Gula Kacang

Gula Kacang

Apabila membicarakan tentang makanan tradisional Indonesia memang beragam macam variasi juga rasa tergantung dari setiap daerah asal makanan tersebut dikenal.

Gula Kacang Jajanan Tempo Dulu

Indonesia selain kaya akan hasil bumi juga kaya akan hasil kuliner, hal ini tidak lepas dari jasa para generasi pendahulu kita yang banyak mewariskan tradisi dan ilmu dalam mengolah hasil bumi menjadi makanan siap saji. Pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai jajanan tempo dulu yang cukup terkenal pada masa silam yaitu coklat jawa alias Gula Kacang.

Gula Kacang Warisan Tradisionil Jawa

Gula KacangGula Kacang jajanan tradisionil khas Jawa ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat sejak dahulu. Jajanan ini mudah kita temui di setiap daerah, dipasar pasar tradisionil banyak terdapat. Gula Kacang mungkin identik dengan pasar tradisionil Jawa, tetapi sekarang jajanan gula kacang ini mulai banyak dipajang di toko toko, swalayan, dan disetiap pusat oleh oleh khas daerah.

Dikarenakan banyaknya peminat jajanan Gula Kacang ini, dari setiap lapisan anak anak dan dewasa juga menggemari warisan kuliner ini. Gula kacang adalah salah satu dari makanan yang telah lama ada dan seiring perkembangan jaman masih terus eksis dari rasa dan komposisinya yang tidak berubah sama sekali.

Gulo kacang dengan proses pembuatannya yang benar benar sangat sederhana sekali, serta dengan bahan bahan bakunya yang sederhana juga dan mudah kita dapat di pasar pasar. Hanya dengan gula merah dan kacang tanah saja kita sudah bisa menyulap bahan bahan tersebut menjadi penganan yang lezat.

gula kacangBahan gula merah pada makanan ini bermanfaat sekali bagi kesehatan diantaranya gula merah baik untuk mendinginkan perut, bisa melemaskan syaraf yang tegang karena kandungan selenium-nya, baik untuk diet, pencegah anemia, dan mengandung oksidan. Selain itu pada proses pembuatan gula kacang sangat natural tidak tersentuh bahan bahan kimia berbahaya dan bermanfaat sekali nutrisinya dari dua komposisi gula merah dan kacang tanah-nya.

Variasi lain pembuatan gulo kacang ini terletak pada pembuatan gula yang dibuat pedas rasa dan aroma jahe, gula kacang rasa jahe cocok sekali kalau dibuat camilan di malam hari karena sensasi hangatnya setelah dimakan. Penggorengan atau  proses produksinya tidaklah rumit hanya pada intinya dibutuhkan kesabaran untuk menggorengnya agar kacang tanah dan gula merah dalam prosesnya tidak menjadi gosong, karena apabila terlalu hitam atau gosong rasanya menjadi pahit dan tidak enak untuk di konsumsi.

Gulo kacang merupakan salah satu dari warisan kuliner masyarakat Indonesia ini adalah kuliner tradisionil dari generasi ke generasi yang masih terus berkembang di masyarakat kita. Semoga warisan budaya kuliner ini tetap terjaga dengan baik dan pelestariannya selalu dilakukan agar generasi penerus nantinya masih dapat mengenal dan menikmatinya dengan baik.

Aneka Keripik Malang memproduksi berbagai macam jenis olahan makanan ringan serta kue kue tradisionil Indonesia dengan menggunakan bahan baku utama alami dan natural seperti buah buahan, umbi umbian, biji bijian atau kacang kacangan, sayuran, dan beberapa olahan dari ikan segar. Produk gula kacang Aneka Keripik Malang menggunakan kacang tanah dan gula merah terbaik, cita rasa pedas aroma jahe merupakan khas produk Aneka Keripik Malang yang ditonjolkan, produk gula kacang Aneka Keripik Malang alami tidak berbahaya dikonsumsi oleh siapa saja.

Salah satu produk yang ada di Aneka Keripik Malang oleh oleh khas Gula Kacang, bagi yang berminat untuk reseller atau menjadi distributor bisa hubungi kami untuk bersama sama melestarikan warisan budaya nenek moyang kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *