Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak Pedas Kuah & Seblak Kering?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak Pedas Kuah & Seblak Kering?

Bagaimanapun juga kehamilan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh keluarga muda pada umumnya, karena momen akan memiliki keturunan adalah saat yang membahagiakan. Namun selain masa itu membahagiakan sekaligus itu adalah masa yang kurang mengenakkan bagi beberapa ibu-ibu karena mereka harus benar benar menjaga pola aktifitas juga jenis asupan makanan.

bolehkah Ibu hamil makan seblak

Kebahagiaan salah satunya bisa didapatkan dari makanan favorit, terutama makanan yang memiliki rasa pedas banyak disukai oleh kaum hawa. Contoh salah satunya adalah seblak, makanan asal daerah Jawa Barat ini memiliki banyak penggemar. Apalagi ketika musim hujan datang, maka seblak sangat lezat untuk dikonsumsi ditengah dinginnya suasana akan menghangatkan badan.

Namun bagaimana ketika ibu-ibu mengalami kehamilan? Bolehkah ibu hamil makan seblak ? Ini adalah pertanyaan yang kerap dicari jawabannya, terutama bagi ibu-ibu penggemar makanan seblak yang ketika ada di masa kehamilan memiliki selera khusus pada makanan tertentu atau bahasa umumnya “ngidam”.

Jadi bagaimana jawaban bolehkah ibu hamil makan seblak ? Bisa dijawab “boleh” dengan syarat dan ketentuan. Hal ini memang jika dikaitkan dengan keselamatan janin dalam kandungan sangat erat sekali, mengingat makanan seblak memiliki beberapa faktor resiko sehingga ketentuan dan syarat harus diberlakukan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak ? Serta Syarat & Ketentuan Makan Seblak

Jangan Terlalu Sering Makan Seblak : Jadi jika Anda lebih cenderung mengkonsumsi seblak yang dijual di warung maka batasi sebijak mungkin. Karena kita tidak bisa menakar bahan pengawet dan MSG yang ada pada seblak tersebut. Jika ibu hamil sering mengkonsumsi makanan yang memiliki bahan pengawet dan MSG dalam jangka waktu lama maka dipastikan akan memiliki pengaruh pada kesehatan ibu dan janinnya.

Kurangi Level Kepedasan Seblak : Seblak memang memiliki ciri khas dari rasa pedasnya yang sangat kuat sehingga menimbulkan selera makan meningkat. Namun jika Anda adalah ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang amat pedas. Kurangi level kepedasannya. Jika Anda memasak sendiri seblak tersebut maka akan jauh lebih baik selain bisa menghindari pengawet dan mengurangi MSG maka Anda juga bisa mengurangi tingkat kepedasannya.

Masaklah Seblak Hingga Matang Betul : Makanan yang diolah dengan matang akan lebih higienis karena bakteri bakteri jahat pada makanan bisa mati karena proses pemasakan.

Konsumsi Air Mineral Yang Banyak : Setelah mengonsumsi seblak, pastikan ibu hamil untuk banyak minum air mineral agar makanan cepat dicerna dan juga proses pencernaannya juga tidak terganggu.

Berbagai Manfaat Makan Seblak Bagi Ibu Hamil

Rasa mual dan tidak berselera terhadap makanan kerap terjadi pada ibu-ibu hamil selama masa kehamilan. Bukan tanpa alasan hal seperti mencium aroma makanan bisa membuat mual atau menurunkan nafsu makan pada kebanyakan ibu hamil. Sehingga untuk mengatasinya keterbatasan itu, maka ibu-ibu hamil kerap memilih detail makanan yang membuat dirinya berselera makan demi menjaga kesehatannya dan kesehatan bayi dalam kandungan.

Mengatasi Rasa Mual Ketika Hamil

Jika ibu-ibu hamil tidak memiliki nafsu makan ketika melihat butiran nasi, maka Anda bisa menggantinya dengan asupan makanan lain sebagai pengganti karbohidratnya. Salah satu kandungan nutrisi yang ada pada seblak adalah karbohidrat. Sehingga jika ternyata Anda masih memiliki selera yang besar terhadap makanan seblak ketika hamil maka tetaplah menggunakan seblak sebagai sumber nutrisi bagi kesehatan Anda.

Menurunkan Tingkat Stress Pada Ibu Hamil

Mengkonsumsi makanan yang menjadi favorit seperti seblak ketika masa hamil bisa menurunkan tingkat stress pada ibu-ibu hamil. Karena sudah dipastikan makanan favorit lebih bisa menekan rasa mual dan muntah ketika mencium aromanya. Ada baiknya seblak disajikan dalam kondisi hangat.

Bumbu-bumbu rempah dan cabe sebagai rasa pedas memang membantu sekali mengatasi mual dan muntah saat hamil saja, namun seblak yang pedas pun memiliki kandungan vitamin C sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ibu hamil yang mengonsumsi makanan pedas juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari terserang batuk serta pilek.

Konsumsi Makanan Bergizi Lainnya

Walaupun begitu makanan seblak adalah makanan yang identik dengan pedasnya cabe maka tetaplah bijak untuk mengatur konsumsi setiap harinya. Seblak yang dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menganggu kesehatan dan ketidaknyamanan karena akan memicu rasa mulas. Hati-hati usahakan tidak terlalu pedas karena bisa membahayakan.

Walau mengonsumsi seblak ketika ibu sedang hamil, tetaplah harus mendapatkan berbagai makanan yang kaya akan nutrisi dari sumber-sumber makanan lain. Hal ini dikarenakan semua yang masuk ke dalam sistem pencernaan pun akan bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Pemesanan Seblak

Dan bagi Anda yang berminat untuk memesan produk seblak di Aneka Keripik Malang ini, Anda bisa menghubungi kontak Customer Service kami di Halaman Profile Company.

Pabrik Keripik Nangka di Malang

Pabrik Keripik Nangka

Untuk menjalankan usaha pengolahan atau pabrik keripik nangka, pastikan dahulu Anda memiliki pasokan bahan baku yang sangat kompetitif harganya. Mungkin harga yang bersaing saja belum cukup, faktor ketersediaan pasokan setiap saat juga harus menjadi bahan pertimbangan dalam membuat pabrik keripik nangka. Karena tidaklah mungkin Anda hanya bisa produksi ketika bahan baku tersedia saja, ini akan sangat merugikan efektifitas kesinambungan pasar Anda yang telah terbentuk. Oleh karena itu variabel kontinuitas pasokan harus menjadi pertimbangan dasar Anda, dalam menjalin hubungan kerja dengan pemasok bahan baku buah nangka.

Quality Control Pabrik Keripik Nangka

pabrik keripik nangka

Kedua adalah proses pensortiran, atau pemilahan bahan baku atau Quality Control. Proses sortir ini janganlah terabaikan atau tidak menjadi perhatian khusus Anda. Karena dalam pabrik keripik nangka proses sortir buah di awal menjadi penentu kualitas akhir keripik buah nangka, baca : Keripik Nangka. Baik atau tidaknya hasil produksi keripik pada pabrik keripik nangka ada pada ujung tombak sortir awalnya.

Apabila bagian sortir awal salah maka banyak kemungkinan yang terjadi terhadap produk diantaranya : produk keripik nangka hambar tidak manis karena pemilihan buah nangka yang terlalu muda, produk keripik nangka kecil kecil hasilnya karena seleksi buah nangka dari pemasok tidak diperhatikan ukuran buahnya, hasil keripik nangka coklat cenderung menuju warna tua gosong, keras dan mengkerut dikarenakan pemilihan buah nangka yang terlalu matang. Baca : Grosir Keripik Nangka Khas Malang.

Semua kemungkinan diatas bisa terjadi pada usaha pabrik keripik nangka Anda, apabila bagian ujung tombak sortir awal tidak diperhatikan seksama. Akan sangat merugikan sekali apabila buah nangka yang tidak sesuai klasifikasi standart sudah terlanjur diolah menjadi keripik nangka, karena akan menurunkan harga jualnya dipasaran. Adapun perlu diketahui apabila hasil produk pabrik keripik nangka Anda tidak sesuai dengan standart umum maka harga jual akan drastis menurun menjadi harga jual keripik nangka KW 2. Dan jangan sampai hal ini terjadi maka perhatikan selalu Quality Control Pabrik Keripik Nangka Anda.

Proses Pengolahan Produk di Pabrik Keripik Nangka

Walaupun dibilang mudah pengolahan buah nangka menjadi keripik nangka, namun jangan menganggap sepele hal ini, banyak kendala yang bisa terjadi pada mesin pengering buah pada umumnya.

Memang setiap rumah pabrik keripik nangka memiliki rahasia khusus yang ada pada mekanisme mesin Vacuum Frying, agar bisa mendapatkan hasil yang lebih mengembang, lebih renyah bahkan lebih putih bersih hasilnya. Standart mesin Vacuum Frying buatan umum (pabrikan) biasanya tidak memuaskan dalam hasil akhir produk bagi pengusaha yang sudah lama bergulat pada produksi pabrik keripik nangka.

Penyimpanan Hasil Keripik Nangka

Faktor akhir produksi yang harus diperhatikan bagi Anda yang memiliki pabrik keripik nangka adalah penyimpanan. Kelihatan sepele namun apabila salah dalam penyimpanannya akan memperpendek masa kadaluarsa produk keripik nangka. Bagian terburuk produk keripik nangka bisa melempem sebelum terjual ke konsumen.

Dari proses penggorengan melalui Vacuum Frying jangan lewatkan penirisan melalui Spinner (mesin peniris minyak) jangan meniris manual walaupun hal ini bisa dilakukan, karena minyak akan terlepas sempurna hanya melalui Spinner saja. Kandungan sisa minyak yang menempel menentukan masa kadaluarsa produk keripik, apabila minyak tidak ada sisa yang menempel atau kering maka daya tahan produk bisa lebih lama daripada produk yang masih basah dengan miyak goreng.

Gunakan kemasan Aluminium foil pada pabrik keripik nangka Anda, karena kemasan ini lebih padat kerapatan pori porinya sehingga bisa mempertahankan produk camilan pabrik keripik nangka Anda hingga masa kadaluarsa yang lebih maksimal.

Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg Aneka Keripik Malang

Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg Aneka Keripik Malang

Jika Anda Travelling ke Kota Malang dan seputarnya termasuk Kota Batu maka hal yang tidak boleh terlewatkan adalah camilan keripik tempe nya. Kota Malang ini memang punya ciri khas tersendiri dari olahan kuliner keripik tempe yang berbeda cita rasanya dengan olahan keripik tempe daerah daerah lain. Berbagai varian rasa dan cara pengolahan yang berbeda dari keripik tempe bisa Anda dapatkan di Kota Malang. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Jika camilan keripik tempe Anda sudah familier dan ingin mencoba varian lain dari olahan tempe Malang, mungkin sebaiknya Anda mencoba camilan satu ini yaitu keripik tempe sagu dari Malang. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Apa Beda Keripik Tempe Dengan Keripik Tempe Sagu ?

Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg

Jika Anda ragu ragu apakah keripik tempe sagu benar benar berbeda dengan keripik tempe biasa? Atau tenyata keripik tempe sagu sama saja dengan keripik tempe biasa? Maka sebaiknya Anda langsung mencoba membeli kedua varian keripik olahan dari tempe ini. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Dari tampilannya : keripik tempe biasa disekeliling keripiknya tersalut tepung terigu warna krem kecoklatan beserta bumbunya. Sedangkan keripik tempe sagu terlihat jelas tekstur kedelai nya karena tidak adanya salut tepung disekeliling tempe tersebut. Bahkan beberapa orang melihat keripik tempe sagu nyaris seperti keripik tempe yang belum digoreng atau masih mentah, padahal keripik tempe sagu tersebut sudah matang betul. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Mungkin jika diamati secara cermat kedua keripik tempe tersebut, maka terlihat jajaran kedelai pada keripik tempe biasa akan lebih banyak jumlahnya daripada keripik tempe sagu. Hal ini disebabkan perbedaan proses pembuatan tempenya. Pada tempe biasa, kedelai tidak membutuhkan bahan pencampur lain selain ragi tempe. Sedangkan pada tempe sagu perlu pencampuran kedelai dengan tepung tapioka sebelum difermentasi. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Dari hasil pencampuran tapioka pada kacang kedelai tersebut, maka ketika tempe sagu telah matang dari proses fermentasi hasilnya akan membuat jarak antara kedelai satu dengan lainnya terlihat renggang daripada tempe biasa pada umumnya. Dan juga dari warna yang dihasilkan tempe sagu akan lebih putih atau pucat daripada tempe biasa. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Dalam bentuk pengolahan tempe, untuk keripik tempe biasa dibuat dengan bentuk bulat dan persegi panjang atau kotak. Sementara itu, keripik tempe sagu biasanya dicetak hanya dalam bentuk bulat saja. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Perbedaan Cita Rasa Keripik Tempe Biasa Dengan Keripik Tempe Sagu

Mengenai kelezatan antara kedua varian produk camilan keripik tempe tersebut tidak bisa ditandingkan karena setiap varian memiliki ciri khas sendiri sendiri berdasarkan pola pembuatannya. Keripik tempe biasa pun juga masih digemari oleh konsumen dari cita rasanya. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Namun yang sedikit agak membedakan antara keduanya adalah pada kekekasan teksturnya. Jika keripik tempe biasa masih menggunakan salut tepung terigu ketika digoreng, sedangkan keripik tempe sagu tidak memerlukan salut tepung pada proses penggorengannya. Maka sudah dipastikan keempukannya ketika digigit, bisa lebih didapat pada keripik tempe sagu. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Penambahan tepung terigu pada keripik tempe akan mempertebal besaran keripik sehingga keripik tempe biasa pada umumnya memang lebih keras daripada keripik tempe sagu ketika dimakan. Namun dari kelezatannya tidak mengurangi kelebihan dari kedua varian tempe tersebut. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Bagi Anda yang tertarik mencoba kelezatan keripik tempe sagu, Anda tidak harus pergi ke Kota Malang. Saat ini keripik tempe sagu bisa dipesan di Aneka Keripik Malang (AKEMA) dengan harga yang sangat bersaing. | Cek Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg dibawah ini |

Harga Keripik Tempe Sagu 1 Kg Retail dan Grosir

Terdapat dua harga keripik tempe sagu untuk konsumen. Harga keripik tempe sagu eceran dan harga keripik tempe sagu bal balan (grosir). Adapaun harga retail keripik tempe sagu 250 gram yaitu Rp. 15.000. Dan untuk harga keripik tempe sagu satu bal nya (per bal 2 kg) Rp. 75.000. Adapun harga ini berlaku ketika artikel ini diterbitkan, perubahan harga bisa terjadi menyesuaikan inflasi bahan baku jika terjadi. Untuk lebih pastinya Anda bisa hubungi Customer Service kami dahulu sebelum melakukan transaksi pembelian produk keripik tempe sagu. Berikut harga keripik tempe sagu 1 kg di Aneka Keripik Malang.

Keripik Tempe Sagu Camilan Dari Kedelai Peluang Usaha Baru

Keripik Tempe Sagu Camilan Dari Kedelai Peluang Usaha Baru

Camilan yang satu ini sangat lezat rasanya dan dipastikan kandungan gizinya juga tinggi. Namanya keripik tempe sagu, apakah namanya terasa asing bagi Anda? atau Anda sudah familier dengan camilan ini?

keripik tempe sagu

Saya kira jika keripik tempe pastilah siapa saja orang Indonesia pasti tahu. Namun jika keripik tempe sagu pastinya belum banyak orang mengetahui. Walaupun jenis camilan keripik tempe sagu sudah ada semenjak lama, namun menjadi cukup populer masih belum lama juga.

Olahan dari kacang kedelai alternatif selain menjadi tempe adalah tempe sagu, proses pengolahan dari kacang kedelai menjadi tempe bisa dikatakan sama dengan tempe sagu, namun ada sedikit perbedaan yaitu pada penambahan bahan campurannya.

Bahan tempe sagu diolah dari kacang kedelai yang sama dengan pengolahan tempe biasa. Dibersihkan dahulu direbus, dipisahkan dari kulit ari kacang kedelai yang telah matang. Didinginkan, kemudian penambahan bahan campuran. Perbedaan utama tempe sagu ada disini yaitu ada pencampuran kedelai dengan tepung tapioka. Setelah dilakukan pencampuran dengan tepung tapioka maka proses berlanjut pada pemerataan ragi dan pengemasan pada cetakan, dan tahap akhir adalah penyimpanan selama beberapa hari hingga proses fermentasi matang.

Dari cita rasa yang dihasilkan antara keripik tempe biasa dan keripik tempe sagu memang berbeda. Anda bisa mendapatkan kerenyahan yang ekstra kriuk dari keripik tempe sagu ini. Karena pada proses penggorengannya tidak diperlukan penyalutan dengan tepung terigu seperti keripik tempe biasanya.

Anda cukup mengkombinasikan bumbu bumbu yang tepat dan khas kreasi Anda maka cita rasa keripik tempe sagu ini akan lebih mak nyuss, selain Anda sendiri secara langsung telah menciptakan peluang usaha baru bagi Anda sendiri.

Jika Anda cukup penasaran untuk mengetahui detail pengolahan keripik tempe sagu maka coba simak panduan langkah demi langkah dalam membuat keripik tempe sagu yang sangat kriuk yang memiliki daya tarik tersendiri jika ditekuni sebagai bidang usaha.

Bahan-Bahan Untuk Pembuatan Tempe Sagu

10 kg kacang kedelai

10 kg tepung tapioka

Ragi Tempe

Cara Pengolahan Keripik Tempe Sagu

Diawali dengan pembuatan tempe sagu nya. Rebus dahulu kacang kedelai tersebut, pisahkan dari kulit ari kedelai, jika memiliki mesin pemisah kulit kedelai maka akan lebih mudah. Pastikan tidak ada kulit yang tersisa pada kedelai matang tersebut.

Ratakan ragi tempe pada kedelai kemudian campurkan tepung tapioka, aduk, remas remas hingga merata tercampur. Masukkan adonan tersebut pada plastik bulat panjang diameter kurang lebih enam centimeter, sedangkan panjangnya menyesuaikan saja. Berikan sedikit pori pori pada plastik pembungkusnya dengan cara menusuk di beberapa lokasi dengan batang tusuk sate.

Fermentasikan campuran kedelai tapioka tersebut selama 3 hari atau bisa lebih tergantung dari temperatur tempat fermentasinya. Anda bisa merasakan tempe sagu tersebut sudah cukup matang atau belum dari kekerasan hasil fermentasinya.

Jika menurut Anda sudah cukup matang hasil fermentasi kedelai sagu tersebut. Maka lepaskan plastik pembungkusnya kemudian rajang atau Iris tempe sagu tipis-tipis.

Bahan Untuk Bumbu Keripik Tempe Sagu

6 siung bawang putih

Garam secukupnya

Penyedap makanan

Air secukupnya

Haluskan bawang putih. Tambahkan garam dan penyedap makanan Anda bisa menggunakan penyedap dari brand yang Anda suka. Tuang air secukupnya. Aduk rata. Celupkan tempe irisan tadi ke bumbu basah. Goreng dalam minyak panas. Goreng hingga keripik berubah menjadi kuning kecokelatan. Keripik tempe sagu yang sudah matang bisa ditiriskan kemudian disimpan dalam kemasan kedap udara ataupun toples agar tidak melempem.

Jika Anda berniat membangun bisnis keripik tempe sagu maka jangan lupa untuk menjaga kualitas produk dan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan untuk membangun reputasi yang baik dalam bisnis camilan ini.

Selamat mencoba!

Rahasia Cara Membuat Tempe Goreng Yang Enak Renyah dan Awet

Rahasia Cara Membuat Tempe Goreng Yang Enak Renyah dan Awet

Masyarakat Indonesia bukan hanya nasi saja makanan utamanya, namun kedelai juga sudah menjadi bahan utama yang dibutuhkan masyarakat. Tempe sebagai makanan rakyat yang diolah dari fermentasi kacang kedelai, begitu dibutuhkan masyarakat kita sehari hari. Istilah lauk sebagai pendamping makanan nasi telah membuadaya sejak lama, dan tempe adalah salah satu jenis lauk yang paling bisa dijangkau harganya oleh masyarakat mulai dari lapisan bawah.

tempe goreng

Walaupun harga dari produk tempe termasuk murah namun bukan berarti makanan ini tidak berkualitas dari nilai gizi dan nutrisinya. Bahkan rasa originalnya tempe sendiri sudah sangat gurih sehingga jenis jenis kuliner nusantara banyak yang menggunakan tempe sebagai bahan pokoknya.

Bahkan saat ini bukan hanya sebagai lauk saja pengolahan tempe, ada pengolahan yang menggunakan tempe sebagai camilan seperti keripik tempe yang telah dikenal banyak konsumen. Khususnya daerah Malang Jawa Timur yang memang dikenal orang memiliki hasil olahan tradisional keripik tempe yang begitu lezat.

Cara Umum Mengolah Tempe Yang Disukai Orang

Cara pengolahan tempe paling mudah dan banyak dilakukan oleh kebanyakan orang yaitu dibuat menjadi tempe goreng. Cita rasa kedelai fermentasi benar benar terasa dilidah kita terlebih jika tempe goreng baru diangkat dari wajan penggorengan. Jadi ketika tempe goreng masih kondisi panas ataupun hangat berbeda dengan cita rasanya ketika sudah dingin dan layu, kerenyahannya sudah pasti berbeda.

Namun tidak semua ibu rumah tangga mau untuk repot menggoreng tempe dahulu ketika akan makan pagi, siang dan sore. Sehingga apabila Anda memiliki tips untuk bisa mempertahankan kerenyahan tempe walaupun sudah digoreng beberapa jam yang lalu, ini adalah cara yang lebih praktis.

Belilah tempe sesuai kebutuhan Anda, iris dengan ketebalan kurang lebih dua centimeter, atau bagi dengan ukuran sesuai keinginan. Setiap potongan dari tempe tersebut buat goresan dengan pisau beberapa kali hingga tembus kebelakang namun jangan sampai memutuskan tempe tersebut. Untuk menghindari hancurnya atau terpotongnya tempe ketika digores maka gunakan pisau yang tajam dan tipis untuk pengerjaannya.

Persiapan Bumbu Untuk Merendam Tempe

Setelah tempe dipotong menjadi beberapa potongan dan setiap potongan digores dengan pisau hingga tembus, maka persiapkanlah bumbu untuk merendam tempe tersebut. Siapkanlah air bersih sebanyak kira kira 500 ml, campurkan garam dapur satu sendok makan dan vetsin atau penyedap makanan satu sendok teh.

Sebagai catatan jangan gunakan bawang putih dan ketumbar sebagai bumbu campurannya, dengan alasan kedua bumbu tersebut membawa efek warna gosong ketika digoreng. Masukkan irisan tempe tersebut pada campuran air garam dan vetsin tersebut. Bolak balik agar semua sisi irisan tempe benar benar tercelup bumbu merata.

Siapkan minyak goreng pada wajan penggorengan, untuk jumlahnya sesuaikan saja dengan tempe yang dimasukkan ketika menggoreng. Usahakan agar minyaknya cukup banyak agar bisa merendam tempe ketika digoreng. Atau kurangi jumlah tempe ketika digoreng agar seluruh permukaan tempe benar benar terendam minyak goreng. Hal ini penting sekali agar matangnya tempe bisa merata sekaligus dengan hanya sekali balikan posisi di wajan.

Perhatikan warna tempe dipenggorengan, jika sudah berwarna kuning tua atau keemasan, adalah waktunya membalik sisi berikutnya. Jika sudah berwarna keemasan merata disetiap bagian tempe maka sudah saatnya tempe diangkat dan ditiriskan. Apabila Anda ingin hasil tempe goreng yang tidak terlalu banyak minyaknya maka lanjutkan penirisan dengan menggunakan kertas merang agar benar benar terserap sisa sisa minyak penggorengan disekeliling permukaan tempe goreng. Lihat juga Cara Menyimpan Camilan Agar Tidak Cepat Melempem dan Tengik.

Biarkan tempe yang telah matang digoreng tersebut diatas piring dahulu hingga dingin betul karena terkena udara sekitar. Kemudian simpan tempe goreng tersebut disebuah wadah seperti toples, atau wadah lain juga bisa dengan catatan wadah tersebut bisa tertutup rapat. Dengan sedikit tips kecil ini Anda bisa mencoba membuktikan kerenyahan tempe goreng walaupun sudah digoreng agak lama namun masih tetap terasa kelezatan dan kekriukannya.

1 2 3 51