Penuaan Dini Tips Upaya Menghambatnya | Anti Aging Medicine

Penuaan Dini Proses Yang Ada Sebabnya

Ada keyakinan yang telah terpateri di otak kita, bahwa proses penuaan harus terjadi dan membuat kita tak berdaya. Tetapi ketika temuan Iptek memberikan sesuatu yang baru, maka kita pun mesti menerima sebagai sebuah kenyataan. Proses penuaan dini disebabkan oleh berbagai faktor Internal dan faktor Eksternal. Ini berarti bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan terjadi proses penuaan dini. Dengan kata lain, proses penuaan dini bukan datang dengan sendirinya tanpa penyebab. Lebih jauh, ini juga berarti proses penuaan dapat dihambat kalau faktor penyebabnya dapat diatasi. Pada dasarnya upaya menghambat proses penuaan dini dapat dilakukan.
penuaan dini

Penuaan Dini Cara dan Upaya Menghambatnya


1.  Menjaga kesehatan tubuh dan jiwa dengan gaya hidup sehat yang meliputi :

  • Berolah raga teratur minimal 30 menit tiga kali seminggu atau hampir setiap hari.
  • Makanan sehat dan cukup, rendah kalori, banyak sayuran dan buah buahan.
  • Hindari dan atasi stress.
  • Hindari bahan yang bersifat racun, seperti rokok dan alkohol berlebihan, pestisida, dan bahan pengawet yang tidak sehat.
  • Ada keseimbangan antara kesibukan dan relaksasi.

2.  Kehidupan berkeluarga harus bahagia, termasuk kehidupan seksual, hindari perilaku seksual yang menyimpang dan tidak sehat.
3.  Lakukan pekerjaan sebagai sebuah kesenangan.
4.  Hiduplah dalam lingkungan sosial yang sesuai hati nurani.
5.  Upayakan selalu berpikir positif dan optimis.
6.  Jangan merasa sehat dan normal hanya karena tidak merasakan keluhan yang serius.
7.  Jangan merasa sudah tua dan tidak berdaya.
8.  Jangan gunakan obat yang tidak punya dasar ilmiah yang jelas dan tanpa petunjuk tenaga ahli.
9.  Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala yang diperlukan dan sesuai dengan kondisi masing masing.
10. Gunakan obat dan suplemen yang diperlukan sesuai petunjuk tenaga ahli, untuk mengembalikan fungsi berbagai organ tubuh yang menurun dengan bertambahnya usia.

Upaya pertama sampai kedelapan sebenarnya upaya yang dapat dilakukan oleh setiap orang tanpa intervensi pengobatan dari luar. Tetapi untuk melakukan upaya tersebut ternyata bukanlah hal yang mudah, bahkan sebagian justru nyaris tidak dapat dilakukan. Upaya kesembilan dan kesepuluh merupakan upaya intervensi, yang memerlukan perlakuan atau pengobatan yang disarankan atau diberikan oleh tenaga ahli.

Penuaan Dini Faktor Yang Tidak Sulit Untuk Menghambatnya

Hambatan atau kesulitan melakukan upaya menghambat proses penuaan dini tanpa intervensi, antara lain disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat, pengetahuan yang rendah, dan budaya yang tidak benar. Lingkungan yang tidak sehat mempercepat penuaan dini antara lain terbukti dari sejumlah makanan yang ternyata diracuni oleh bahan berbahaya seperti formalin, pestisida, dan bahan pewarna. Beberapa kosmetik ternyata juga dicampur bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Belum lagi pencemaran udara yang semakin mengganggu, baik yang berasal dari asap buangan mobil, industri, rokok, maupun yang lain. Diatas adalah beberapa contoh sumber sumber yang menyebabkan penuaan dini.

Pengetahuan Dan Budaya memiliki faktor aspek penghalang dalam mengatasi penuaan dini

Pengetahuan yang rendah dalam berbagai aspek menimbulkan banyak masalah yang menyebabkan upaya menghambat proses penuaan dini tidak dipahami sehingga tidak dilakukan dalam hidup sehari hari. Pengetahuan yang rendah menyebabkan banyak orang melakukan atau mengkonsumsi sesuatu yang sebenarnya tidak bermanfaat, bahkan merugikan, lebih parah malah mempercepat proses penuaan dini tersebut. Pengetahuan yang rendah menyebabkan banyak orang hanya percaya begitu saja pada iklan bohong yang menyesatkan dan merugikan.

Demikian juga dengan budaya yang tidak benar bisa menjadi aspek penghalang bagi upaya menghambat penuaan dini, misalnya meyakini bahwa pada usia tua orang memang harus tidak berdaya. Akibatnya banyak orang hanya pasrah menerima berbagai keluhan yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Budaya yang tidak benar menempatkan wanita berstatus lebih rendah daripada suami, didukung oleh pengetahuan yang rendah tentang kehidupan seksual, menyebabkan kehidupan seksual di dalam perkawinan menjadi tidak harmonis. Lebih jauh, kehidupan seksual yang tidak harmonis didukung oleh pengetahuan yang rendah, mengakibatkan terjadinya perilaku seksual yang tidak sehat. Kesimpulannya bahwa penuaan dini adalah hal yang bukan tidak bisa dihambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *