Resep Cara Membuat Keripik Sukun Yang Gurih dan Renyah

Resep Cara Membuat Keripik Sukun Yang Gurih dan Renyah

Resep Cara Membuat Keripik Sukun. Sukun buah yang sudah tak asing lagi bagi kita yang berada di bumi nusantara, mungkin sebagian orang sudah mengenali buahnya namun belum pernah mengetahui bentuk tanamannya. Adapun tanaman sukun berbentuk pohon bisa tumbuh menjulang hingga ketinggian sampai 20 meter, memiliki cabang yang banyak, daun tanamannya lebar lebar dan menjari, bentuk buahnya bulat kasar tumbuh disetiap cabang cabang pohonnya. Resep Cara Membuat Keripik Sukun.

Resep Cara Membuat Keripik Sukun

Daging buah sukun teksturnya empuk ketika direbus aromanya harum, apabila dimakan manis serasa memakan roti tak heran nama sebutan sukun dalam bahasa inggris adalah Breadfruit (buah roti). Resep Cara Membuat Keripik Sukun.

Tanaman sukun seperti yang umum diketahui sebatas diambil buahnya untuk dikonsumsi, diluar dugaan ternyata pemanfaatan tanaman sukun lebih dari buahnya saja. Daun sukun yang berbentuk lebar itu bagus digunakan sebagai pakan ternak, getah pohon sukun dibutuhkan industri permen karet sebagai bahan baku, dan kayu pohon sukun dikenal ringan, tidak mudah dimakan serangga kayu sehingga baik digunakan sebagai bahan baku industri mebel.

Pengolahan Buah Sukun Menjadi Kuliner


Buah Sukun pada umumnya diolah menjadi makanan atau camilan dengan cara digoreng direbus ataupun dibikin kolak dan masih banyak lagi variasi kue yang bisa dibuat dari buah sukun ini. Resep Cara Membuat Keripik Sukun.

Pengolahan buah sukun secara direbus atau digoreng saya rasa sudah banyak ibu ibu rumah tangga yang mengetahuinya dan kali ini Aneka Keripik Malang akan sedikit berbagi tips sederhana resep cara membuat keripik sukun dari buah sukun yang sehat dan bergizi. Resep Cara Membuat Keripik Sukun.

Bahan Untuk Resep Cara Membuat Keripik Sukun

Bahan bahan yang disiapkan untuk resep cara membuat keripik sukun tidak begitu susah didapat di pasar diantaranya : Resep Cara Membuat Keripik Sukun.

  • Buah sukun yang sudah matang
  • Air kapur sirih
  • Ketumbar
  • Bawang putih
  • Kunyit
  • Garam
  • Gula pasir
  • Minyak goreng

Proses Resep Cara Membuat Keripik Sukun

Pilihlah buah sukun yang sudah matang karena akan berpengaruh pada hasil dan tekstur keripik, apabila buah sukun terlalu muda maka hasil keripik akan keras untuk digigit, apabila terlalu tua warna keripik sukun cenderung coklat keriput dan kurang bagus dipandang.

Sesuaikan juga ukuran buah yang akan dibuat keripik besar atau kecil tergantung selera karena buah sukun berukuran besar sekali apabila benar benar matang dari pohonnya.

Kupas buah sukun dari kulit luarnya hingga bersih.
Iris tipis tipis buah sukun yang telah dikupas dari kulitnya dengan besar atau ketebalan sesuai selera, usahakan cukup tipis agar rasanya renyah dan tidak susah dikunyah ketika dikonsumsi.
Rendam irisan buah sukun tersebut di air yang sudah dicampur kapur sirih, kira kira proses perendaman irisan buah sukun tersebut antara 5 sampai 6 jam.
Setelah 5 jam angkat irisan buah sukun dari air rendaman kapur sirih dan tiriskan.
Cuci irisan buah sukun di air bersih.
Campurkan bumbu ketumbar, bawang putih, kunyit, garam dan gula.
Tambahkan air pada campuran bumbu diatas untuk merendam.
Rendam kembali irisan Sukun kedalam campuran bumbu dan air tersebut.
Biarkan beberapa saat sampai meresap semua bumbu ke irisan Sukun.
Siapkan Minyak Goreng kemudian goreng hingga kering dan warna agak kecoklatan.
Tiriskan dan dinginkan.
Keripik Sukun telah siap disajikan. Resep Cara Membuat Keripik Sukun.

Demikianlah tips tips sederhana dari kami, mudahkan. Semoga bermanfaat bagi yang ingin mencoba resep cara membuat keripik sukun.

One response to “Resep Cara Membuat Keripik Sukun Yang Gurih dan Renyah

  1. nice info gan 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *