MESIN Keripik Buah Buahan VACUUM FRYING

Mesin Keripik Buah

Pengolahan hasil tanaman hortikultura dari berbagai macam buah buahan menjadi suatu bentuk makanan ringan atau yang disebut keripik buah buahan bukan termasuk hal baru saat ini.

Mekanisme pendistribusian buah buahan menjadi bentuk buah kering memang termasuk hal baru dari pada jenis pendistribusian buah buahan dengan cara pengawetan dalam kaleng yang sudah lebih lama dilakukan oleh para pelaku industri makanan. Mesin Keripik Buah

Buah buahan dikenal memiliki kandungan air cukup banyak dalam daging buahnya sehingga memberi cukup kesulitan dalam mengolahnya menjadi bentuk kering dengan kandungan air hingga nol persen, apabila metode pengeringannya dilakukan secara manual seperti beberapa contoh melalui sistem penjemuran, pengovenan ataupun penggorengan biasa maka hasil yang didapat akan mengecewakan. Hasil buah yang dikeringkan akan cenderung mengkerut dan berwarna kecoklatan atau kelihatan gosong, dan bisa diduga bahwa rasanya pasti manis tapi agak kepahitan, serta aroma buah aslinya bisa pudar.

Mesin Keripik Buah Vacuum Frying

Mesin Keripik Buah
Semenjak di temukannya mekanisme pengeringan buah buahan dengan mesin keripik buah maka market makanan menjadi semakin marak dengan bertambahnya jenis variasi makanan baru yaitu makanan ringan keripik buah buahan.

Alat pengering buah buahan ini dikenal dengan nama Vacuum Frying atau sebutan lokalnya mesin keripik buah, dalam praktek sebenarnya bukan hanya buah saja yang bisa diolah dalam mesin keripik buah ini, bahan hasil perkebunan dan pertanian lainnya juga bisa diolahnya menjadi makanan kering seperti sayur sayuran ataupun umbi umbian.

Perkembangan dari market makanan ringan beberapa tahun ini semakin banyak permintaan konsumen akan keripik buah, seiring dengan bertumbuhnya angka industri pengeringan buah buahan yang muncul dan semakin tersebarnya pendistribusiannya ke seluruh penjuru Nusantara.

Konsumen makanan ringan menyukai cita rasa hasil olahan dari buah buahan ini karena keunggulannya ada pada keaslian dari bahan baku buahnya tanpa ada rekayasa warna, rasa, dan aromanya. Dari alasan tersebut menjadikan keripik buah salah satu dari hasil olahan yang sehat dan tidak berbahaya daripada camilan olahan pabrikan yang dijual di warung warung ataupun supermarket yang lebih menekankan pada penggunaan perasa buatan.

Keripik buah juga mengandung berbagai manfaat buah karena memang diproses dari buah asli, jadi bahan baku berdasarkan prosentase komposisinya 95% adalah buah dan bahan baku yang lain adalah minyak goreng.

Seiring dengan pertumbuhan UKM yang bergerak dibidang produksi keripik buah maka permintaan akan mesin keripik buah semakin meningkat. Mesin keripik buah memang sangat dibutuhkan sekali dalam proses produksi keripik buah. Hasil olahan keripik buah apabila tidak menggunakan mesin keripik buah akan tidak bagus hasilnya dan tidak akan mampu bersaing di pasaran.

Mesin Keripik Buah Dan Sistem Kerjanya

Vacuum Frying nama dalam bahasa Inggris mesin keripik buah ini, fungsi utama untuk mengeringkan kadar air dalam buah ketika digoreng.

Vacuum adalah sistem dimana kadar air dalam buah dihisap habis sewaktu dilakukan pemanasan pada buah tersebut. Bahan bakar pemanas yang digunakan bisa LPG atau LNG serta sistem sirkulasi vacuum dilakukan dengan menggunakan pompa air, mesin pembuat keripik buah ini dilengkapi pula dengan lampu di dalam tabung, sehingga kita dengan mudah dapat melihat hasil dari keripik yang diproses dalam mesin keripik buah.

Spesifikasi Mesin Keripik Buah

Spesifikasi dari mesin keripik buah ini bermacam macam tergantung dari kapasitas daya tampung bahan yang digoreng antara lain 3 kg, 5 kg, 10 kg dst. Contoh spesifikasi mesin keripik buah Kapasitas 6kg dibutuhkan 50 liter minyak dan daya yang dibutuhkan sekitar 1000W.

2 responses to “MESIN Keripik Buah Buahan VACUUM FRYING

  1. Sebelumnya ijinkan Kami untuk memperkenalkan diri. Saya a/n Feri Ardianto selaku Marketing dari CV. TEGAR TEKNIK yang merupakan produsen mesin-mesin makanan, mesin industri dan mesin pertanian. Di sini kami bermaksud ingin menawarkan produk mesin kami untuk mendukung usaha anda yang dalam hal ini adalah mesin “VACUUM FRYING”. Kami sangat berpengalaman dalam pembuatan mesin dan kami memberikan jaminan bahwa kami memiliki harga yang murah tanpa mengabaikan dari kualitas mesin itu sendiri. Karena kami memproduksi dan memasarkan sendiri mesin-mesin kami, atau dengan kata lain kami adalah tangan pertama.
    Silahkan kunjungi website kami di
    Contact Person :
    Feri : 082 1414 9 8818
    0341-2410334

    • edy soepranoto

      Saya tertarik dengan informasi vacuum frying untuk buah buahan.
      Mohon kiranya diberikan informasi masalah mesin ini beserta harga nya.
      Intinya specificationnya.
      Bagaimana pula proses produksinya.., untuk minyaknya itu akan terpakai berulang ulang atau bagaimana.
      Biasanya sistim pemasarannya bagaimana.
      Mohon maaf , saya belum mengetahui sama sekali tentang ini, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *