Cara Memilih Buah Yang Baik Untuk Dibuat Keripik Buah Buahan

Cara Memilih Buah Yang Baik

Makanan ringan keripik buah belakangan ini cukup populer diantara jenis jenis camilan dan disukai oleh konsumen makanan ringan. Keaslian rasa buah asli adalah penonjolan cita rasa yang menjadi karakteristik utama dari camilan keripik buah. Dari sisi kegemaran akan cita rasa buah segar serta manfaat nutrisi ketika dikonsumsi, maka makanan ringan keripik buah menjadi pilihan yang baik bagi konsumen saat ini dalam menentukan cemilan yang enak, aman, dan bermanfaat. Cara Memilih Buah Yang Baik.

Cara Memilih Buah Yang Baik
Beragam jenis keripik buah buahan mulai bermunculan saat ini, bahkan apabila disebut hampir semua jenis buah buahan bisa dirubah menjadi makanan ringan. Beberapa contoh keripik buah yang cukup digemari banyak konsumen diantaranya adalah keripik buah nangka, keripik buah apel, keripik buah salak, keripik buah mangga, keripik buah nanas, keripik buah rambutan dan masih banyak jenis buah buahan lainnya. Cara Memilih Buah Yang Baik.

Merebaknya bisnis keripik buah buahan saat ini berawal dari dikembangkannya tekhnologi pengeringan buah buahan yang cukup sukses beserta kemudahan dalam penerapannya pada masyarakat. Didukung dengan hasil agrobisnis yang cukup melimpah serta murah di Negara ini menjadikan salah satu faktor utama perkembangan usaha keripik buah buahan. Cara Memilih Buah Yang Baik.

Cara Memilih Buah Yang Baik Untuk Dibuat Keripik Buah Buahan

Untuk menghasilkan produk keripik buah olahan yang baik tidak memerlukan waktu lama dan panjang, tetapi dibutuhkan sedikit kecermatan dalam menentukan pilihan buah buahan mana yang layak dan baik untuk diolah sehingga hasil dari keripik buah yang kita proses bisa baik hasilnya. Cara Memilih Buah Yang Baik.

Untuk membuat keripik buah buahan peralatan yang dibutuhkan pun tidak rumit. Hanya membutuhkan alat bantu seperti pisau potong atau juga mesin potong juga bisa, alat pengupas, dan alat alat penggorengan. Cara Memilih Buah Yang Baik.

Proses mengolahnya juga tidak terlalu rumit hanya dibutuhkan sedikit pengetahuan untuk memprosesnya, tetapi inti dari baik tidaknya hasil keripik yang dihasilkan, faktor pertama yang sangat menentukan adalah cara memilih buah yang baik untuk diproduksi menjadi keripik buah. Cara Memilih Buah Yang Baik.

Cara Memilih Buah Yang Baik

Memilih buah yang berkualitas.

Buah yang berkualitas dipilih supaya keripik yang dihasilkan memiliki rasa mutu bagus. Dibawah ini dapat dilihat bagaimana memilih buah yang baik. Cara Memilih Buah Yang Baik.

  • Apel : Pilih apel yang tidak lembek. Pilih yang mulus tanpa cacat dan tidak lebam, permukaannya rata dan tidak berlobang ditempat tempat tertentu.
  • Melon : Saat memilih hindari melon yang bagian kulitnya lembek. Pilih yang bulatan tangkainya kelihatan mekar. Jangan lupa cari melon yang guratan uratnya banyak dan tebal.
  • Nanas : Pilih buah nanas yang berwarna kuning cerah, tidak terlalu keras, beraroma manis, gemuk,, dan berat. Hindari yang warna kuningnya memudar layu atau terlihat kecoklatan dan kering pada keseluruhan bagian. Jenis nanas yang bagus untuk keripik adalah nanas bogor, nanas Palembang, dan nanas blitar / Kediri.
  • Mangga : Pilih mangga yang ujung tangkainya berwarna kuning atau kekuningan. Pilih juga yang pangkalnya harum dan lebar. Kulitnya mulus dan kencang serta tidak mengkerut.
  • Nangka : Pilih Nangka yang tidak terlalu tua. Cirinya belum penyek dan dagingnya masih kenyal.
  • Salak : Pilih salak yang jenisnya salak pondoh karena selain terkenal manisnya juga kadar airnya sedikit daripada jenis lain, sehingga apabila dilakukan penggorengan penyusutannya tidak terlalu banyak.

Demikian sedikit tips dalam memilih buah yang baik untuk dijadikan kripik buah. Semoga bermanfaat. Cara Memilih Buah Yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *