Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh | Health Benefits of Apple

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Apel dengan nama latin Malus domestica menurut penelitian memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Buah Apel pada awalnya ditemukan ditanam sekitar daerah asia tengah dan sekarang telah tersebar luas di berbagai daerah Asia termasuk indonesia. Apel di Indonesia adalah hasil keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan). Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh | Health Benefits of Apple

Dalam buah Apel terkandung banyak kadar airnya karena itu sangat segar sekali apabila langsung dimakan ketika baru dipetik dari pohonnya, pada umumnya apel dikonsumsi secara langsung secara mentah mentah tanpa melalui proses pemasakan dahulu. Tetapi sekarang telah banyak variasi dalam memanfaatkan Apel untuk dibuat sebagai makanan olahan seperti Pai Apel, Cake Apel, Keripik Apel, Sari Apel, Saus Apel dan masih banyak lagi kreasi yang lainnya. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Kandungan & Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam buah Apel akan saya bahas satu persatu kandungannya dan manfaatnya masing masing untuk kesehatan kita. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Vitamin.

Mineral.

  • Kalsium
  • Magnesium
  • Potasium
  • Zat besi
  • Zinc Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Fitokimia.

  • Fitokimia adalah Zat yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi lingkungan sekitar. Fitokimia berfungsi juga untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Dengan turunnya jumlah kolesterol jahat dalam tubuh maka anda akan terlindungi dari penyakit jantung. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Quercetin.

  • Buah apel mengandung zat Quercetin adalah zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Telah ditemukan bahwa quercetin dalam apel dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas, yang menyebabkan banyak orang menderita Alzheimer. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Serat.

  • Karena seratnya yang tinggi maka berguna untuk mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang dari system pencernaan, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet selain juga bisa mencegah rasa lapar datang lebih cepat. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Tanin.

  • Tanin dalam buah Apel adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Boron.

  • Boron berfungsi mempertahankan jumlah Hormon Estrogen dalam tubuh seorang wanita. Kandungan boron dalam buah apel juga memperkuat tulang danĀ  membantu menanggulangiĀ  penyakit Asma. Bagi wanita Hormon Estrogen apabila terjaga terus jumlahnya maka berguna sekali bagi semua organ kewanitaan sekaligus baik untuk peremajaan sel dalam arti kata menghambat penuaan (awet muda). Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Flavoid.

  • Salah satu kandungan buah apel yang baik untuk menjegah penyakit adalah flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Flavanoid.

  • Flavanoid yang disebut phloridzin, dapat membantu mencegah osteoporosis karena dapat meningkatkan kepadatan tulang dan perlindungan dari penyakit kanker paru-paru. Para peneliti percaya hal ini disebabkan oleh tingginya kadar flavonoid quercetin dan naringin yang ditemukan dalam apel. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Asam D-glucaric.

  • Asam D-glucaric terdapat di dalam buah apel merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Asam Tartar.

  • Asam Tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Kadar Glicemic Index Rendah.

  • Apel ketika dikonsumsi bersama kulitnya akan membuat kadar glukosa dalam darah lambat naik. Apel berkulit mempunyai glicemic index yang rendah. Kecepatan naiknya kadar gula darah dapat dikurangi dengan makanan berkadar glicemic index yang rendah. Selain Apel berkulit tersebut, sayur sayuran rata rata juga mempunyai kadar glicemic index yang rendah yang ditandai dengan banyaknya serat pada daun dan batangnya. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Pektin.

  • Karena kandungan pektin dalam buah apel, orang-orang yang mengkonsumsi 2 atau lebih buah apel dalam sehari bisa menurunkan kolesterol sebanyak 16 persen. Pektin dalam apel menghasilkan asam galacturonic dalam tubuh yang menurunkan kebutuhan insulin dan dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula bagi penderita diabetes. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

Dari hasil analisa para ahli ahli diatas tentulah kita bisa ambil kesimpulan bahwa besar sekali manfaatnya buah Apel dan kita bisa mendapatkan faedahnya dengan memakannya tiap hari. Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

One response to “Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh | Health Benefits of Apple

  1. Thanks infonya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *