Keripik Belut Serta Peluang Usahanya

Keripik Belut Dari Belut Sawah

Binatang belut adalah jenis spesies ikan air tawar namun bentuknya mirip sekali dengan ular atau hewan reptil sehingga banyak orang cukup ngeri melihat bentuknya yang panjang dan licin, habitat hidupnya yang berada didalam lumpur, membuat binatang ini berkembang biak bagus di pinggir pinggir sungai dan sawah. Keripik Belut.

Belut dimanfaatkan masyarakat sebagai makanan untuk dikonsumsi sebagai lauk sama halnya seperti ikan, rasa dagingnya yang enak dan gurih membuat masakan yang menggunakan bahan baku belut sangat diminati. Keripik Belut.

Keripik BelutPengolahan kuliner belut yang umum kita jumpai yaitu digoreng dengan tepung bumbu dan dimakan bersama nasi, lalapan sayur dan sambal sangat lezat, jenis pengolahan lain dari belut adalah keripik belut, dimana belut dikeringkan dengan cara digoreng sampai kadar airnya habis dan menjadi keripik. Pengolahan belut menjadi keripik belut cukup sederhana dan mudah dilakukan terutama bagi ibu ibu rumah tangga apabila ingin menyajikan camilan bergizi bagi keluarga keripik belut bisa menjadi pilihan terbaik. Keripik Belut.

Kandungan Nutrisi Dalam Keripik Belut

Adapun binatang belut memiliki mineral dan vitamin yang terkandung didalamnya, apabila dikonsumsi sebagai makanan akan bermanfaat sekali bagi hormon pertumbuhan manusia, sistem kekebalan tubuh, dan juga mampu mengatasi penimbunan lemak dalam tubuh manusia, bahkan menurut penelitian ahli dari beberapa sumber mengatakan bahwa belut bisa berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Menarik sekali apabila kita mengupas lebih dalam mengenai manfaat ikan jenis belut ini. Keripik Belut.

Di pasar tradisionil belut bisa kita jumpai walau tidak begitu banyak ditemui penjual ikan jenis ini, sejak tahun 1979 belut mulai dikenal masyarakat Indonesia serta dikonsumsi, pada perkembangan bisnis saat ini belut telah menjadi salah satu komoditas eksport Indonesia. Keripik Belut.

Jenis jenis belut sebenarnya ada tiga macam menurut lokasi habitatnya yaitu belut rawa, belut sawah, dan belut air atau apabila di katagorikan menurut alam hidupnya ada dua macam yaitu belut sungai dan belut laut. Keripik Belut.

Dari jenis spesies belut diatas yang sering kita jumpai diolah masyarakat menjadi makanan adalah belut sawah. Jenis belut sawah ini bisa dibudidayakan dan tidaklah sulit caranya karena belut merupakan binatang yang bisa hidup tanpa memerlukan kondisi iklim dan geografis yang spesifik bahkan air tidak perlu dalam kondisi bersihpun belut masih bisa hidup. Tetapi yang perlu digaris bawahi adalah kondisi air dan tanahnya harus bebas dari limbah dan bahan bahan kimia beracun.

Pengolahan Belut Menjadi Keripik Belut

Belut segar dalam bentuk utuh diminati konsumen untuk diolah kembali menjadi makanan siap saji, begitu juga dalam segmen bisnis makanan ringan, keripik belut saat ini menjadi populer sekali diantara berbagai macam usaha makanan ringan dengan basic usaha ikan kering. Selain belut termasuk binatang yang perkembang biakannya di alam liar sehingga murah harganya juga tidak sulit untuk mendapatkannya karena kehidupannya ditunjang kondisi geografis Indonesia yang memungkinkan binatang ini berkembang biak.

Peluang usaha makanan ringan keripik belut masih terbuka lebar bagi pengusaha yang ingin menekuni bidang ini, atau bagi yang ingin menjadi pengusaha distribusi keripikbelut bisa hubungi Aneka Keripik Malang. Kami melayani reseller juga retailer makanan ringan khususnya produk keripik belut, untuk lebih jelas mengenai berbagai macam produk kami bisa hubungi layanan Customer Service Aneka Keripik Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *