Keripik Buah Apel | Keripik Apel Camilan Sehat Khas Malang

Keripik Buah Apel | Keripik Apel Dengan Manfaat Buah Apel Asli

Jenis makanan olahan yang terbuat dari bahan baku apel di daerah Malang bisa didapati beragam varian makanan minuman mulai dari jenis kue, makanan ringan, jajanan basah, hingga jenis minuman yang menggunakan bahan baku apel asli. Daerah Malang dan sekitar termasuk kota Batu merupakan kota yang memiliki hasil produksi pertanian jenis buah apel yang cukup melimpah sehingga memunculkan banyak ide dari rumah produksi makanan untuk memanfaatkan hasil panen apel yang cukup melimpah sepanjang tahun.
keripik buah apel

Keripik Buah Apel Makanan Ringan Khas Malangan

Beberapa jenis makanan olahan tersebut diantaranya keripik buah apel, carang mas apel, dodol apel, jenang apel, kerupuk apel, sirup apel, sari buah apel, cuka apel, brownies apel, pai apel dan masih banyak lagi apabila disebutkan macam ragam hasil olahan usaha kecil menengah yang bergerak di bidang pengolahan buah apel di kota Malang, Batu dan sekitarnya.

Makanan ringan keripik buah apel cukup menuai sukses karena hasil produksinya telah didistribusikan hingga menyebar ke berbagai daerah di Nusantara. Keripik buah apel memiliki cita rasa apel asli karena memang diolah dari buah apel asli yang dikeringkan melalui proses penggorengan dengan mesin pengering buah.

Daerah Malang dan sekitar dikenal dengan hasil apel jenis manalagi, romebeauty, dan ana, ketiga jenis apel ini yang banyak dibudidaya, karena rasanya yang cukup disukai oleh konsumen yaitu manis dengan sedikit asam, begitu pula dengan rasa keripik buah apel yang dihasilkan ketika keluar dari proses penggorengan setelah menjadi bentuk makanan ringan keripik buah apel.

Apabila kita telusuri mengenai kandungan apa yang terdapat pada buah apel dan manfaat apa yang bisa diperoleh bagi orang yang rajin mengkonsumsi buah apel, maka lebih banyak manfaat positif yang bisa didapatinya. Keripik buah apel juga memiliki kandungan nutrisi baik bagi tubuh apabila dikonsumsi, walaupun buah apel yang telah menjadi keripik buah apel telah melalui proses pemanasan atau penggorengan namun nutrisinya masih ada walaupun beberapa persen telah menghilang dikarenakan proses penggorengan keripik buah apel tidak dilakukan pada temperatur tinggi.

Cara Membuat Keripik Buah Apel


Adapun cara pengolahan keripik buah apel tidaklah begitu rumit, sediakan buah apel yang telah matang, dari berbagai jenis apel apa saja bisa diolah. Pilih buah apel yang baik serta matang, kemudian kupas buah apel dari kulit arinya, atau tanpa dikupas juga bisa terserah dari kesukaan masing masing.

Bersihkan buah apel yang telah dikupas dengan air bersih tiriskan dari air yang menempel, iris buah apel langsung menjadi potongan kecil kecil setebal kisaran tiga atau lima mili meter, atau juga potong dahulu apel menjadi dua bagian sebelum diiris tipis tipis apabila jenis apelnya besar besar. Proses berlanjut dengan memasukkan irisan buah apel ke dalam larutan gula cair apabila ingin hasilnya menjadi cukup manis atau juga tidak dilakukan perendaman, juga bisa apabila hasil yang diinginkan berasa original apel.

Masukkan buah apel irisan tersebut ke dalam lemari pendingin selama dua puluh empat jam agar apel tidak lembek ketika digoreng, setelah itu masukkan buah apel irisan ke dalam mesin vacuum frying yang telah diisi minyak goreng, kemudian panasi dengan temperature kira kira delapan puluh hingga delapan puluh lima derajat celcius. Setelah keripik buah apel matang keluarkan dari mesin vacuum frying dan masukkan ke dalam mesin peniris minyak spinner hingga keripik buah apel menjadi kering atau terpisah dari minyak goreng yang menempel.

One response to “Keripik Buah Apel | Keripik Apel Camilan Sehat Khas Malang

  1. apakah bisa jadi reselelr online?makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *