Cara Memilih Tempe Yang Baik Untuk Membuat Keripik Tempe

Cara Memilih Tempe Yang Baik Untuk Membuat Keripik Tempe

Jenis Tempe yang akan diolah menjadi makanan ringan keripik tempe biasanya berbeda dengan tempe yang dijual di pasar untuk dijadikan lauk. Tempe untuk lauk akan hancur begitu diiris tipis sebelum masuk ke penggorengan, walaupun begitu jenis tempe yang dijual di pasar bukannya semua tidak bisa digunakan sebagai bahan keripik tempe. Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Cara Memilih Tempe Yang Baik

Cara Memilih Tempe Yang Baik

Beberapa syarat yang harus diperhatikan ketika memilih jenis tempe untuk bahan baku keripik tempe yang paling utama adalah komposisi kedelai dalam tempe yang akan dijadikan keripik harus padat, jangan sampai memakai jenis tempe yang memiliki kerapatan antara kedelai longgar atau kepadatannya kurang. Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Bagi Anda yang sering berkutat dengan tempe maka secara visual bisa membedakan antara tempe yang padat dengan tempe yang longgar kedelainya. Bagi Anda yang masih awam maka Anda bisa mencoba dengan memegang dan sedikit menekan tempe tersebut atau juga mencoba mengiris tempe tersebut. Apabila tempe terasa tidak padat dan ada beberapa kedelai yang terlepas ketika proses diiris maka dipastikan tempe tersebut tidak sesuai klasifikasi untuk bahan keripik tempe. Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Syarat kedua adalah kedelai yang digunakan sebagai bahan baku tempe jenisnya juga harus kedelai yang memiliki ukuran atau dimensi rata ratanya sama. Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Jenis Tempe & Cara Memilih Tempe Yang Baik

Kebanyakan pengusaha keripik tempe lebih banyak menggunakan kedelai import, karena untuk kedelai jenis import dari Amerika ukuran kedelainya cenderung sama juga besar dan hal ini menguntungkan sekali waktu dilakukan proses produksi tempe untuk menghasilkan tempe yang baik. Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Oleh karena itu, produsen kripik tempe umumnya bekerjasama dengan produsen yang khusus membuat tempe memang untuk keperluan diolah menjadi keripik tempe. Bahkan ada juga yang memproduksi sendiri mulai dari pengolahan kedelai menjadi tempe kemudian diolah lagi hingga menjadi keripik tempe. Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Keripik tempe diolah dari bahan baku utama tempe dan tepung terigu yang telah dicampur dengan berbagai macam racikan bumbu sederhana, dari kedua bahan baku utama tersebut disatukan melalui proses pemanasan atau penggorengan hingga matang dan renyah.Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Mengingat makanan ringan keripik tempe ketika sudah matang ini rawan melempem dan hancur maka yang harus dilakukan adalah mengemasnya dengan rapat supaya rasa dan kerenyahannya bertahan lama. Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Kemasan untuk keripik tempe dapat berupa plastik yang direkatkan melalui mesin pengemas / Sealer. Dengan catatan plastik yang digunakan juga harus dengan ketebalan yang dianjurkan agar ketahanan dari keripik tersebut bisa lebih lama, karena pori pori dari plastik yang tebal lebih padat dari pada pastik yang tipis. Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Langkah selanjutnya kemasan plastik berisi tempe dimasukkan ke dalam kotak. Akan lebih baik jika bahan kemasan yang dipakai untuk keripik tempe adalah aluminium foil karena struktur materialnya lebih kuat dan padat tak berongga. Kripik tempe akan bertahan hingga 5 bulan ke atas apabila dikemas dalam aluminium foil. Lebih lama dari kemasan plastik biasa yang hanya akan bertahan hingga 3 sampai 4 bulan tanpa bahan pengawet. Cara Memilih Tempe Yang Baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *