Resep Cara Membuat Keripik Talas | How to Make Taro Chips

Resep Cara Membuat Keripik Talas | How to Make Taro Chips

Talas salah satu dari jenis umbi umbian yang banyak terdapat di wilayah Indonesia barat. Salah satunya yang banyak dikenal adalah talas bogor. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

resep cara membuat keripik talasUmbi talas adalah makanan yang memiliki kandungan hampir setara dengan makanan pokok kita bahkan ada kelebihan tersendiri diantaranya rendah kandungan lemak, terdapat kandungan serat yang baik untuk pencernaan, terdapat Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B6, dan Betakarotene yang dibutuhkan bagi kesehatan mata. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Umbi talas bisa dimanfaatkan sebagai makanan pengganti makanan pokok nasi, bahkan beberapa daerah seperti Sumatera Barat dan Papua sudah lama menggunakan umbi talas sebagai makanan pokok. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Cara mengkonsumsi umbi talas secara tradisional direbus, dikukus, atau digoreng, pola variasi pengolahan umbi talas saat ini sudah bermacam macam salah satu olahan makanan ringan yang cukup digemari adalah keripik talas.

Disini Aneka Keripik Malang akan berbagi tips resep cara membuat keripik talas yang renyah. Bagi Anda penggemar camilan atau makanan ringan yang sehat ada baiknya mencoba resep ini.

Bahan untuk Resep Cara Membuat Keripik Talas

  • Umbi Talas
  • Garam dapur
  • Bawang Putih
  • Kapur sirih
  • Minyak goreng

Resep Cara Membuat Keripik Talas

Persiapkan umbi talas yang akan dimasak menjadi keripik talas, usahakan umbi talas dipilih yang berukuran besar besar untuk mempermudah proses pembuatannya dan juga hasil keripik talasnya bisa lebih bagus. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Setelah melalui proses pemilihan, umbi talas tersebut dikupas dari kulitnya, dan setelah lepas dari kulitnya cuci dengan air bersih berulang ulang.

Iris tipis tipis umbi talas yang telah bersih tersebut, atau gunakan alat bantu pemotong keripik yang manual atau mesin potong ubi juga bisa. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Kemudian setelah talas berbentuk irisan tipis tipis dicuci ulang dengan air bersih dan jemur dibawah terik matahari selama kira kira 2 jam dalam cuaca panas tidak mendung atau bisa lebih apabila cuaca tidak panas. Proses pencucian dan penjemuran tersebut bertujuan untuk menghilangkan getah pada umbi talas. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Perlu diketahui bahwa getah pada umbi talas apabila kurang bersih pada proses penghilangannya akan menyebabkan hasil keripik talas terasa gatal di lidah dan tenggorokan apabila dimakan. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Selesai proses penjemuran, rendam irisan talas yang telah kering tersebut dalam air yang sudah dicampur kapur sirih serta garam, disini kita bisa menambahkan bawang putih apabila ingin rasa keripik talas lebih gurih. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Siapkan minyak goreng dan panaskan, kemudian goreng talas yang telah direndam air kapur dan garam tersebut hingga kering dan matang. Setelah matang , angkat dan tiriskan serta tunggu sampai dingin. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Apabila Anda menginginkan rasa manis pada keripik talas maka tinggal menaburkan gula halus pada keripik talas yang sudah matang tersebut. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Keripik talas juga bisa ditambahkan dengan bumbu perasa tambahan seperti balado, barbeque, pedas manis dan lain lain untuk membuat variasi rasa keripik talas lebih beragam. Resep Cara Membuat Keripik Talas.

Keripik talas matang telah siap untuk disajikan atau juga disimpan, dengan catatan simpan pada tempat yang kedap tertutup rapat dan kering. Demikian resep cara membuat keripik talas semoga bermanfaat.

3 responses to “Resep Cara Membuat Keripik Talas | How to Make Taro Chips

  1. camel cigarette pack

    Hey very nice blog!

  2. Senarai Pemborong

    Baru semalam famili saya bincang pasal hal nie…
    hari nie jumpa blog awak… terima kasih atas penerangan nie…

  3. apakah usaha keripik talas ini sangat prospek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *