Camilan Emping Jagung Asin Gurih Dan Pedas Manis Produk Dari Jagung Murni

Camilan Emping Jagung Sebagai Pemanfaatan Jagung Dalam Industri Rumah Tangga

Jagung merupakan salah satu bahan pangan pokok di Indonesia, ada beberapa daerah seperti Madura dan Nusa Tenggara yang penduduknya memanfaatkan jagung sebagai bahan pangan pokok. Kandungan Mineral dan Nutrisi Jagung sama baiknya dengan beras yang menduduki urutan pertama sebagai bahan pangan pokok dimana nilai tinggi karbohidrat masih menjadi acuan utama, namun perlu diketahui bahwa dalam jagung terdapat nilai plus dari pada beras yaitu kandungan serat yang berguna bagi kesehatan pencernaan. Camilan Emping Jagung

Camilan Emping JagungJagung selain digunakan sebagai makanan pokok juga dimanfaatkan sebagai makanan ternak karena kandungan nutrisinya baik untuk ternak peliharaan juga dari sisi harga lebih murah daripada beras, dalam dunia industri jagung digunakan sebagai bahan baku industri seperti tepung jagung, gula jagung untuk penderita diabetes, etin alkohol, asam sitrat dan lain lain.

Camilan Emping Jagung Makanan Ringan Dari Jagung Murni

Pengolahan jagung menjadi jenis kuliner sangat bervariasi ada nasi jagung yang sangat enak apabila dimakan bersama bakwan jagung dan sayuran segar, kue dari jagung seperti jenang jagung sudah populer sejak jaman kakek nenek kita dahulu, makanan ringan dari jagung pop corn, marning jagung dan camilan emping jagung atau bahasa kerennya Corn Flakes sangat disuka kaum muda.

Jenis usaha makanan ringan belakangan ini sangat pesat perkembangan bisnisnya, camilan seolah menjadi makanan alternatif pendamping makanan pokok, hampir setiap hari makanan ringan dibutuhkan untuk camilan ketika Coffe Break, santai, nonton film, hingga menjadi oleh oleh ketika berkunjung. Dari sekian banyaknya jenis makanan ringan yang beredar dipasaran kita harus bisa selektif menentukan jenis makanan yang aman dikonsumsi, sehat, dan enak salah satu makanan olahan dari jagung seperti camilan emping jagung bisa menjadi pilihan karena bisa mengakomodasi tiga kriteria yang disebut diatas.

Camilan emping jagung diolah dari jagung asli yang dipipihkan, dikeringkan kemudian digoreng tanpa ada penambahan bahan lain terutama kimia yang berbahaya bagi tubuh sehingga camilan emping jagung ini bisa dikatakan natural dan nilai plusnya lagi adalah nutrisi jagung bagus bagi tubuh.

Pengolahan Jagung Menjadi Camilan Emping Jagung


Sedikit informasi pengolahan camilan emping jagung yaitu sebagai berikut, dari jagung pipilan yang telah dipilih dilakukanlah proses perendaman di dalam air bersih kemudian dilakukan perebusan hingga matang, proses berikut setelah perebusan adalah pencucian dengan air kapur agar bau tidak sedap pada jagung matang hilang.

Proses selanjutnya dilakukan pengepresan jagung yang sudah matang tersebut dengan menggunakan mesin pemipih jagung khusus, agar bentuk jagung menjadi tipis atau gepeng. Setelah selesai, proses selanjutnya adalah penjemuran hingga kering. Jagung pipih yang telah kering tersebut dipilah dari yang hancur dengan cara diayak, setelah itu maka camilan emping jagung telah siap digoreng. Adapun bagian bagian remah jagung yang lembut bisa dikumpulkan dan baik digunakan sebagai makanan ternak.

Camilan Emping Jagung Asin Gurih & Pedas Manis

Camilan emping jagung yang tersedia di Aneka Keripik Malang ada dua macam yaitu camilan emping jagung rasa original asin gurih bawang dan camilan emping jagung pedas manis. Untuk jenis camilan emping jagung pedas manis proses produksinya dari jenis camilan emping jagung original yang telah matang dilakukan penambahan bumbu cabe rawit, cabe merah dan gula serta bumbu penyedap tambahan, sehingga bentuk dan warnanya kemerahan warna cabe, rasa yang dihasilkan juga gurih, pedas dan manis menyatu menimbulkan rasa khas yang enak sekali.

One response to “Camilan Emping Jagung Asin Gurih Dan Pedas Manis Produk Dari Jagung Murni

  1. trimakasih info saudara,dengan membaca artikel anda menambah pengetahuan saya,boleh saya minta proses pembuatan emping jagung,dan bahan bahan yang dibutuhkan?Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *