Keripik Salak Pondoh

Keripik Salak Pondoh

Keripik Salak Pondoh. Salak pondoh, salah satu jenis buah salak yang memiliki rasa manis pada tiap daging buahnya tanpa ada rasa asam ataupun sepat, walaupun dipetik ketika waktu masih muda sekalipun rasanya masih tetap manis jenis salak ini memang cocok diolah menjadi manisan salak juga tepat untuk dijadikan bahan baku keripik salak. Jenis jenis lain dari buah salak selain jenis pondoh cukup banyak variannya seperti salak swaru, salak enrekang, salak nglumut, salak gula batu (dari Bali), salak tasik, dan masih banyak ragam varian lainnya. Keripik Salak Pondoh

Dari jenis yang bermacam macam pada buah salak pada dasarnya sebenarnya yang ada di Indonesia hanya ada 3 perbedaan yang bisa dicermati dari bentuk fisik buahnya, yakni Salak Jawa “Salacca zalacca (Gaertner) Voss” yang memiliki biji 2 sampai 3 butir pada tiap buahnya, Salak Bali “Salacca amboinensis (Becc) Mogea” yang memiliki biji 1 sampai 2 butir pada tiap buahnya, dan yang terakhir Salak Padang Sidempuan “Salacca sumatrana (Becc)” yang memiliki warna daging kemerahan. Keripik Salak Pondoh

Industri Olahan Keripik Salak Pondoh

keripik salak pondoh curahPemanfaatan buah salak dalam industri makanan olahan belum begitu banyak ragamnya selain langsung dikonsumsi langsung buahnya pengolahan buah salak yang sering kita jumpai yaitu dibuat menjadi manisan buah salak atau diolah menjadi keripik salak. Berikut akan saya bahas mengenai produk olahan salak pondoh menjadi makanan ringan keripik salak pondoh.

Dari berbagai macam jenis salak yang telah dipaparkan sedikit diatas, bahwa buah salak yang baik untuk diproduksi menjadi makanan ringan keripik buah adalah jenis salak pondoh. Rasa yang manis dan kadar kandungan air yang lebih sedikit daripada jenis jenis lainnya lebih memudahkan proses pengolahannya, serta keripik salak yang dihasilkan akan manis rasanya dan tidak sepat atau pahit, walaupun tanpa memakai pemanis tambahan ketika memprosesnya. Keripik Salak Pondoh

Pembuatan keripik salak, lebih baik hasilnya dan rasanya apabila memakai jenis pondoh untungnya salak jenis pondoh ini banyak dikembangkan di sekitar yogyakarta sehingga salak jenis pondoh ini lebih mudah didapatnya.

Proses Pengolahan Keripik Salak Pondoh


Cara pembuatan keripik salak pondoh juga tidak terlalu rumit hanya siapkan salak yang sudah matang dan manis kemudian kupas dari kulit luarnya dan potong menjadi dua keluarkan biji salak, dan masukkan dalam pendingin selama dua puluh empat jam sebelum masuk dalam penggorengan Vacuum Frying. Proses pemanasan buah salak lakukan dalam temperatur rendah sekitar delapan puluh derajat celcius agar tidak gosong dan hasilnya baik, setelah dirasa sudah cukup kering tiriskan keripik salak pondoh pada mesin peniris (Spinner) sebelum disajikan.

Dalam penyimpanan keripik salak pondoh agar bisa tahan lama sebaiknya menggunakan kemasan “alumunium foil bag” yang memiliki kerapatan pori pori cukup padat dari pada plastik sehingga memungkinkan disimpan dalam jangka waktu lama. Adapun lama waktu “Ekspired” keripik salak pondoh secara normal dalam kemasan “aluminium foil bag” bisa mencapai satu tahun dari masa produksinya tanpa bantuan bahan pengawet makanan, hal ini disebabkan karena kadar kandungan air yang sangat minim pada tiap biji keripik salak pondoh.

Keripik salak pondoh ini bisa didapat di Aneka Keripik Malang dengan harga yang relatif murah untuk lebih lanjut mengenai harga keripik salak pondoh ini Klik di Data Harga Aneka Keripik Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *