Emping Jagung | Marning Jagung | Corn Flakes

Emping Jagung Atau Marning Jagung

Emping jagung, marning Jagung, jagung gepeng adalah beberapa sebutan dari makanan ringan yang yang dibuat dari butiran jagung yang dipipihkan ini. Emping adalah sebutan dari makanan ringan yang dibuat menjadi bentuk pipih, salah satu yang terkenal adalah makanan ringan emping melinjo, dimana asal bentuk dari biji melinjo adalah bulat lonjong dirubah menjadi bentuk lebar tipis seperti kerupuk demikian pula dengan emping jagung yang asalnya bentuk pipilan jagung bulat oval kecil kecil ini di bentuk menjadi gepeng lebar sehingga lebih memudahkan untuk dikonsumsi.

Emping JagungMarning jagung lebih cenderung diolah dari pipilan jagung yang digoreng tanpa melalui proses pemipihan sehingga walaupun rasanya enak, bagi yang tidak memiliki gigi kuat akan kesusahan untuk menikmatinya. Berbeda dengan emping jagung selain rasanya gurih lezat juga teksturnya renyah dan tidak keras apabila dimakan. Cita rasa original dari makanan ringan emping jagung adalah asin gurih cita rasa jagung asli sangat kuat sebab diolah tanpa ada penambahan bahan lain selain bumbu garam dan bawang, dari rasa emping jagung original ini bisa dibuat variasi rasa yang bermacam macam misalnya emping jagung pedas manis, emping jagung rasa barbeque, emping jagung rasa bawang dan masih banyak variasi lainnya.

Cara Pembuatan Emping Jagung / Marning Jagung

Bagi siapa saja yang berminat atau coba coba membuat makanan ringan ini sendiri bisa dilakukan di dapur Anda. Cara pembuatan emping jagung ini sangat sederhana yaitu jagung dipisahkan dari bonggolnya atau diambil biji biji jagungnya saja atau cara lain yang lebih mudah beli jagung yang telah berbentuk pipilan kering dipasar tradisional banyak tersedia.

Cuci bersih jagung pipilan kemudian rebus dalam air yang mendidih dengan tujuan untuk mematangkan dan memudahkan ketika membentuknya menjadi tipis. Setelah dirasa matang maka angkat jagung dari panci kemudian pisahkan jagung dari kulit ari serta mata jagungnya supaya hasil emping jagung menjadi lebih bagus dan bersih tampilannya.

Setelah direbus ditiris dan dipisahkan dari kulit ari serta biji mata, jagung akan melalui proses penumbukan atau penggilingan, tujuan dari proses ini untuk membuat bentuk jagung yang awalnya bulat lonjong menjadi tipis lebar.

Sebelum menuju proses pencetakan jagung yang telah ditumbuk tersebut diberi bumbu tambahan antara lain garam dan bawang putih agar rasanya bisa lebih gurih dan enak. Setelah melalui proses pencampuran bumbu, barulah jagung dicetak bundar ataupun kotak kotak itu terserah selera masing masing. Selanjutnya adalah proses penjemuran jagung yang telah dicetak tersebut untuk menghilangkan kadar air yang melekat, serta tujuan lain agar hasil cetakan jagung lebih menyatu dan tidak mudah hancur ketika digoreng.

Ada dua cara mengolah emping jagung ini, dimana cara pertama sudah diurai diatas sedangkan cara kedua yaitu dibuat tanpa mengolahnya menjadi adonan jagung terlebih dulu. Biji jagung yang sudah direbus langsung dipipihkan dan dijemur.

Emping Jagung / Marning Jagung Pedas Manis

Setelah tahap diatas emping jagung ini masih belum siap untuk dimakan, tahap selanjutnya yaitu penggorengan. Emping jagung yang telah kering dijemur tersebut memasuki tahap goreng adapun langkah menggorengnya, siapkan minyak sawit dalam penggorengan panaskan dahulu hingga panas betul masukkan emping jagung dan cepat angkat sebelum menjadi gosong, proses pemanasan emping jagung ini cukup cepat kisaran tidak sampai satu menit sudah matang dan mengembang, jangan terlalu lama apabila tidak ingin hasilnya gosong.

Untuk menambah variasi rasa emping jagung bisa ditambahkan bumbu pedas manis yang dibuat dari campuran gula, cabe, dan garam untuk membuat rasanya lebih lezat lagi, atau bisa juga menggunakan bumbu tabur rasa rasa untuk membuat variasi baru.

Emping Jagung / Marning Jagung Camilan Bergizi

Marning Jagung ini telah tersedia di Aneka Keripik Malang dengan dua macam rasa yaitu marning jagung asin gurih original dan marning jagung pedas manis cabe asli. Segera cobalah sensasi rasa gurih dan bergizi makanan ringan emping jagung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *