Resep Cara Membuat Keripik Kentang | Potato Chips Recipe

Resep Cara Membuat Keripik Kentang | Potato Chips Recipe

Potato snack atau keripik kentang sekarang banyak dijual dipasaran dengan berbagai aneka rasa yang membuat kita tergoda ingin mencoba mencicipi. Rasa yang ditawarkan pada umumnya gurih original kentang asli atau keripik kentang yang sudah ditambahkan perasa seperti bumbu barbeque, keju, bawang dan lain lain. Resep Cara Membuat Keripik Kentang.

Resep Cara Membuat Keripik KentangKentang dikenal sebagai umbi yang memiliki tekstur lembut dan lunak sehingga mudah untuk dikonsumsi, demikian juga ketika sudah diolah menjadi keripik kentang akan menghasilkan tekstur keripik yang lembut serta renyah dimulut. Dari kerenyahan ini yang menyebabkan keripik kentang digemari oleh berbagai konsumen mulai dari anak anak hingga orang tua. Resep Cara Membuat Keripik Kentang.

Keripik kentang secara metode pengolahan sebenarnya ada dua macam pertama adalah keripik kentang yang dirajang kemudian digoreng langsung, yang kedua keripik kentang dirajang direbus dijemur kemudian digoreng. Keripik kentang dengan cara pengolahan metode kedua bisa menghasilkan tekstur yang cukup unik dan berbeda. Resep Cara Membuat Keripik Kentang.

Disini Aneka Keripik Malang akan berbagi sedikit tips untuk membuat snack yang sehat dengan bahan dasar kentang, atau keripik kentang secara sederhana. Caranya tidaklah sulit cukup siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk mengolah camilan lezat ini. Resep Cara Membuat Keripik Kentang.

Bahan Untuk Resep Cara Membuat Keripik Kentang

Pilihlah umbi kentang yang baik, ciri ciri kentang yang bagus adalah permukaan kulit halus dan tidak bergelombang. Kentang dengan permukaan naik turun lebih menyulitkan saat dikupas, dari sisi rasa serta kandungan gizinya, kentang berkulit halus lebih manis dan lebih masir saat dimasak serta lebih bergizi dibanding kentang berkulit kasar. Usahakan ukuran umbi kentang yang dipilih cukup besar jangan terlalu kecil karena akan merepotkan ketika diolah. Resep Cara Membuat Keripik Kentang.

Bahan bahan lain sebagai bumbu perasa keripik kentang antara lain garam dapur, bawang putih, kapur sirih untuk merendam dan minyak sawit untuk menggoreng. Resep Cara Membuat Keripik Kentang.

Pengolahan Resep Cara Membuat Keripik Kentang


Kupas umbi kentang yang telah dipilih dari kulit arinya kemudian cuci dengan air bersih sampai kotoran yang melekat terlepas dari kentang. Siapkan alat perajang keripik kemudian rajang tipis umbi kentang dengan ketebalan sekitar dua milimeter. Resep Cara Membuat Keripik Kentang.

Siapkan air bersih yang telah dicampur kapur sirih, rendam kentang dalam air kapur sirih selama 12 jam kemudian cuci kentang irisan tadi sampai bersih dan tiriskan. Resep Cara Membuat Keripik Kentang.

Bumbu Untuk Resep Cara Membuat Keripik Kentang

Untuk pembuatan bumbunya, kupas dan tumbuk bawang putih hingga halus kemudian rebus dalam air mendidih tambahkan garam, rebus juga kentang dalam air bumbu selama 5 menit kemudian tiriskan, usahakan ketika merebus jangan sampai kentang terlalu matang.

Siapkan nampan atau alat apa saja untuk menjemur kentang yang telah direbus tadi, aturlah satu persatu lembaran kentang agar tidak saling bertumpuk diatas nampan. Jemur irisan kentang dibawah sinar matahari selama kira kira 2 hari hingga kandungan air dalam irisan umbi kentang habis.

Setelah irisan umbi kentang kering keripik kentang bisa disimpan dalam bentuk setengah matang atau belum siap saji. Apabila ingin mengkonsumsi keripik kentang maka Anda harus melalui satu tahapan lagi yaitu penggorengan keripik kentang.

Panaskan minyak goreng kemudian goreng kentang hingga kering, tiriskan dan tunggu hingga dingin, dan keripik kentang siap dihidangkan.

Demikian tips resep cara membuat keripik kentang yang sehat dan bermutu serta gurih, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *