Prospek Usaha Kripik Buah Buahan

Usaha Kripik Buah Buahan

Buah buahan salah satu dari produk komoditas Hortikultura yang mengalami peningkatan konsumsi cukup bagus dari tahun ke tahun. Potensi pasarnya hingga saat ini terus meningkat, tetapi sayangnya peningkatan kebutuhan pasar ini banyak diisi oleh buah buahan Import luar negeri. Usaha kripik buah buahan.

usaha kripik buah buahan
Persaingan pasar antara petani lokal dengan pengimport buah buahan berdampak negatif bagi para petani yang banyak mengalami kerugian sehubungan dengan murahnya produk import yang masuk berbanding dengan tidak seimbangnya persaingan harga jual murah dengan biaya tanam buah yang cukup mahal bagi para petani buah. Usaha kripik buah buahan.

Usaha Kripik Buah BuahanKemerosotan jumlah suplay dari dalam negeri sudah terjadi sejak lama sedangkan tingginya suplay dari luar bukanlah hal yang bagus karena akibat yang ditimbulkan adalah melemahnya ekonomi kerakyatan walaupun ekonomi secara makro tetap meningkat pertumbuhannya, kejadian seperti ini tidak boleh terus menerus diabaikan oleh Negara dalam upaya meratakan pertumbuhan ekonomi di segala lapisan masyarakat. Usaha kripik buah buahan.

Memang kabar baik yang baru baru saja terjadi adalah sikap pemerintah yang mulai melakukan pembatasan jumlah buah buahan Import guna melindungi produksi buah lokal, hal ini sangat baik sekali bagi pertumbuhan pertanian komoditas buah dalam negeri. Usaha kripik buah buahan.

Pola makan masyarakat saat ini sudah tidak hanya sekedar pemenuhan kebutuhan karbohirat saja tetapi sayuran, buah buahan, daging dan telur menjadi menu utama yang harus dipenuhi. Kesadaran akan gizi dan nutrisi dari masyarakat dan pertumbuhan populasi jumlah penduduk adalah faktor utama penyebab naiknya kebutuhan akan buah buahan. Usaha kripik buah buahan.

Pengolahan Buah Menjadi Produk Bernilai Tinggi

Pemanfaatan dan pengolahan buah buahan saat ini mulai beragam, dahulu buah yang hanya dikonsumsi langsung, sekarang bentuk variasi pada makanan mulai beragam. Sebut saja beberapa contoh: kripik buah, dodol buah, manisan buah, sari buah, dan selai buah. Makanan ringan tersebut sudah banyak dikenal oleh masyarakat, bahkan bisa menjadi ikon dari produk unggulan suatu daerah, seperti Kota Malang yang saat ini banyak dikenal sebagai penghasil produk usaha kripik buah buahan.

Kelengkapan Usaha Kripik Buah Buahan


Buah apa saja yang bisa dibuat menjadi kripik? Jawabannya hampir semua jenis buah bisa dibuat menjadi kripik, dikarenakan adanya dukungan tekhnologi peralatan pembuat kripik buah maka semua jenis buah saat ini bisa dibuat menjadi kripik. Memang peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi keripik buah tidaklah murah dan juga pada prosesnya dibutuhkan keahlian khusus, untuk menghasilkan produk keripik buah yang berkwalitas tinggi. Usaha kripik buah buahan.

Walaupun begitu para pengusaha pengusaha di bidang keripik buah banyak yang bermunculan ditengah ceruknya pasar kuliner Indonesia. Peluang pasar produk kripik buah per tahun selalu tumbuh bahkan kalau dilihat dari kuota produksi panen buah buahan lokal dalam negeri belum cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi keripik buah sepanjang tahun. Usaha kripik buah buahan.

Keuntungan Usaha Kripik Buah Buahan

Usaha kripik buah buahan memang sangat menggiurkan apabila dilihat dari pertumbuhannya sepanjang tahun, hal tersebut dikarenakan masih sedikitnya para produsen produsen yang bergerak dibidang ini. Tapi bagi para pengusaha yang ingin mencoba langsung terjun ke bidang distribusi makanan ringan khususnya kripik buah buahan, banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh Aneka Keripik Malang, yang memberi kesempatan serta peluang untuk memasarkan produk keripik buah khas Malangan. Usaha kripik buah buahan.

4 responses to “Prospek Usaha Kripik Buah Buahan

  1. Eric Thompson

    NB. Peluang usaha / bisnis keripik buah dan keripik sayur ini terbuka lebar untuk Anda. Tangkap peluang usaha ini, sebelum didahului oleh tetangga Anda.

  2. Miranda G. Dudley

    Semoga penjelasan mengenai lima hal yang perlu disiapkan dalam usaha kripik buah dan keripik sayur di atas membantu anda dalam memulai bisnis keripik buah dan sayur atau yang sudah mulai bisnis keripik buah dan sayur. Salam sukses dari Ane Mesin.

  3. Tammi G. Stuart

    Salah satu kendala berbisnis pertanian adalah jatuhnya harga produk pada saat panen. Untuk produk nenas, bisa diolah menjadi berbagai macam produk seperti fruit cocktail, dodol nenas, syrup nenas, dan yang sekarang lagi trend adalah keripik nenas.Pengolahan Keripik nenas tidak bisa dengan cara dijemur atau digoreng dengan alat-alat sederhana, karena buah nenas mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Apabila kita goreng memakai penggorengan biasa (suhu 180-200C), maka gula yang terdapat pada nenas akan gosong duluan sebelum kadar airnya habis.Untuk memproduksi kripik nenas, proses pertama adalah mengupas secara manual & menghilangkan mata nenas. Kemudian buah nenas bisa dipotong dengan menggunakan mesin pemotong kripik. Ada 2 alternatif mesin yang bisa dipakai untuk memotong buah nenas:Mesin Pemotong Keripik (brosur no 28).Untuk mesin ini, cara kerjanya semi manual, jadi masih dibantu menggerakkan buah nenas yang akan dipotong.

  4. MANTAB,,,WEBSITE INI SANGAT BANTU SAYA DALAM MEMULAI USAHA BISNIS KEREPEK BUAH SAYA BULAN INI.
    MAJU TERUS
    DAN ALAM SUKSES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *