Keripik Buah Salak | Keripik Salak Peluang Usaha Oleh Oleh Khas | Snakefruit Chips

Keripik Buah Salak

Tanaman salak di Indonesia banyak di budidaya di sekitar wilayah Jawa dan Sumatra, wilayah lain seperti Maluku juga Papua juga didapati tumbuhan salak ini berkembang biak. Keripik Buah Salak.

Cara Membuat Keripik Buah SalakBuah salak yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini memang sangat lezat dimakan langsung ketika dipetik dalam kondisi matang, walaupun ada mitos mengenai buah salak menyebabkan sembelit namun tidak mengurangi jumlah orang yang menyukai jenis buah ini terlebih disamping rasanya lezat juga manfaat vitamin yang ada didalamnya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Keripik Buah Salak.

Di Indonesia jenis tanaman salak bervariasi jenis kultivarnya berkisar antara dua puluh hingga tiga puluh jenis ragam spesies tanaman salak yang berkembang biak, diantara macam macam jenis tersebut yang paling banyak dibudidaya adalah jenis salak pondo, salak condet, salak sidempuan, salak penjalinan dan salak bali, bentuk buah juga rasa dari kultivar tersebut berbeda beda satu sama lain. Keripik Buah Salak.

Keripik Buah Salak Jenis Makanan Ringan dari Buah Asli

Pengolahan buah salak menjadi jenis kuliner termasuk tidak terlalu bervariasi namun beberapa rumah produksi makanan olahan yang memanfaatkan buah ini menjadi makanan jadi cukup berhasil memikat konsumen untuk mencobanya. Jenis kuliner yang memanfaatkan buah salak diantaranya adalah, dodol buah salak, jenang buah salak, syrup buah salak, keripik buah salak, puding buah salak, kurma buah salak, kopi biji salak, rujak buah salak, dan manisan buah salak. Keripik Buah Salak.

Dodol salak diolah dari buah salak yang sudah matang kemudian daging buahnya dikukus kemudian dihaluskan dan dicampur bersama bahan tambahan lain seperti tepung ketan, santan kelapa, gula pasir, dan garam. Dari beberapa bahan bahan tersebut diolah menjadi adonan dan dimasak hingga kental kemudian setelah matang didinginkan hingga kenyal menjadi bentuk dodol yang bisa diiris. Pembuatan jenis jenang buah salak prosesnya hampir sama dengan pengolahan dodol salak hanya ada komposisi dari bahan tambahannya yang berbeda dengan pembuatan dodol. Keripik Buah Salak.

Syrup salak diolah dari buah salak yang sudah matang kemudian melalui proses blender buah tersebut dihaluskan menjadi semacam juice salak kemudian diperas dan dipisahkan antara air dengan ampasnya. Proses pengolahan syrup dilakukan dengan mendidihkan air perasan buah salak tersebut dengan penambahan gula pasir pada proses pendidihan akan mengentalkan air perasan buah salak menjadi berbentuk kental seperti madu. Keripik Buah Salak.

Kurma buah salak cukup sederhana cara pembuatannya yaitu buah salak yang manis dan matang dipotong potong dahulu kemudian direndam dalam larutan air kapur selama 60 menit. Proses selanjutnya adalah memasak potongan buah salak tersebut dicampur dengan gula jawa, gula pasir dan air, hingga mendidih dan mengental. Cetak diatas loyang dan dikeringkan dengan cara menjemur dibawah terik matahari sampai adonan kering menyerupai buah kurma. Keripik Buah Salak.

Proses Pembuatan Keripik Buah Salak

Keripik Buah Salak, Keripik SalakKeripik buah salak adalah makanan ringan yang dibuat dari buah salak matang dan manis dengan melalui serangkaian tahapan proses berikut, buah salak dipilih dari jenis salak pondo yang telah matang dan kwalitasnya bagus, buah dikupas dari kulit ari dan dipotong menjadi dua bagian sama. Setelah melalui proses pendinginan dalam freezer selama 24 jam potongan buah salak tersebut dimasukkan dalam alat pengering keripik buah salak atau Vacuum Friying hingga matang. Tiriskan buah salak yang sudah matang tersebut dan pisahkan antara buah salak dengan minyak goreng yang menempel dengan mesin Spinner, proses selesai keripik Buah salak siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *