jalar ungu menjadi potongan tipis kemudian digoreng hingga kering dan ditiriskan, begitulah dasar cara pengolahan kripik ubi ungu.

Pemilihan jenis ubi jalar ungu dalam pembuatan kripik ubi ungu yang baik hasilnya harus tepat terutama jenis variannya tidak boleh salah, dan juga pemilihan ubi jalar berdasarkan umur tanamnya juga harus tepat, karena hal tersebut berpengaruh sekali pada tingkat kerenyahan yang dihasilkan kripik dari bahan ubi ungu ini. Dan satu lagi dibutuhkan ketrampilan dari para pengolah kripik ubi ungu untuk membuat kripik yang memiliki cita rasa khas.

Kripik ubi ungu saat ini menjadi populer kembali keberadaannya dikalangan konsumen yang peduli akan makanan sehat. Di gerai market kelas atas atau juga di tempat pusat penjualan oleh oleh khas mulai banyak dijumpai produk kripik ubi ungu dengan variasi kemasan yang menarik dan kreatif yang pada akhirnya bisa membuat produk ini memiliki daya saing tinggi pada kelas produk makanan ringan.

Rasa original dan manis asli dari ubi ungu benar benar bisa dirasakan dari olahan makanan ringan ini. Tak heran apabila produk kripik ubi ungu (Purple Sweet Potatoes) saat ini telah menembus pasar Internasional karena banyak diakui dari nilai gizi nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Peluang Usaha Distribusi Kripik Ubi Ungu

Makanan ringan dari bahan dasar ubi jalar ungu ini tersedia di Aneka Keripik Malang, dari ubi jalar ungu yang berkualitas terbaik, kripik ini dibuat untuk memenuhi selera konsumen makanan ringan. Kesempatan dan peluang usaha bagi para wirausaha untuk menjadi reseller kripik ubi ungu selalu terbuka bagi siapa saja.

4 responses to “Kripik Ubi Ungu

  1. Ubi jalar ini mengandung pigmen anthosianin lebih tinggi daripada kultivar lain. Pigmen lebih stabil dibandingkan dengan anthosianin dari kubis merah, elderberry dan jagung merah. Pigmen anthosianin yang dimiliki adalah senyawa cyanidin acyl glicosidase dan Peonodin acyl glucoside. Meskipun di dalam ubi ungu ini terdapat senyawa yang dapat menimbulkan rasa pahit namun senyawa tersebut tidak berbahaya. Senyawa tersebut antara lain: ipomoeaemarone, furancterpen, koumarin dan polifenol yang dibentuk dalam jaringan pada saat ubi jalar luka akibat serangan serangga.

  2. Lorraine Olsen

    Ubi ungu mulai banyak diminati konsumen yang peduli akan kesehatan karena mempunyai komposisi gizi yang baik dan memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi kesehatan tubuh. Keberadaan senyawa antosianin pada ubi ungu yaitu pigmen yang terdapat pada ubi ungu berfungsi antioksida, antikanker, antibakteria, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Ubi jalar ungu juga mampu bertindak sebagai anti kanker karena terdapat zat aktif didalamnya yang dinamakan selenium dan iodin serta dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi lain. Ubi jalar ungu juga memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi daripada beberapa varietas “blueberry”. Vitamin yang terkandung dalam ubi ungu antara lain: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, Riboflavin, Zat besi (Fe), Fosfor (P), Kalsium (Ca), Protein, Lemak, Serat kasar. Kandungan antosianin yang tinggi pada ubi jalar ungu mempunyai stabilitas yang tinggi berbanding anthosianin dari sumber lain membuat tanaman ini sebagai pilihan yang lebih sehat dan sesuai sebagai alternatif pewarna alami.

  3. Terung merupakan jenis tumbuhan berbuah yang dimanfaatkan sebagai sayur-sayuran, buah terung biasa dimanfaatkan untuk bahan makananan tambahan. Terung dikenal dengan nama latin Solanum Melogena L., merupakan tanaman asli daerah tropis yang umum dikenal di Indonesia. Bagi para petani terung, budidaya terung masih memberikan peluang usaha yang cukup baik untuk memenuhi pasar dalam negeri. Beberapa varietas terung lokal seperti terung ungu yang biasa dijual di pasar tradisional konon telah menembus pasar Jepang dengan seleksi standardisasi mutu sesuai permintaan export.

  4. Pengolahan ubi jalar menjadi jajanan khas sudah dilakukan sejak dahulu salah satunya pengolahan ubi jalar ungu menjadi kripik. Pada proses pembuatannya sangat sederhana sekali dimana ubi jalar yang berwarna ungu ini dipotong potong tipis kemudian digoreng hingga kering, begitulah dasar cara pengolahan kripik ubi ungu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *