Manfaat Jambu Monyet | Cashew Nut

Manfaat Jambu Monyet

Kacang Mede, dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Cashew” berasal dari tanaman jambu mede, atau kadang disebut sebagai jambu Monyet asal tanamannya ini dari Brazil. Manfaat Jambu Monyet.

Manfaat Jambu Monyet (Kacang Mede / Kacang Mete)

Manfaat Jambu Monyet
Mutu kacang mede dinilai dari bentuk, ukuran biji, bobot biji, dan warna. Selain itu, faktor rasa,bau, dan tekstur ikut mempengaruhi mutu kacang mede, terutama dalam hubungannya dengan penerimaan konsumen. Rasa kacang mede dipengaruhi oleh faktor intrinsic alami, varietas tanaman, dan faktor ekstrinsik, seperti tumbuhnya jamur pada kacang mede dan proses pengolahannya. Manfaat Jambu Monyet.

Produk olahan berbahan dasar kacang mede ini ternyata sekarang menjadi sebuah produk yang mulai dicari oleh konsumen. Selain tergolong langka, kacang mede merupakan produk camilan yang terklasifikasi sebagai produk mahal, sehingga sekarang kacang mede mulai di identikan sebagai camilan untuk kalangan menengah atas kalau dilihat dari mahalnya harga jual kacang tersebut.

Dari jenis kacang mede apabila dilihat dari bentuknya terbagi dua macam yaitu jenis super adalah kacang mede yang bentuknya besar besar, sedangkan jenis biasa adalah kacang mede yang bentuknya kecil kecil. Manfaat Jambu Monyet.

Sekilas Mengenai Manfaat Jambu Monyet Atau Kacang Mede

Manfaat lain dari jambu monyet atau kacang mede selain kacangnya diolah menjadi makanan, bagian bagian lain dari tumbuhannya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kegunaan.

Daun-daun muda jambu monyet disukai sebagai lalap, mentah atau dimasak. Daun yang tua dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit, untuk mengatasi ruam-ruam pada kulit. Semua bagian pohonnya juga dapat dimanfaatkan dalam ramuan obat tradisional, terutama untuk menyembuhkan sakit kulit, untuk pembersih mulut, dan untuk obat pencahar (purgativa). Manfaat Jambu Monyet.

Kayunya berwarna coklat muda dan bernilai rendah, sangat jarang dipergunakan, meski dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar atau kayu perkakas bermutu rendah. Sejenis getah yang mengeras di udara terbuka (gom) dihasilkan dari batang yang dilukai. Gom ini dapat menjadi perekat buku yang baik, sekaligus mencegah serangan rayap, yang juga baik untuk merekat kusen atau kayu lapis. Manfaat Jambu Monyet.

Zat Anti Kanker
Beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin, serat, serta mineral yang terkandung dalam kacang mede telah dipercaya mampu mempromosikan kesehatan tubuh manusia yang pada akhirnya akan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit berbahaya seperti kanker. Manfaat Jambu Monyet.

Menurunkan Kolesterol
Dalam kacang mede terdapat kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Hal ini nantinya dapat membantu untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung koroner maupun gangguan stroke. Manfaat Jambu Monyet.

Kaya Antioksidan
Kandungan mineral yang terdapat dalam kacang mede juga sangat berguna sebagai co-faktor serta anti-oksidan yang sangat ampuh dalam tubuh. Beberapa jenis vitamin seperti asam pantotenat, riboflavin, niacin, piridoksin, serta thiamin dalam kacang mede dapat membantu mencegah dermatitis, serta mendukung metabolisme lemak, protein, serta karbohidrat dalam sel-sel tubuh. Manfaat Jambu Monyet.

Meskipun pada dasarnya kacang mede jarang sekali menimbulkan dampak alergi bagi konsumennya, namun bagian biji dari tanaman jambu monyet terbungkus oleh cangkang yang menghasilkan getah yang mengandung zat urushiol serta senyawa fenolik yang dapat menimbulkan dampak iritasi pada kulit manusia. Namun demikian, kondisi tersebut merupakan suatu kondisi hipersensitive yang umum terjadi pada beberapa orang, terutama pada anak-anak. Manfaat Jambu Monyet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *