Sukses Melalui Bisnis Kecil

Bisnis Kecil Awal Dari Bisnis Besar

Bisnis kecil banyak dimulai dari sebuah langkah kecil usaha yang mana modal awalnya tidak terlalu besar. Bisnis kecil banyak diawali dari bisnis yang terjadi di dalam rumah atau bisa disebut bisnis rumahan. Ternyata dari awal bisnis rumahan ini telah mengangkat banyak kisah kisah sukses dibalik bisnis kecil rumahan yang pada akhirnya bisa membuahkan bisnis bisnis besar.
Bisnis Kecil

Usaha Pengembangan Bisnis Kecil

Pada Tahun 2008 yang lalu pemerintah telah melakukan suatu langkah awal dimana kebijakan industri nasional mendapatkan perhatian khusus dengan adanya landasan hukum yang kuat bagi pembinaan dan pengembangan Industri kecil dan Menengah di Indonesia dalam tujuan menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan penyebaran industri kecil menengah yang lebih merata.

Bagaimanapun harus jujur kita akui bahwa perkembangan bisnis kecil atau IKM harus ada campur tangan dari pihak instansi pemerintah agar lajunya bisa dipercepat, perkembangannya bisa sehat, kuat dan berdaya saing, sehingga bisnis kecil mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam perubahan struktural dalam usaha memperkuat perekonomian domestik Indonesia.

Berdasarkan hasil laporan Badan Pusat Statistik pada Tahun 2009 bahwa jumlah Industri Kecil Menengah mencapai 3,8 juta dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 8,09 juta orang. Dari jumlah tersebut bisa menghasilkan nilai tambah sebesar Rp.145,6 Trilyun dan menyumbang devisa eksport sebesar US$ 13,69 Milyar. Sumbangan IKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada Tahun 2009 sekitar 30%, yang artinya 70% lainnya masih disumbang dari Industri berskala besar, pada tahun ini angka tersebut sudah naik lebih baik walaupun target pertumbuhan bisnis kecil sekitar 70% dari pemerintah belum bisa terealisasi.

Prospek Bisnis Kecil

Bisnis KecilAngka angka diatas bisa sedikit menjelaskan bahwa bisnis kecil rumahan memiliki peluang dan prospek sama baiknya dengan industri berskala besar umumnya. Saat ini dukungan pemerintah dalam pengembangan serta pendampingan industri kecil menengah melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang dikelola melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan telah banyak dilakukan, bahkan dalam sisi permodalan melalui program Kredit Usaha Rakyat banyak diberikan kemudahan dan keringanan yang ditawarkan bagi IKM.

Kesulitan usaha kecil mikro yang selama ini dihadapi adalah kesulitan mereka untuk memutuskan mengambil pinjaman dari perbankan dengan tempo waktu jangka panjang, apabila ada bank yang bisa memberikan bantuan modal dalam tempo panjangpun beban bunga yang ditanggung pelaku bisnis kecil pada umumnya tidaklah kecil, kondisi ini yang memberatkan para pelaku bisnis kecil untuk mengambil keputusan dalam usaha melakukan ekspansi pada usaha yang digelutinya, sangat disayangkan sekali apabila usaha tersebut memang sangat berprospek di masa depan.

Berkaca dari kendala usaha kecil pada umumnya maka perbaikan dalam penyaluran dana bantuan pinjaman permodalan bagi usaha kecil saat ini sudah mulai ada perbaikan dimulai dari sisi pihak pihak yang digandeng untuk melakukan kerjasama penyaluran dana usaha pada masyarakat, juga perbaikan dalam hal kemudahan birokrasi bagi masyarakat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha telah dilakukan, dan yang paling utama adalah keringanan dalam hal bunga pinjaman serta waktu tempo pelunasannya yang lebih lunak.

Bagi para masyarakat pelaku bisnis kecil sebaiknya lebih aktif untuk mencari banyak informasi mengenai bantuan permodalan dan bantuan pengembangan usaha yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah melalui instansi setempat dalam upaya pengembangan bisnis kecil agar percepatannya lebih baik setiap saat.

Sedikit info diatas semoga banyak bermanfaat bagi yang ingin memulai bisnis kecil rumahan agar bisa lebih termotivasi untuk memulai bisnisnya dalam usaha meraih sukses dan menciptakan banyak peluang peluang bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *