Kuping Gajah Ubi Ukuran Mini

Kuping Gajah Ubi Aneka Keripik Malang

Bentuk bulat dengan dua motif warna membentuk lingkaran spiral merupakan ciri khas khusus tampilan dari kue kuping gajah, motif warna yang dipakai secara umum adalah coklat dengan krem atau merah dengan krem, kali ini akan saya perkenalkan jenis jajanan rakyat kue kuping gajah yang telah dirubah dengan inovasi unik.

Kuping Gajah Ubi Ungu Mini CurahKue kuping gajah ubi produksi Aneka Keripik Malang memiliki keunikan tersendiri dan memiliki ciri khas daripada yang umum ada dipasaran, adapun perbedaan utama ada pada bahan baku pembentuknya yang menggunakan ubi jalar manis, jenis ubi jalar yang digunakan adalah jenis ubi ungu.

Dengan pencampuran ubi jalar ungu pada komposisi kue kuping gajah maka cita rasa yang dihasilkan jelas berbeda sekali dengan kue kuping gajah yang hanya menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama, bahan dasar ubi ungu selain berpengaruh pada cita rasa juga berpengaruh pada tekstur kerenyahan hingga hasil motif warna kue kuping gajah.

Dari faktor nutrisi dan gizi kue kuping gajah ubi lebih baik daripada kue kuping gajah biasa karena dengan penambahan komposisi bahan pasti berpengaruh dengan bertambahnya kandungan mineral makanan disamping ubi adalah bahan pangan natural juga dikenal ahli nutrisi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Cara pembuatan kue kuping gajah ubi sederhana sekali bisa dilakukan dengan alat alat tradisional yang ada di dapur atau bisa juga menggunakan mesin mesin khusus bagi pelaku produksi, bahan bahan yang perlu disiapkan antara lain tepung terigu, ubi ungu, gula, garam, telur, susu dan margarine. Tidak perlu penambahan pewarna makanan disini karena warna asli ubi ungu yang digunakan sebagai motif pada kue kuping gajah ubi. Penambahan gula pada kue kuping gajah ubi juga tidak perlu banyak karena dalam ubi ungu sudah terdapat kandungan glukose alami.

Bahan ubi ungu direbus dahulu hingga matang kemudian dikupas dari kulit luarnya dan ditumbuk hingga halus dicampurkan bahan bahan lain diatas diaduk hingga kalis jadilah adonan untuk lapisan warna ungu, kemudian menyiapkan untuk adonan warna krem dengan penggunaan bahan seperti diatas tanpa ada ubi. Bentuk menjadi lembaran masing masing adonan kemudian letakkan menumpuk kedua adonan tersebut dan gulung setelah itu iris kecil kecil dan goreng hingga kering.

Kuping Gajah Ubi Mini Inovasi Baru Aneka Keripik Malang


Dimensi ukuran kue kuping gajah secara umum rata rata sebesar bulatan sendok makan dengan ketebalan sekitar 2 mm, kali ini Aneka Keripik Malang membuat inovasi baru pada bentuk ukuran kue kuping gajah ubi. Ukuran kue kuping gajah dibuat lebih kecil sehingga muncul sebutan baru yaitu kuping gajah mini karena memang bentuknya dibuat sebesar bulatan uang logam atau koin, juga ketebalannya menjadi lebih tipis daripada umumnya kue kuping gajah dengan tujuan utama agar tekstur kue bisa dibuat lebih renyah.

Kuping Gajah Ubi Mini Lebih Renyah

Sebelumnya kue kuping gajah ubi ini diperkenalkan Aneka Keripik Malang dalam bentuk yang biasa saja, tetapi setelah dirubah bentuknya menjadi mini dan tipis ini banyak tanggapan positif dari berbagai konsumen yang menyukainya, terlebih apabila dimakan sangat renyah dan tidak keras, juga tampilan nya jauh lebih menarik karena unik.

Kuping Gajah Ubi Ungu dan Kue Kuping Gajah Buah Buahan

Selain ubi ungu, bahan dasar tambahan lain yang digunakan pada kue kuping gajah adalah jenis buah buahan diantaranya adalah buah naga dan buah nangka. Dari bahan buah naga membentuk kue kuping gajah buah naga sedang dari bahan tambahan buah nangka membentuk kue kuping gajah nangka. Kue kuping gajah ubi ungu, kue kuping gajah buah naga, dan kue kuping gajah buah nangka adalah produk kreatif dan inovatif dari Aneka Keripik Malang.agen grosir

One response to “Kuping Gajah Ubi Ukuran Mini

  1. Pembuatan kuping gajah biasanya dibuat dari bahan bahan tepung terigu, gula, garam, vanili, telur dan coklat bubuk. Tetapi kali ini Aneka Keripik Malang membuat sebuah inovasi baru dimana kuping gajah ini dibuat dengan memakai campuran bahan umbi umbian. Ubi madu dan ubi ungu digunakan sebagai media bahan baku campurannya, sehingga kuping gajah ini benar benar tampil lebih natural. Selain bahan dasar utamanya dibuat dari umbi umbian, bahan pewarnanya dibuat juga dari bahan bahan alami yaitu antara lain warna hijau pandan wangi, warna coklat dari coklat cacao asli, serta warna ungu dari warna asli ubi ungu sendiri. Ada baiknya yang belum pernah mencobanya segera memesan di Aneka Keripik Malang. Sensasi dari rasa ubinya pada kuping gajah ubi ini terasa sekali perbedaanya dengan kue kuping gajah yang biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *