Ubi Madu Cilembu | Cilembu Sweet Potatoes

Ubi Madu Cilembu | Cilembu Sweet Potatoes

Ubi Madu Cilembu mungkin kalau kita mendengar kata kata ini bagi yang sudah familier pasti diikuti dengan kata “dari Cilembu”. Memang seperti itulah kenyataannya bahwa ubi madu cilembu ini sudah banyak diteliti oleh berbagai ahli tanaman antara lain dari IPB, UNPAD, maupun instansi pertanian pemerintah daerah bahwa kultivar ubi jalar jenis ini hanya bisa ditanam di daerah Cilembu sendiri, adapun daerah Cilembu ini lokasinya ada di bawah kaki gunung Kareumbi, wilayah kecamatan Pamulihan Sumedang Barat.

Ubi Madu CilembuUniknya pola tanam ubi madu cilembu yang dilakukan oleh masyarakat sekitar memang berbeda dengan pola tanam ubi pada masyarakat pada umumnya. Dan satu lagi yang lebih unik bahwa jenis ubi ini apabila di tanam didaera lain selain daerah asalnya Cilembu maka akan menghasilkan bentuk dan rasa yang tidak sama dari asal daerahnya sendiri. Karena itu identitas asal ubi madu cilembu ini tidak lepas dari daerahnya sendiri yaitu Cilembu.

Saat ini dikhawatirkan bahwa Negara jepang sudah mulai mencoba membudidayakan ubi madu cilembu ini di negaranya, sehingga apabila pemerintah tidak lebih cepat memperjuangkan Lisensi bagi Ubi Madu ini maka akan terjadi lagi klaim atas komoditas asli Indonesia oleh Negara lain yang notabenenya hanya mengembangkan produk kita di negaranya.

Kepopuleran ubi madu cilembu terhadap konsumen dimulai dari tahun 1990 an kata kata Madu ini memang benar, rasanya lebih manis daripada ubi ubi pada umumnya. Apabila kita oven maka akan mengeluarkan cairan lengket seperti madu dan rasanya manis, apabila digoreng maka ubi ini lebih cepat berubah warna atau dikenal gosong juga tidak cocok untuk direbus karena rasa madunya bisa berkurang.

Adapun cara memasak ubi madu cilembu ini supaya bisa diperoleh rasa yang benar benar natural yaitu dengan cara di bakar atau diolah menjadi keripik, seperti yang dilakukan oleh produsen dari Malang “Aneka Keripik Malang” telah berhasil membuat varian dari jenis jenis makanan olahan dari ubi madu ini.

Keripik dengan bahan dasar Ubi Madu yang memang diambil dari Cilembu ini Aneka Keripik Malang memproduksi dan menarik banyak konsumen yang suka dengan makanan tradisionil khas Indonesia yang dikenal sehat bergizi dan satu yang utama keasliannya tanpa bahan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Ubi Madu Cilembu

Ubi madu cilembu memiliki kandungan vitamin A 7.100 IU (international unit). Suatu jumlah yang cukup tinggi untuk perbaikan gizi bagi mereka yang kekurangan vitamin A. Padahal, umbi-umbian jenis lain, kandungan vitamin A-nya hanya berada pada angka 0,001-0,69 mg per 100 gram. Selain vitamin A yang tinggi, ubi madu cilembu juga mengandung kalsium hingga 46 mg per 100 gram, vitamin B-1 0,08 mg, vitamin B-2 0,05 mg dan niacin 0,9 mg, serta vitamin C 20 mg.

Beberapa Manfaat Ubi Madu Cilembu

Kandungan karbohidrat, lemak dan juga protein, serta mineral lainnya bisa digunakan sebagai sumber energi alternatif. Kandungan Antioksidan dan Vitamin C dalam ubi madu cilembu bermanfaat sebagai zat anti kanker, menjaga kesehatan kulit, pencegahan penuaan dini, dan peningkatan kekebalan tubuh. Kandungan Potasium ubi madu cilembu berguna juga sebagai zat yang bisa menjaga kesehatan jantung dan ginjal kita. Dalam ubi madu cilembu juga terkandung Vitamin A yang baik bagi kesehatan mata serta Zat Besi untuk membantu kelancaran peredaran darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *