Emping Melinjo

Emping Melinjo

Emping Melinjo Dan Asam Urat

Emping MelinjoEmping melinjo, banyak mitos mengenai makanan ini banyak menimbulkan gangguan pada urat, yang disebut asam urat, apakah hal tersebut benar? Berikut penjelasannya. Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dari tubuh melalui feses (kotoran). Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dI dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat di atas normal disebut hiperumsemia. Namun diharapkan kadar asam urat dalam tubuh tetap stabil pada 5 mg/dl.

Purin adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein. Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh dan dijumpai pada semua resep makanan dari sel hidup, yakni resep makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) ataupun hewan (daging, jeroan, ikan sarden). Sedangkan pemicunya adalah resep makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin.

Salah satu resep makanan yang mengandung purin adalah emping melinjo. Dalam 100 gr emping melinjo, purin yang terkandung berjumlah 50-150 mg per 100 gr bahan resep makanan emping melinjo. Hal ini menunjukkan bahwa emping melinjo termasuk dalam kelompok bahan resep makanan yang mengandung purin kategori sedang. Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pangan nabati penyebab utama asam urat adalah emping melinjo yang menyumbang hampir 80%, penyebab lainnya adalah bayam 60% dan daun melinjo 57%. Kandungan gizi dalam emping melinjo selain karbohidrat juga mengandung lemak, protein, vitamin B, serat, zat besi, dan kalsium. Ada yang lebih penting dari semua hal tersebut diatas, yaitu ternyata biji melinjo mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas yang dapat mengurangi peluang munculnya penyakit degeneratif dan memperlambat penuaan. Antioksidan tersebut akan merangsang respon imum tubuh sehingga mampu menghancurkan radikal bebas, mempertahankan kelenturan pembuluh darah, mempertahankan besarnya jaringan otak dan mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi zat aktioksidan tersebut, berarti kita melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Cara Yang Baik Mengkonsumsi Emping Melinjo

Ada juga dari penelitian yang lain mengatakan bahwa sebenarnya penyebab asam urat pada emping melinjo dikarenakan minyak goreng yang digunakan bukan minyak goreng yang baik atau juga minyak goreng yang telah lama digunakan (jelantah). Dari semua penelusuran diatas sebenarnya ada baik dan buruknya juga apabila mengkonsumsi emping melinjo dan sebaiknya apabila mengkonsumsinya harus selalu diperhatikan kualitas dari minyak yang digunakan menggoreng serta harus selalu juga diperhatikan kuantitas yang dimakan setiap hari agar tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi emping melinjo.
share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

One Response to Emping Melinjo

  1. emping melinjo untuk daerah medan (tanjung morawa)
    minat langsung hubungi 08165442327

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>