Cara Membuat Kripik Salak Yang Renyah

Cara Membuat Kripik Salak Yang Renyah

Kripik salak memiliki cita rasa manis dengan sedikit rasa asam hampir mirip dengan rasa buah salak ketika dimakan segar. Cita rasa inilah yang membuat mulut tidak ada bosannya untuk menikmati kripik salak terus menerus. Apabila Anda sudah pernah mencicipi kelezatan makanan ringan kripik salak ini ada baiknya bisa mengetahui sedikit mengenai cara membuat kripik salak dari buah salak asli yang masih segar.

Cara Membuat Kripik Salak

Cara Membuat Kripik Salak Supaya Manis

Cara membuat kripik salak cukup mudah siapkan buah salak yang cukup baik, buah salak harus sudah matang benar dan buahnya masih segar juga manis apabila dimakan. Jenis salak yang dipakai terserah tetapi ada baiknya memakai jenis salak pondoh, karena salak pondoh memang terkenal dengan rasa manisnya. Cara Membuat Kripik Salak.

Langkah pertama kupas buah Salak dari kulit luar dan kulit arinya. Pisahkan juga dari dari bijinya dengan memotong buah Salak tersebut menjadi 2 bagian, arah potongan dari tengah atas kebawah. Samakan bentuk irisan pada setiap Salak. Jangan ikutkan atau pisahkan anak buah salak yang terlalu kecil. Kemudian cuci buah salak yang telah dipotong potong tersebut dengan air bersih. Cara Membuat Kripik Salak.

Masukkan irisan buah salak yang telah siap digoreng tersebut kedalam freezer selama kurang lebih dua puluh empat jam. Maksud dari pendinginan tersebut adalah agar buah salak pada proses penggorengannya menjadi kripik salak tidak mudah cepat menjadi lembek. Tujuan lainnya supaya bentuk kripik salak bisa tetap padat dan bagus hasil akhir nya. Untuk proses yang ini tidak harus dilakukan, bisa juga dilewati langsung menuju ke proses penggorengan. Cara Membuat Kripik Salak.

Cara Membuat Kripik Salak Dengan Vacuum Frying


Siapkan mesin penggorengan dengan minyak goreng di dalamnya, goreng dalam mesin Vacuum Frying. Jangan menggunakan penggorengan biasa untuk mengolahnya karena hasil kripik salak tidak akan bisa kering dan bagus, sebab dalam proses pengeringan keripik buah dibutuhkan mekanisme penghisapan kandungan air dan hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh mesin Vacuum Frying saja. Cara Membuat Kripik Salak.

Buah salak yang telah bersih dan beku dimasukkan kedalam mesin Vacuum Frying (Mesin Penggoreng Hampa Udara). Pemanasan pada minyak goreng dilakukan dalam suhu delapan puluh hingga delapan puluh lima derajat Celcius, suhu tidak boleh terlalu panas untuk menghindari gosong pada hasil kripik salak.

Dalam Vacuum Frying terjadi proses pemanasan dan penghisapan kadar air pada buah, karena itu suhu temperatur kerjanya tidak perlu terlalu tinggi untuk mengeringkan buah buahan, lain hasilnya apabila kripik buah digoreng secara tradisional dibandingkan pemanasan melalui Vacuum Frying. Cara Membuat Kripik Salak.

Anda dapat melihat ke dalam mesin penggorengan dari jendelanya untuk mengetahui apakah buah sudah matang atau belum, ciri ciri apabila kripik sudah matang adalah buih minyak goreng yang terjadi saat menggoreng lambat laun akan mengecil. Apabila buih buih dalam mesin penggorengan dirasa sudah mulai habis maka angkat dan tiriskan kripik salak. Cara Membuat Kripik Salak.

Masukkan kripik salak yang telah digoreng tersebut ke dalam mesin peniris minyak (spinner), agar minyak goreng yang masih menempel pada Salak bisa habis sehingga Kripik Salak tidak mudah menjadi tengik apabila disimpan. Cara Membuat Kripik Salak.

Timbang dan masukkan kripik salak ke dalam kemasan. Pengemasan menggunakan aluminium foil bisa mempertahankan kripik salak dalam jangka waktu lama karena memiliki kepadatan pori pori yang bagus daripada jenis kemasan plastik. Ketika proses pengelasan (sealer) usahakan benar benar rapat untuk menghindari kripik buah menjadi lembek dan tidak renyah. Demikian sedikit tips cara membuat kripik salak, selamat mencoba.

2 responses to “Cara Membuat Kripik Salak Yang Renyah

  1. kalau cara tradisionalnya ada ga ya kak?

  2. keren pengen coba usaha gtuan,,,ngomong” harga vacuumnya berapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *